DESKRIPSI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH ALAM BAHRIATUL ALAM PANDEGLANG BANTEN

Gitta Zahara, Trian Pamungkas Alamsyah, Aan Subhan Pamungkas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V Sekolah Alam Bahriatul Ulum Pandeglang Banten. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Alam Bahriatul Ulum Pandeglang banten yang berjumlah 23 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif metode deskriptif Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan literasi numerasi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa berada pada kategori baik. Pada Indikator I mayoritas peserta didik pada indikator ini berhasil menjawab dengan tepat secara keseluruhan. Sedangkan 4 Peserta didik Reguler dan 3 Peserta Didik Inklusi tidak berhasil menyelesaikan soal secara tepat hingga tuntas, Pada Indikator II Mayoritas Peserta Didik Mengalami kesulitan dalam Indikator kedua ini, hanya beberapa peserta didik yang mampu menjawab soal secara tepat pada indikator ini, Pada Indikator III Mayoritas Peserta didik mampu Menafsirkan hasil analisis yang telah dilakukan untuk memprediksi dan mengambil kesimpulan dalam soal tersebut. Sedangkan 3 peserta didik lainnya menjawab benar sesuai dengan kriteria tetapi ada sedikit jawaban yang salah dan peserta didik menjawab tetapi sama sekali dengan kriteria, 3 peserta didik inklusi belum bisa memberikan jawaban benar pada soal indikator III. Pada Keseluruhan Kesimpulan diatas Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas V Sekolah Alam Bahriatul Ulum Pandeglang Banten, yang berjumlah 20 Peserta Didik tergolong baik dari kisaran nilai minimum matematika disekolah yaitu 70-75. Hanya saja 3 Peserta Didik Inklusi belum dapat mencapai kemampuan literasi numerasi dengan baik.

Keywords


Kemampuan, Literasi, Numerasi

Full Text:

PDF

References


Afia Rahma, F., Galih Setyawan, K., Ilyas Marzuqi, M., & Bayu Segara, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Peserta Didik Melalui Pembelajaran STAD Berbasis Literasi Pada Pembelajaran IPS di UPT SMPN 09 Gresik. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/index

Agustin, S. E., Yuhana, Y., & Alamsyah, T. P. (2023). Pengembangan E-LKPD Google Slide berbasis Pear Deck Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8 (4), 2614–2620. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1832

Berns, R. G., & Erickson, P. M. (2001). Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. http://www.nccte.com/publications/infosynthesis/index.

Dwi Zulaika, E., Niswaty, R., Darwis, M., & Kunci, K. (2024). Penerapan Konsep Belajar Literasi Numerasi yang Menyenangkan Pada Siswa UPT SPF SD Inpres Batua II. Jurnal Lamellong: Pengabdian Kepada Masyarakat . https://journal.ashapublishing.co.id/index.php/jlpm

Endang Susetyawati, M., & Kintoko. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Di SD Inklusi. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(1).

Fitriah Sari, A., & Noor Aini, I. (2022). Analisis Literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.

Herawan, E. (2021). Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi Pendidik Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (Vol. 3).

Izzatin, M., Kartono, K., Zaenuri, Z., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Literasi Numerasi Siswa Melalui Soal HOTS. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Kusumaningrum, B., Arigiyati, T. A., Ayuningtyas, A. D., Yunior Erlangga, S., Saraswati, P., & Oktaviana, E. (2024). Workshop meningkatkan kemampuan guru dalam mengajarkan literasi numerasi. In Journal of Compacta Community Empowerment (Vol. 1, Issue 1).

Marinu, W. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 2896–2910.

Pamungkas, A. S., & Manurung, F. O. (2023). SDGs 4.1.1(a): TINGKAT KETIMPANGAN GENDER KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN TANGERANG. Journal of Learning and Technology, 2 (2), 63–70. https://doi.org/10.33830/jlt.v2i2.6784

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Rianita, N. M., Radharani, S., Oktapiani, N. K. A. T., Damayanti, L. S., & Pujiswari, M. A. (2023). Penerapan Latihan Literasi Dan Numerasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33 (1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Wahyuningsih, S. (2021). MODUL LITERASI NUMERASI DI SEKOLAH DASAR. Direktorat Sekolah Dasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i1.5278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id