Efektivitas Model Probing Prompting Menggunakan Puzzle Diagram Pada Materi Penyajian Data Kelas VII

Elsha Tri Handayani, Novi Susanti, Helni Indrayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evektifitas model probing prompting  menggunakan alat peraga Puzzle Diagram terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas VII. Jenis analisis ini dengan metode eksperimen yang berbentuk Post-Test Only Control Designs. Populasi penelitian yaitu keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Alam, berjumlah 285 siswa. Sementara sampel penelitian yang diambil ialah kelas Eksperimen (VII.A) dengan model pembelajaran probing prompting menggunakan alat peraga Puzzle Diagram berjumlah 32 siswa dan kelas Kontrol (VII.B) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berjumlah 30 siswa. Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 77,88 dan nilai rata-rata siswa kelas kontrol 70,20. Berdasarkan uji statistik diperoleh thitung  2,37 dan ttabel 1,698 taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data tersebut disimpulkan bahwa Model Probing Prompting Menggunakan Alat Peraga Puzzle Diagram Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Alam Tahun Pelajaran 2021/2022.


Keywords


Efektifitas, Probing Prompting, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Danaryanti dan Tanaffasa, A. (2016). Penerapan Model Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan MATEMATIKA, 8-14.

Hamsah, d. H. (2020). Penggunaan Alat Peraga Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 365.

Herawati. (2013). Pembelajaran kooperatif dan game puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep. Jurnal pendidikan sains , 128.

Kemdikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 3013. https://www.kemdikbud.go.id/kemdeikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf, 1-177.

Mustika, H., & Buana, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Journal of Mathematics Education and Science, 30.

Nisa, Zulkardi, Susanti, S. (2019). Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Pada Materi Penyajian Data Histogram Melalui Pembelajaran PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika, 22.

Ramadanti, dkk, F. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 2734.

Situmorang, M. (2012). Meningkatkan kemampuan memahami wacana melalui media pembelajaran puzzle . Jurnal Bahasa, 45-54.

Susanti, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing - Prompting. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 97.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.5129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id