Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Ditinjau Dari Self Regulated Learning (SRL)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas IX di Cimahi Pada Pokok Bahasan Statistika Errors Analysis Students of Class IX Junior High School In Cimahi on The Subject of Statistics. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2019).
Badaruddin, Kadir, M. A. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal–Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), hlm. 43-56. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=M5F2664AAAAJ&citation_for_view=M5F2664AAAAJ:UebtZRa9Y70C
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Cut Medika Zellatifanny, B. M. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), hlm. 83-90.
Fatahillah, A., N.T., Y. F. W., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan. Kadikma, 8(1), hlm. 41-51. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.5229
Gusman, R. N., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2021). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Berdasarkan Kriteria Hadar Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 20–28.
Hidayat, T., Hidayat, T., & Konsep, A. K. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Dan Kesalahan Prosedur Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(September), 105–115.
Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. In Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 14, Issue 1, p. hlm. 83-100). https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), hlm. 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528
Lestari, K.,E., Ridwan, M. (2018) Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama
Manibuy, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan taksonomi solo pada kelas X SMA negeri 1 plus di kabupaten nabire papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), hlm. 933-945.
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795
Nahdi, D. S. (2017). Self Regulated Learning sebagai Karakter dalam Pembelajaran Matematika. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(07), hlm. 20-27. https://core.ac.uk/download/pdf/228883506.pdf
Novitasari, Z. D., & Fitriani, N. (2021). Analisis kesalahan siswa pada persamaan garis lurus berdasarkan tahapan kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), hlm. 957-964. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.957-964
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(12), hlm. 1214-1223. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2990/1977
Nurhabibah, R., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(September).
Nurianti, E., Halini, & Romal. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar Dikelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(July), hlm. 1-23.
Ong, Hananta, F. I., & Ratu, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), hlm.29-35. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.900
Permatasari, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP terhadap Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Indikator Pemahaman. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), hlm. 11-17. https://doi.org/10.21009/jrpms.032.02
Rahmadeni, fevi. (2021). TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS Curup, Matematika Iain. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(September).
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), hlm. 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), hlm. 81.
Rosen, J. A., Glennie, E. J., Dalton, B. W., Lennon, J. M., & Bozick, R. N. (2010). Noncognitive Skills in the Classroom: New Perspectives on Educational Research. In Noncognitive Skills in the Classroom: New Perspectives on Educational Research. https://doi.org/10.3768/rtipress.2010.bk.0004.1009
Sihaloho, L. H. (2016). Hubungan Iklim Sekolah dan Kematangan Emosional dengan Self Regulated Learning Pada Siswa SMA N 1 STABAT. Universitas Medan Area.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, RnD. Bandung. Alfabeta
Sukenda Egok, A. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), hlm. 35-43.
Umam, K., Suryawati, & Septiana, E. (2017). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Serambi Akademica, V(2), hlm. 1-6. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jsa.v7i2
Utami, A. D. (2016). Tipe Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasar Newman’S Error Analysis (Nea). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 85. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.842
Zulfaneti, Rismen, S., & Suryani, M. (2015). Validity Analysis of Development Lesson Plan and Student Woeksheet Based Realistic Mathematics Education. Proceedings of the 7th SEAMS UGM (International Coference on Mathematics and Its Applications.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.5128
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id