Kajian Etnomatematika Pada Proses Pembuatan Alat Musik Rebab dan Gagasan Implementasinya dalam Pembelajaran STEAM
Abstract
Kebudayaan merupakan kebiasaan masyarakat yang perlu dilestarikan. Etnomatematika menjadi penghubung antara pendidikan dan budaya pada bidang matematika. Tujuan penelitian adalah mengekplorasi etnomatematika dan menemukan aspek matematis dalam pembuatan rebab. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara wawancara, dokumentasi, dan ekplorasi literatur. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa dalam pembuatan rebab harus memperhatikan bahan, ukuran, dan bentuknya. Rebab memiliki beberapa bagian yang memiliki ukuran dan bentuk berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pembuatan rebab menggunakan konsep matematika seperti mengukur kayu yang ingin dipakai, menghitung berapa kayu yang diperlukan, dan membentuk kayu menyerupai beberapa bangun ruang seperti balok, tabung, dan lainnya. Gagasan implementasi dalam pembelajaran STEAM mendorong kreativitas dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai kegiatan terutama mengenai luas permukaan benda putar. Penelitian ini bermanfaat bagi peserta didik karena dapat membantu pemahaman dan memudahkan dalam materi geometri dan luas permukaan benda putar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Retrieved from http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/537
Anizal, D. R. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM (Scinece, Technology, Engineering, Art, & Math) di Taman Kanak-Kanak Hang Tuah Padang. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 9(1). doi:https://doi.org/10.24036/116776
Firdaus, M. (2021). Musik Karawitan di Sanggar Seni Pedalangan "Jati Laras" Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember;Sejarah, Perkembangan, dan Respon Masyarakat Muslim. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Retrieved from http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11921
Hermono, S. (2023). KAJIAN FUNGSI REBAB: STUDI KASUS PENERAPAN REBAB PADA MATA KULIAH PENGAYAAN SULUKAN PRODI PEDALANGAN. LAKON: Jurnal Pengkajian & Penciptaan Wayang. Retrieved from https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/lakon/article/download/5454/3649
Kriswanto. (2016). MODEL DASAR PEMBELAJARAN INSTRUMEN REBAB BAGI ANAK-ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR: SEBUAH UPAYA MENGGALI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KARAWITAN JAWA. CORAK: Jurnal Seni Kriya, 5(2). Retrieved from https://journal.isi.ac.id/index.php/corak/article/download/2383/866
Kurniatun, I. (2013). Mengenal Laras Melalui Proses Belajar Gamelan Pada Siswa Sekolah Dasar Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Abdi Seni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Retrieved from https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/abdiseni/article/download/183/181
Nisan, M. (2022). Mengkaji Alat Musik Tradisional Rebab Kelantan dalam Kalangan Masyarakat Melayu. (Doctoral dissertation, Universiti Malaysia Kelantan), 16. Retrieved from http://discol.umk.edu.my/id/eprint/12986
Putri, F. S. (2015). Rebab Instrumen Gesek Gamelan: Analisis Hubungan Antara Posisi Gesekan dan Komponen Penyusun Sinyal Suara. Retrieved from https://fmipa.um.ac.id/wp-content/uploads/Prosiding2015/Media/Fisika2015_01-Media-fikroturrofiah.pdf
Rusandi & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. doi:https://dx.doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Setiawan, S. &. (2022). Organologi dan Bunyi Kendang Jawa. Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik dan Pendidikan Musik. doi:https://dx.doi.org/10.30872/mebang.v2i2.31
Slamet, E. A. (2022). Etnomatematika pada Budaya Cilacap sebagai Sumber Belajar Matematika. (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri), 17. Retrieved from https://eprints.uinsaizu.ac.id/16583/1/Efik%20Afifah%20S_Etnomatematika%20pada%20Budaya%20Cilacap%20sebagai%20Sumber%20Belajar%20Matematika.pdf
Sumantri, G. &. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Gamelan Jawa sebagai Media Belajar. Jurnal: Seminar Matematika. doi:https://doi.org/10.21831/pspmm.v5i1.233
Zuhri, M. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Etnomatematika Kesenian Rebana Terhadap Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas 1 MI AL-Hikmah Tembalang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO., 34. Retrieved from https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14346
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i1.4854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id