ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI KARAKTERISTIK BERPIKIR MENURUT GREGORC
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi program linier kelas XI di SMA Negeri 1 Lingga. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Lingga yang beralamat di Jl. Istana Robat no. 40, Daik, Kecamatan. Lingga, Kab. Lingga Prov. Kepulauan Riau. Penelitian ini diawali dengan pemberian tes karakteristik berpikir menurut Gregorc, kemudian pemberian soal tes kemampuan representasi matematis kepada siswa kelas XI IPS-1 semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 33 orang. Siswa diberikan tes karakteristik berpikir untuk mengidentifikasi berbagai macam karakteristik berpikir yang dimiliki setiap siswa. Kemudian siswa diklasifikasi menjadi 2 kelompok karakteristik berpikir yaitu sekuensial konkrit dan sekuensi abstrak. Selanjutnya data kedua diperoleh melalui tes berupa soal uraian berjumlah 3 soal untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kategori sekuensial konkret mampu memenuhi 3 indikator kemampuan representasi matematis dan siswa pada kategori sekuensial abstrak mampu memenuhi 3 indikator kemampuan representasi matematis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, Z, & Risnawati (2015) Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo,
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara
Chanifah, N. (2015). Profil pemecahan masalah kontekstual geometri siswa SMP berdasarkan adversity quotient. Jurnal APOTEMA, 1(2), 59–66.
DePorter, B, & Mike H. (2003). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
De Lange, J. (1987). Mathematics, insight and meaning. Utrecht: OW &OC
Fajar, I., Herawati, N., & Adlu, A.J. (2014). Kemampuan Representasi Matematis, (online), (http;//www.slideshare.net/ibnufajar59/kemampuan-representasi matematis, diakses 05 juni 2017).
Fitri, S.N. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Mts Ditinjau dari Gaya Berpikir menurut Gregorc. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.
Fitrianna, A,Y. 2018. Mathematical Representation Ability of Senior High School Students: An Evaluation from Students Mathematical Disposition. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1), hlm. 46-56.
Goldin, G.A. (2002). Representation in Mathematical Learning and Problem Solving.Dalam L.D English (Ed). Handbook of International Research in Mathematics Education (IRME). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Haryoko, S., Bahartiar., & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif . Universitas Negeri Makasar.
Kanto, S., (2015). Sampling, Validitas, dan Reliabilitas dalam penelitian kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kholiqowati, H. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Moleong, lexy j. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
National Council of Teachers of Mathematic. 1989. Curriculum and EvaluationStandards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for school Mathematics. USA: NCTM
Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), hal.143–152.
Neria, D. & Amit, M. (2004). Students Preference of Non-Algebraic Representations in Mathematical Communication. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematical Education. 3, 409 – 416.
Permendikbud. 2014b. Standar Penilaian. Jakarta: Depdikbud.
Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Pratiwi, R. D. 2017. Analisis Kemapuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari Grobogan, Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Prayitno, S., Lu’luilmaknunn, U., Sridana, N., & Subarinah, S. (2021). Analyzing the Ability of Mathematics Students as Prospective Mathematics Teachers on Multiple Mathematical Representation. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science Vol.556 No.20 Hal 309–313. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.096
Rangkuti, A. N. (2014). Representasi Ribkyansyah, F. T., Yenni, & Nopitasari, D. (2018). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada pokok bahasan statistika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 149. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.711
Rizki, M. (2018). Profil pemecahan masalah kontekstual matematika oleh siswa kelompok dasar. Jurnal Dinamika Penelitian; Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 18(2), 271–286.
Saputri, D.H. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesakan Masalah Kontekstual pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 15 Tanjungpinang, Skripsi, Universitas Maritim Ali Haji Tanjungpinang.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta
Sugiyono. (2020). Metode penelitian: kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
matematis. Forum Paedagogik, 6(1), 110– 127.
Tyas, W. H., & Sujadi, I. (2016). Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial dan Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.4 No.8 Hal 781–792.
Wahyuni, S. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel kelas VIII. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.
Yudhanegara dan Lestari. (2014). Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1
Yudhanegara, M. R, & Lestari, K. E. (2015). Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(4), 97-106
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i1.4789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id