Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ)

Resty Amirozaliana, Nur Asma Riani Siregar, Susanti Susanti

Abstract


Kemampuan memecahkan masalah matematika sangat diperlukan oleh siswa agar dalam pembelajaran terjadi komunikasi antara guru dan siswa atau antar siswa yang merangsang terciptanya partisipasi. Dalam pembelajaran matematika masalah yang diberikan kepada siswa salah satunya berupa soal cerita matematika. Penyelesaian soal cerita matematika melibatkan empat langkah, yaitu memahami masalah, merencanakan strategi, melaksanakan rencana, dan mengevaluasi hasil. Dan kesuksesan dalam memecahkan suatu masalah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya ialah adversity quotient (AQ). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 4 Tanjungpinang dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linear ditinjau dari adversity quotient (AQ). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Dan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Tanjungpinang yang akan dikelompokan dari hasil angket AQ siswa yaitu rendah (quitters), sedang (campers) dan tinggi (climbers). Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik triangulasi. Adapun teknik pengumpulan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah instrumen angket, hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Hasilnya menunjukan bahwa Siswa dengan AQ climbers (tinggi) secara rata-rata memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori baik. Siswa dengan AQ climbers (tinggi) mencapai indikator mempersiapkan rancangan, memahami masalah, melaksanakan rancangan, dan mengevaluasi solusi. Dan Siswa dengan AQ campers (sedang) secara rata-rata memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori cukup. Siswa dengan AQ campers (sedang) mencapai indikator mempersiapkan rancangan, memahami masalah, melaksanakan rancangan. Namun siswa dengan AQ campers (sedang) masih sangat kurang pada indikator mengevaluasi solusi. Kemudian siswa dengan AQ quitters (rendah) memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori kurang. Siswa dengan AQ quitters (rendah) mencapai indikator mempersiapkan rancangan. Pada indikator memahami masalah dan melaksanakan rancangan, siswa dengan AQ quitters (rendah) masih berada pada kategori kurang. Adapun pada indikator mengevaluasi solusi, siswa dengan AQ quitters (rendah) masih sangat kurang.


Keywords


Adversity Quotient, Kemampuan Pemecahan Masalah, Program Linear

Full Text:

PDF

References


Afri, Lisa Dwi. 2018. ―Hubungan Adversity Quotient Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika 7, no. 2.

Ahmad, H., Al Asyariah Mandar, U., Mandar, P., & Barat, S. (2018). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan program linear. In Jurnal MathEducation Nusantara (Vol. 1, Issue 1).

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari adversity quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024

Cooney, Tj. Dkk (2001). “Interpreting Teachers Movement toward Reform in Mathematics” dalam The Mathematics Educator. Vol. 11 –No.1 Winter 2001.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Gardner, Howard. 2004. Frames of Minds. Tersedia: http://aplus-schools. uncg.edu/multipleintelligences.pdf.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Kumalasari, A., Prihadini, R. O., & Putri, E. (2013). Kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari segi kemampuan koneksi matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, MP-7-14

Maleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Mustika, Rekma. Hubungan self confidence dan adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2018, 18.2: 220-230.

Nasution, R. S., Fauzi, K. M. A., & Syahputra, E. (2020). Pengembangan soal matematika model pisa pada konten space and shape untuk mengukur kemampuan penalaran matematis. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22942

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Noprianti. 2015. Hubungan Adversity Quotient dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa SMP PGRI 6 Palembang: Jurnal Psikologi Universitas Bina Darma Palembang.

Novitasari, N., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Student Concept Understanding Analysis In Number Pattern Material During Distance Learning (DL): Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dalam Materi Pola Bilangan Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 19-39.

Nuragni, W. T. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe High Order Thinking Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Di Kalangan Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Polya, G. (1973). How To Solve It. Princeton: Princeton University Press. https://notendur.hi.is/hei2/teaching/Polya_HowToSolveIt.pdf.

Polya, G. (1985). How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Methods. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Raharjo, M dan Astuti Waluyati. (2011). Pembelajaran soal cerita operasi hitung campur di sekolah dasar. Yogyakarta: pustaka pengembangan dan pemberdaya pendidikan dan tenaga kependidikan matematika.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175-187.

Risma, A. Isnarto, & Hidayah, S. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. In: Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. p. 297-303.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Saad, N. S. & Ghani, A. S. 2008. Teaching Mathematics in Secondary School: Theories and Practices. Perak: University Pendidikan Sultan Idris.

Sapuri, Rafi. 2009. Psikologi Islam: Tuntunan Jiwa Manusia Modertn. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, A.; Suryadi, D.; Syaodih, E. A professional learning community model: a case study of primary teacher community in west Bandung. In: Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing, 2018. p. 012122.

Siswono, Tatag Y.E.S. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasai Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press. Siyoto, S., dan Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Stoltz, Paul G. 2000. Adversity Quotient: Mengubah hambatan menjadi peluang (adversity quotient: turning obstacles intoopportunities). Pnej. T. Hermaya. Jakarta: PT Grasindo

Stoltz, Paul G. 2000. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Grasindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i1.4788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id