Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis
Abstract
Di era modern saat ini, matematika tidak hanya dibutuhkan sebagai alat aritmatika, tetapi literasi matematis menjadi sangat krusial karena penalaran dan pemecahan masalah secara matematis lebih dibutuhkan di tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimen dengan desain pre-tes post-tes kelompok experiment dan kontrol . Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas 8 di salah satu SMP Negeri di Bengkulu Selatan. Sampel diambil secara purposif yang membagi kelas eksperimen dan kontrol, dan perlakuan diberikan sebanyak 8 kali. Implementasi PjBL di kelas eksperimen dilakukan dengan mengacu pada model dari The George Lucas Education Foundation And Doppler (2005) dengan enam tahapan, diantaranya: (i) penentuan pertanyaan mendasar; (ii) mendesain project; (iii) penjadwalan; (iv) monitoring; (v)menguji hasil; (vi)evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pelaksanaan tes kemampuan literasi matematis siswa lewat soal uraian dengan materi sistem persamaan linear dua variable. Hasil uji hipotesis independent sample t-tes membuktikan bahwa terdapat efek signifikan model PjBL terhadap kemampuan literasi matematis siswa dengan nilai sig. sebesar 0,00 dengan taraf nyata α = 0,05. Selain itu, hasil data statistik uji N-Gain membuktikan bahwa model pembelajaran PjBL memiliki tingkat efektifitas sebesar 68,3761%. Hal ini mengindikasikan model PjBL terkategori efektif untuk peningkatan kemampuan literasi matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahwan, M. T. R., & Basuki, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106-119.
Afriyanti, I., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pengembangan literasi matematika mengacu PISA melalui pembelajaran abad ke-21 berbasis teknologi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 608-617).
Aldabbus, S. (2018). Project-based learning: Implementation & challenges. International Journal of Education, Learning and Development, 6(3), 71-79.
Anggito, A., Pujiastuti, P., & Gularso, D. (2021). The Effect of Video Project-Based Learning on Students' Critical Thinking Skills during the Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1858-1867.
Arfianto, H., & Hakim, D. L. (2018). Penalaran matematis siswa pada materi fungsi komposisi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematik (pp. 1248-1256).
Astriani, N., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The effect of problem based learning to students’ mathematical problem solving ability. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3(1), 3441-3446.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari self efficacy siswa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5).
Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Prisma, 10(2), 255-263.
Astria, R., Haji, S., & Sumardi, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di SMA Negeri 6 Kepahiang. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 106-117.
Blumenfeld, P., Fishman, B. J., Krajcik, J., Marx, R. W., & Soloway, E. (2000). Creating usable innovations in systemic reform: Scaling up technology-embedded project-based science in urban schools. Educational psychologist, 35(3).
Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. Educational Research Review, 26, 71-81.
Condliffe, B. (2017). Project-Based Learning: A Literature Review. Working Paper. MDRC.
Craig, T. T., & Marshall, J. (2019). Effect of project‐based learning on high school students' state‐mandated, standardized math and science exam performance. Journal of Research in Science Teaching, 56(10), 1461-1488.
Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar tematik melalui project based learning. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 55-65.
Dinni, H. N. (2018, February). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176).
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285-291.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226.
Fahmy, A. F. R., Wardono, W., & Masrukan, M. (2018, February). Kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar siswa pada model pembelajaran RME berbantuan Geogebra. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 559-567).
Febrila, L. G., Sumardi, H., & Haji, S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 209-217.
Gandi, A. S. K., Haryani, S., & Setiawan, D. (2019). The effect of project-based learning integrated STEM toward critical thinking skill. Journal of Primary Education, 8(7), 18-23.
Hamidah, K. F. N., Hartini, H., & Listiani, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Literasi Matematika pada Siswa Kelas Tinggi SDN Tamanarum 1. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1207-1215.
Handayani, L. (2020). Peningkatan motivasi belajar IPA melalui model pembelajaran project based learning pada masa pandemi covid-19 bagi siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168-174.
Handayani, I., Januar, R. L., & Purwanto, S. E. (2018). The effect of Missouri mathematics project learning model on students’ mathematical problem solving ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012046). IOP Publishing.
Hanifah, H. (2023). Analysis of Student Ability in Answering Open Ended Final Exam Capita Selecta for Secondary Education Academic Year 2020/2021. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9250-9256.
Hanifah, H., & Utari, T. (2022). Implementation of Project Based Learning in Mathematics Capita Selecta for Elementary School. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1738-1750.
Hapsari, D. I., Airlanda, G. S., & Susiani, S. (2019). Penerapan project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 102-112.
Hiller, S. E., Kitsantas, A., Cheema, J. E., & Poulou, M. (2022). Mathematics anxiety and self-efficacy as predictors of mathematics literacy. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(8), 2133-2151.
Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019, February). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan literasi matematika dan pembentukan kemampuan 4C. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 247-267).
Issa, H. B., & Khataibeh, A. (2021). The Effect of Using Project Based Learning on Improving the Critical Thinking among Upper Basic Students from Teachers' Perspectives. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(2), 52-57.
Istiqomah, P., Kamid, K., & Hasibuan, M. H. E. (2021). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2775-2783.
Jannah, R. R., Asikin, M., & Zaenuri, Z. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 227-234.
Junita, E. R., Karolina, A., & Idris, M. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 02 REJANG LEBONG. Jurnal Literasiologi, 9(4).
Khanifah, L. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 900-908.
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-based learning (pp. 317-34). na.
Kolmos, A. (2009). Problem-based and project-based learning. University science and mathematics education in transition, 261-280.
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving schools, 19(3), 267-277.
Kurniawan, R., & Djidu, H. (2021). Kemampuan literasi matematis siswa: Sebuah studi literatur. EDUMATIC, 2(01), 24-30.
Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. In Prisma, prosiding seminar nasional matematika (Vol. 1, pp. 588-595).
Larmer, J., Mergendoller, J., & Boss, S. (2015). Setting the standard for project based learning. ASCD.
Makhmudah, S. (2018, February). Analisis literasi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dan pendidikan karakter mandiri. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 318-325).
Maulana, M. (2020). Penerapan model project based learning berbasis STEM pada pembelajaran fisika siapkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal Teknodik, 39-50.
Maysarah, S., Saragih, S., & Napitupulu, E. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1536-1548.
Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning Dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswasmp. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).
Muspiroh, N. (2015). Penerapan project base learning (PBP) bagi mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah sains terapan. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 93-98.
Nawangsari, N. S., Pujiastuti, P., & Gularso, D. (2022). The effect of project-based learning model on PGSD students’ critical thinking skill. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 19-27.
Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42-50.
Nurulita, S., Ulya, V. F., & Abidin, Z. (2023). Realisasi Model Problem Based Learning pada Materi IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(2), 126-136.
Pambudi, R. E., Soekirno, S., & Prihastari, E. B. (2020). Pengaruh Aktivitas Literasi Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas IV. Jurnal Sinektik, 3(1), 75-86.
Pohan, A. M., Asmin, A., & Menanti, A. (2020). The effect of problem based learning and learning motivation of Mathematical problem solving skills of class 5 students at SDN 0407 Mondang. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 531-539.
Prabawati, P. L. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Project-based learning based on STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) enhancing students science knowledge competence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 621-629.
Pradipta, K. N. Y., Astawan, I. G., & Rati, N. W. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Project Based Learning pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2).
Primartadi, A., Suyitno, S., Widiyatmoko, W., Kurniawan, A., & Efendi, Y. (2022). Meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan metode project based learning. Jurnal Taman Vokasi, 10(2), 173-179.
Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(2), 137-140.
Putri, A. A. V. W. (2020). Project based learning berbantuan media audio visual meningkatkan partisipasi belajar anak. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 388-396.
Rahmawati, S., & Putri, R. I. I. (2022). Penalaran Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Fungsi Kuadrat Menggunakan Pmri Dan Collaborative Learning Berbantu Media Video. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 577-588.
Sari, D. M. M., & Prasetyo, Y. (2021). Project-based-learning on critical reading course to enhance critical thinking skills. Studies in English Language and Education, 8(2), 442-456.
Sasson, I., Yehuda, I., & Malkinson, N. (2018). Fostering the skills of critical thinking and question-posing in a project-based learning environment. Thinking Skills and Creativity, 29, 203-212.
Sukmana, I. K., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3163-3172.
Supriadi, N., Syazali, M., Lestari, B. D., Dewi, E. S., Utami, L. F., Mardani, L. A., & Putra, F. G. (2018). The utilization of project based learning and guided discovery learning: Effective methods to improve students’ mathematics ability. Al-Ta Lim Journal, 25(3), 261-271.
Setiawan, H., Dafik, N. D. S. L., & Lestari, N. D. S. (2014, November). Soal matematika dalam PISA kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. In Prosiding seminar nasional matematika, universitas Jember.
Sulfiani, B. (2022). Kemampuan Berkolaborasi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa: Pengaplikasian Project Based Learning. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 4(1), 21-31.
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Analisis soal-soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 876-884).
Suteja, S., & Setiawan, D. (2022). Students' critical thinking and writing skills in project-based learning. International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research, 1(1), 16-22.
Tuzzahra, R., Hanifah, H., & Maizora, S. (2020). Pengembangan Lkpd Matematika Dengan Model Project Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Di Smp Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), 69-81.
Yudha, C. B. (2019). Penerapan Project Based Learning dalam mata kuliah penelitian tindakan kelas. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 30-42.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i1.3753
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id







