ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS X

Ramadoni Ramadoni, M. Arief Al Hafizh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas X DPIB 1 SMK Negeri 5 Padang yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yang digunakan oleh peneliti diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah kuota yang diinginkan sebanyak 20 siswa pada kelas X. Pengumpulan data yang dilakukan dengan tes dalam bentuk soal uraian sebanyak 4 butir soal yang keseluruhan mencangkup indikator kesulitan pemahaman konsep matematis yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir alogaritma. Dari hasil analisis yang diperoleh nilai rata-rata dari 20 siswa sebesar 38,75% dengan nilai minimum sebesar 0 dan nilai maksimum sebesar 100. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat dikategorikan menjadi 5 kategori yaitu pada kategori sangat baik dengan presentase 10%, kategori baik dengan presentase 15%, kategori cukup dengan presentase 15%, kategori rendah dengan presentase 25%, dan pada kategori sangat rendah dengan presentase 35%. Dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan pemahaman konsep sebesar 60. Pada siswa dengan kategori sangat baik sudah mampu memenuhi semua indikator, peserta didik pada indikator baik sudah mampu memenuhi semua indikator namun kurang sempurna pada dekomposisi, pada siswa dengan kategori cukup juga tidak mampu memenuhi pada indikator dekomposisi, pada siswa dengan kategori rendah siswa tidak memenuhi semua indikator baik itu indikator dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berfikir logaritma, sedangkan siswa pada kategori sangat rendah siswa tidak bisa atau mampu memenuhi semua indikator yang ada. Saran bagi peneliti lain agar dapat melakukan penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan konsep siswa pada pembelajaran statistisk dengan kategori rendah.

Keywords


Analisis Kesulitan, Pemahaman Konsep, Statistika

Full Text:

PDF

References


Amintoko, G. (2017). Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Definisi Limit Bagi Mahasiswa. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME) Vol 1 No 1 Januari 2017.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika.

LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50.

Herawati, O. D. P. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman KonsepMatematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal PendidikanMatematika, Volume VII (Edisi 9).

Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol. 2, No. 3, September 2022, 2(3).

Moleong, L. J. (2018). metode penelitian kualitatif

Munaji, M., & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil Kemampuan Matematika Siswa Smp Di Kota Cirebon Berdasarkan Standar Timss. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 249. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3732

Noviana, K., Gunowibowo, P., & Asnawati, R. (2018). No TitEfektivitas Contextual Teaching and Learning Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswale. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, Volume 6, Nomor 3, April 2018, Halaman ISSN: 2338-1183.

Nunes, T., & Bryant, P. (2020). Learning and Teaching Mathematics, An International Perspective. UK: Psychology Press.

Purwanto, N. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Sari, D. N., & Haryono, Y. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas Viii Di Smp N 2 Luhak Nan Duo. 9(1), 27–37.

Sumiyati, Tri, Bambang Priyo Darminto, Dita Yuzianah, Program Studi, Pendidikan Matematika, and Universitas Muhammadiyah Purworejo. (2018). “Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Berdasarkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2017 / 2018.” 20–25.

Supiarmo, M. G. (2021). Transformasi Proses Berfikir Komputasional Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Pemecahan Masalah Matematika Melalaui Refleksi. Tesis. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Suwartina, S., Ramdoni, R., & Juwita, R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Indikator Pemahaman Konsep Pada Soal Matematika Di Kelas XI IPS 2 SMA N 2 Kinali Kab. Pasaman Barat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6238-6247.Unaenah, Een, and Muhammad Syarif. (2019). “Jurnal Basicedu.” 3(1):106–11.

Uno, H. B. & Kuadrat, Masri.(2009). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yudiana, R., Rismen, S., & Ramadoni. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Tipe Kepribadian Kelas XI MIPA SMAN 2 Batang Anai. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 391–396.

Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2012). The Effect of Using GeoGebra on Conceptual and Procedural Knowledge of High School Mathematics Students. Asian Social Science, 8(11), 102–106.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i2.3494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id