PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN CABRI 3D MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NERGERI 10 PADANG
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbantuan Cabri 3D pada materi kubus dan balok yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini meliputi uji validitas ahli materi dan ahli media oleh dosen pendidikan matematika Universitas Bung Hatta dan uji praktis di SMP Negeri 10 Padang. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru matematika kelas VIII dan 3 orang siswa kelas VIII.1. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan tiga tingkat pemahaman siswa yaitu tingkat tertinggi, tingkat sedang, dan tingkat terendah yang dipilih oleh guru matematika kelas VIII.1. Hasil akhir yang diperoleh dari ahli materi dengan persentase sebesar 94,64% dengan keterangan bahwa modul pembelajaran sangat valid setelah direvisi. Hasil akhir yang diperoleh dari ahli media dengan persentase sebesar 77,78% dengan keterangan bahwa modul pembelajaran valid setelah direvisi. Hasil akhir yang diperoleh dari uji coba produk oleh 1 orang guru matematika kelas VIII dengan rata-rata persentase sebesar 87,50% dengan keterangan bahwa modul pembelajaran sangat praktis dan uji coba produk oleh 3 orang siswa kelas VIII.1 dengan rata-rata persentase sebesar 87,50% dengan kriteria sangat praktis. Hasil ini menyimpulkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan sudah layak digunakan pada pembelajaran matematika materi Kubus dan Balok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).
Akhirni, A., & Mahmudi, A. (2015). Pengaruh pemanfaatan cabri 3D dan geogebra pada pembelajaran geometri ditinjau dari hasil belajar dan motivasi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(2), 91-100.
Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019).Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224-236.
Amalia, R., & Saumi, F. (2018). Penerapan Model Brain Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Cabri 3D Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMAN 2 Kejuruan Muda. Jurnal Dimensi Matematika, 1(01), 7-13.
Butarbutar, M., Ramalisa, Y., & Pasaribu, F. T. (2021). Pengembangan LKPD berbasis pendekatan STEM (Science,Technology, Engineering and Mathematics) Berbantuan Cabri 3D pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Handayani, E. T. Y. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Sanggul Modern. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(3), 12-22.
Hikmah, R., Rezeki, S., & Tama, B. J. (2019). Penggunaan Cabri 3D terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(2).
Jusuf, H., & Sobari, A. (2021).Pelatihan Pembuatan Modul Pembelajaran Untuk Mendukung Pembelajaran Online. JAMTEKNO: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat TEKNO, 2(1), 33-38.
Lubis, M. S., Syahrul, R., & Juita, N. (2014). Pengembangan modul pembelajaran bahasa indonesia berbantuan peta pikiran pada materi menulis makalah siswa kelas xi SMA/MA. Bahasa, Sastra, dan pembelajaran, 2(1).
Nasution, E. Y. P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan Cabri 3D. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 179-194.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmi-ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Pitriani,P. (2017). Pengembangan LKS berbasis PBL berbantuan Cabri 3D Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 1-10.
Rososzczuk, R. (2015). Application of Cabri 3 in teaching stereometry. Advances in Science and Technology Research Journal, 9(26), 148-151.
Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12-22.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Yogyakarta: Alfabeta.
Sutama, S., Fuadi, D., Hafida, S. H. N. (2021). Pembelajaran Matematika Kolaboratif Lesson Study dan Kecakapan Abad-21 di SMP. Jawa Tengah : Muhammadiyah University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i1.3487
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id