ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DITINJAU DARI MINAT BELAJAR

Sya’diyah Nurul, Suryani Mulia, Hamdunah Hamdunah

Abstract


Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Aftriyati, dkk (2020), faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah peserta didik salah satunya adalah minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. 25 subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yang berasal dari kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Kecamatan Payakumbuh. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes, angket, dan wawancara. Hasil tes dianalisis berdasarkan indikator pemecahan masalah menurut Polya yang ditinjau dari hasil angket minat belajar. Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik dengan kategori minat belajar tinggi pada indikator memahami masalah diperoleh persentase sebesar 25%, merencanakan penyelesaian 0%, melaksanakan rencana 62,5%, dan memeriksa kembali 0%. Peserta didik dengan kategori minat belajar sedang, pada indikator memahami masalah diperoleh persentase sebesar 25%, merencanakan penyelesaian 0%, melaksanakan rencana 50% dan memeriksa kembali 0%. Peserta didik dengan kategori minat belajar rendah, pada indikator memahami masalah diperoleh persentase sebesar 14%, merencanakan penyelesaian 0%, melaksanakan rencana 54% dan memeriksa kembali 0%.

Keywords


Pemecahan Masalah, Minat Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Afriyati, L. W., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa SMA Pekanbaru Pada Materi SPLDV. Jurnal JMSK, 16 (2), 6-10.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2010. In Manajemen Penelitian.

Basuki., Hariyanto. (2014). Dasar-dasar Evalusai Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12 (5), 12-14.

Daryanto. (2010). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Kontekstual ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7 (12), 12-16.

Hermaini, J. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika 29 (1), 1-9.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., Sumarno, & Utari.(2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. PT Refika Aditama.

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 12 (2), 3-6.

Lestari, A., Syafri, F.S., & Saltifa, P. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa PGMI IAIN Bengkulu Mata Kuliah Matematika 2 Berdasarkan Teori Apos. Jurnal Equation Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4 (1), 5-6.

Marlina, L. (2013). Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Indonesia Tadulako, 4 (1), 12-14

Novianti, F., Hanifah, & Agustinsa, R. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Buku Teks Matematika Permintaan Kelas XI Terbitan Erlangga Materi Persamaan Trigonometri Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Equation Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4 (2), 6-8.

Septianingsih, N., Wahyuni, Y., Desfitri, R., & Fauziah. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Krathwohl pada Siswa Kelas VII SMPN 25 Padang. Jurnal Equation Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5 (1), 4-7.

Sirait. E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6 (1), 12-15

Subandi. (2016). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Kontekstual ditinjau dari minat belajar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7 (12), 12-15.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi) Rineka Cipta.

Zuriyanti. (2016). Analisis Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i1.3486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id