DESKRIPSI EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Zainuddin Zainuddin, Irham Muhammad, Fadillah Rizky

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan pembelajaran daring berbasis LMS moodle pada program studi pendidikan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada 24 mahasiswa dan 9 dosen. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan pembelajaran daring berbasis LMS moodle dalam perspektif mahasiswa mencapai rata-rata persentase 75,96% (2) pelaksanaan pembelajaran daring berbasis LMS moodle dalam perspektif dosen mencapai rata-rata persentase 64,21%. Tingkat keefektifan paling tinggi dalam perspektif dosen dan mahasiswa adalah pada indikator efisiensi penggunaan LMS Moodle. Adapun tingkat keefektifan paling rendah dalam perspektif dosen dan mahasiswa adalah pada indikator interaksi dosen dan mahasiswa pada LMS Moodle.


Keywords


Efektivitas, Pembelajaran Daring, LMS Moodle

Full Text:

PDF

References


Bilfaqih. Y., & Qomaruddin, N, M, (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Kurniasari, A., & Pribowo, P, S, F. et.al. (2020). Efektifitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid – 19. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Hasil Penelitian, 6(3), 1-8

Kurniawan, A. (2020). Pemanfaatan JB untuk Mendorong Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 1-8.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal Of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Naserly, M, K. (2020). Implementasi Zoom, Google, Classroom dan Whatsapp Group dalam Pembelajaran daring (Online) pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Putriawati, W. (2019). Penerapan metode pembelajaran small group discussion untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa. Prisma sains: Jurnal pengkajian ilmu dan pembelajaran matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 80-90.

Saifuddin, M. A., & Hanik, E. U. (2020). Pembelajaran Daring Pemicu Degradasi Moral Pendidikan Di Era Pandemi Covid 19. Al Hikmah: Journal of Education, 1(2), 193-200.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 214-224.

Septanti Ningtyas, N, (2019). Pengaruh pembelajaran jarak jauh dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1-5.

Sudiana, R. (2016). Efektifitas Penggunaan Learning Management System Berbasis Online. JPPM, 9(2), 201-209.

Susilowati, R., & Julkarnain, M. (2022). Pengembangan Applet Geogebra Pada Materi Distribusi Peluang Khusus. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, 4(4), 346-352.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i1.3485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id