IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS II

Indriani Nina, Agustina Rodliyah Eka Siti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa madrasah ibtidaiyah kelas II melalui implementasi media pembelajaran flashcard. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Data yang dihimpun yaitu data hasil belajar materi bangun datar dan data observasi guru serta siswa melalui instrumen tes, observasi siswa dan guru, serta dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas II A MINU Wedoro berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar melalui implementasi media flashcard. Nilai rata-rata siswa saat pra siklus sebesar 65 dengan persentase ketuntasan 41%. Siklus I rata-rata nilai siswa menjadi 72 dengan persentase ketuntasan mencapai 65%. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa menjadi 85 dan persentase ketuntasan mencapai 93%.

Keywords


Media Flashcard, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Jurnal Numeracy, 7(2), 192–206. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167

Balyta, P. (2018). Survey Says: Kids Like Math! Texas Instruments Education Technology. https://education.ti.com/en/bulletinboard/2018/august/studentsurvey. Diakses pada 28 Desember 2022.

Dwi Arista, L., & Marhaeni, S. S. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas XI Multimedia Semester Ganjil SMK Muhammadiyah 1 Genteng. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(1).

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Manik, H., C B Sihite, A., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048

National Research Council. (1989). Everybody Counts: A Report to the Nation on the Future of Mathematics Education. Washington, D.C.: National Academy Press.

OECD. (2019). Indonesia-Student Performance (PISA 2018). https://gpseducation.oecd.org/CountryProfile?plotter=h5&primaryCountry=IDN&treshold=5&topic=PI. Diakses pada 28 Desember 2022.

Raj Acharya, B. (2017). Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8–15. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11

Rambe, D. S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan dengan Menggunakan Media Flash Card di Kelas IV-A SD Negeri 100101 Simatorkis Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan [Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan]. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/7830

Riyanti, A. G. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Flashcard. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 27, 2602–2068. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56797

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. OEDC. https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf. Diakses pada 28 Desember 2022.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (15th ed.). Bandung: Nusamedia.

Sriyanto. (2017). Mengobarkan Api Matematika: Membelajarkan Matematika yang Kreatif dan Mencerdaskan (M. A. Rudhito (ed.)). Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (4th ed.). Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i1.3484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id