Pengaruh Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD

Amalia Afifatul, Zumrotun Erna

Abstract


Menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar mengajar, mampu mendorong mereka untuk lebih aktif dalam keikutsertaannya ketika aktivitas pengajaran berlangsung. Pemakaian metode oleh guru yang sejalan dengan tahapan belajar siswa, menjadi satu dari sekian banyak cara yang bisa membangkitkan keaktifan mereka dalam kegiatan belajar mengajar. Pelaksanaan riset ini ditujukan guna mengevaluasi pengaruh metode hypnoteaching dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas III SD melalui penelitian eksperimental. Pada riset ini, subjek kajiannya ialah sampel dari 11 siswa yang berasal dari kelas III SD Negeri Berahan Kulon yang terbagi atas 8 siswa perempuan dan 3 laki-laki. Data data pada riset ini dikumpulkan melalui dokumentasi dan latihan soal matematika siswa dengan materi penjumlahan bersusun. Uji validasi memakai expert jugment dan analisis indeks aiken’v. Uji prasyarat memakai uji normalitas dengan bantuan SPSS Versi 20. Pengujian hipotesis memakai uji t dua sampel dependen (paired-samples t-test) bantuan SPSS Versi 20. Setelah penelitian dilaksanakan, diperoleh hasil adanya ketidaksamaan hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa. Temuan yang ada dibuktikan dengan hasil uji t dua sampel dependen yaitu sig < 0,005 atau 0,004 < 0,005. Sehingga bisa ditarik simpulan,  melalui pemakaian metode hypnoteaching sangat berpengaruh terhadap hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas III SD Negeri Berahan Kulon Kecamatan Wedung Kabupaten Demak.

Keywords


Matematika, Hypnoteaching, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Akmaliyah, S. & Arsyah, N (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Hypnoteaching Pada Siswa Kelas V. EDUTARY (Education Of Elementari School), 1(2), 30-40. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JED/article/view/2761/1601

Alim, R. W. (2023). Permasalahan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar . Jurnal Kiprah Pendidikan, 271-277. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187

Amalia, N., Ernawati, D., & M. S. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(7), 2148-2155. https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/685

Astuti, R. J., & Wahid A. (2020). Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Otak Peserta Didik: Analisis Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas IV MIN Pada Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 27 Cibinong. RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Jornal, 67-97. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/136

Darmawan, I. Tolla, B., & Supriyati, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Beberapa Hasil Pembelajaran Melalui Meta-Analisis. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 1-5. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jep/article/download/18704/10301

Diantari, P. I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar MAtematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kuta Utara. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan PGSD, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3103

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Febriana, R. (2021). Kompetensi Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Goni, A. M. (2022). Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 173-180. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/2883

Haryadi, R. &. (2021). Metode Hypnoteaching Terhadap Pembelajaran Fisika. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 50-61. https://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/70

Haryono, P., A. W. (2021). Efektivitas Metode Hypnoteaching Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V MIM 2 Babakan. Jurna Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2656-6753. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Karso, H. (2018). Pembelajaran Matematika Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka . https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK4203-M1.pdf

Lena, I. M., dkk (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta Didik Terhadap Pembelajaran. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 7(1), 2148-2155. https://ejaornal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/5585

Nuraiha. (2020). Pelaksanaan Metode Pengajaran Variatif Pada Pembelajaran Al Quran MAN 1 Tanjung Jabung Timur Kabupaten Tanjab Timur. Jurnal Literasiologi, 40-50. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/132/151

Pebriana, P. H. (2018). Penerapan Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Anak Pada Siswa Kelas III SDN 030 Bagan Jaya. Jurnal Basicedu, 3-7. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/133

Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar / Madasah Ibtidaiyah. Journal Ilmiah Pedagogy, 14(2). https://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96

Qomario. (2018). Pengaruh Hypnoteaching Dalam Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan , 46-55. http://jurnal.umk.ac.id/indexphp/RE

Rohman, S. &. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang . Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 165-166.

Sholehah, S. H., dkk (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 237-244. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/16494

Suryanti, T. A. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 183-194. https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/article/view/206

Syaifuddin, M. dkk. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Pembelajaran Metode Hypnoteaching. Psikoislamika: Jurna Psikologi dan Psikologi Islam, 16 (2), 1829-5703. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko/article/view/8236

Wiguna, I. B. (2020). Efektifitas Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran 4(2), 66. https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/13006




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i1.3463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id