ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DUA BESARAN BERBEDA PADA PESERTA DIDIK TINGKAT SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam memecahkan soal cerita pemecahan masalah materi perbandingan dua besaran yang berbeda dengan menggunakan analisis prosedur NEWMAN pada peserta didik kelas VA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 1 Riau Silip berjumlah 6 orang pada tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang berjumlah 5 butir soal dan study literatur. Data hasil analisis menunjukan bahwa terdapat beberapa kesalahan a). Kesalahan memahami masalah di dalam soal, b). Kesalahan transformasi masalah, c). Kesalahan dalam proses penyelesaian masalah, dan d). Kesalahan tidak menuliskan jawaban akhir. Kesalahan yang paling banyak dilakukan dari 6 subjek penelitian yaitu kesalahan dalam proses penyelesaian masalah dan tidak menuliskan jawaban akhir.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amini, S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Analisis Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial dan Scaffolding-nya Bagi Kelas VII SMP. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–28. http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/ index.php/nabla/article/view/70/64
Andikayana, D. M., Dantes, N., & Kertih, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 81–92.
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603
Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurnal PARADIKMA, 8(1l), 37–51.
Kemdikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. In Desain Pengembangan AKM.
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. In Panduan Gerakan Literasi Nasional.
Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
Mardiana, R., Afaeni, F. N., & Barokah, N. (2021). Seminar Nasional PGMI 2021 Implementasi Penggunaan Komputer sebagai Alternatif Media Pembelajaran terhadap Peningkatan Kesiapan Tes AKM bagi Kelas 5 Tingkat Sekolah Dasar atau Sederajat. Seminar Nasional PGMI, 143– 161.
OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd- ilibrary.org/education/pisa-2018-results- volume-iii_bd69f805- en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/ bd69f805-en#fig86
Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22.
https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719 Puspaningrum, R. N. I., Rohaeti, E. E., & Maya,
R. (2020). Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan Newman pada materi aritmatika sosial. Jurnal Analisa, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.33 7
Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas Iv Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika Dengan Metode Newman. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.495
Rohmah, S. I., Widadah, S., & Agustina, E. N. S. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN ANALISIS
NEWMAN. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175
Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi
AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Sinar Grafika Offset.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i1.2903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id