Penggunaan Teknik Scaffolding Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Pada Siswa SMP

Irma Rachmawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman matematik siswa SMP yang rendah. Padahal kemampuan pemahaman matematik ini sangatlah penting dalam matematika, dengan pemahaman matematik akan dapat menumbuhkan kemampuan siswa dengan baik dan benar pada setiap permasalahan matematika yang muncul. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan metode pembelajaran Teknik Scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode teknik scaffolding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu MTs di Kabupaten Bandung Barat tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang diambil secara acak dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. instrumen yang digunakan adalah instrument tes kemampuan pemahaman matematik, angket, serta lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1). Peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan teknik scaffolding lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa dengan menggunakan teknik scaffolding berada pada kategori sedang, 3) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan teknik scaffolding adalah seluruh siswa memberikan sikap yang positif.

Keywords


Kemampuan Pemahaman Matematik; Metode Teknik Scaffolding

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v2i2.2314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id