Implementasi Pembelajaran Matematika Model PACE Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mata kuliah aljabar abstrak mahasiswa S1 pendidikan matematika FKIP Universitas Bengkulu dengan penerapan pembelajaran matematika model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative and Exercise). Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Adanya aktivitas yang baik pada saat pembelajaran, dimana mahasiswa memperhatikan guru menjelaska materi, bertanya , dan selanjutnya mengerjakan lembar kerja yang telah disediakan, berdiskusi, dan mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh praktikan dengan menerapkan model pembelajaran PACE di kelas, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran PACE dapat meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa FKIP Matematika Universitas Bengkulu dengan penerapan model pembelajaran PACE hasil tes kemampuan pembuktian matematis mahasiswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke sklus II sebesar 8,69 % ke 78,26 % secara klasikal.
Kata Kunci: Model Pembeljaran PACE, Pembuktian Matematis, Aljabar Abstrak
Full Text:
PDFReferences
Dasari, D. 2009. Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Mahasiswa melalui-Model PACE. Disertasi. PPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Isnarto. 2014. Kemampuan Konstruksi Bukti dan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa pada Perkuliahan Struktur Aljabar melalui Guided Discovery Learning Pendekatan Motivation to Reasoning and Proving Tasks. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Lee, Carl. 1999. An Assesment of the PACE Strategy for an introduction statistics
Course. USA: Central Michigan University.
Lee, Carl et al. 2002. Where do the students Get Lost: The Concept of Variation?.
ICOTS (6): 1-4.
Marron, J.S. 1999. Effective Writing in Mathematical Statistics. Statistica Neerlandica, Vol. 53 (1): 68-75.
Nurlaelah, E. 2009. Mengembangkan Daya dan Kreativitas Matematis Mahasiswa
Calon Guru melalui Pembelajaran Berbasis Teori APOS. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Pearce, A.R. & R.L. Cline. 2006. Teaching the Statistics Laboratory-Keep up the PACE. American Journal of Psychological Research, Vol 2 (1): 1-7.
Petocz, P. & N. Smith. 2007. Materials for Learning Mathematical Statistics. Sydney: University of Technology.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, D. 2012. Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizqi Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v1i1.1350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Equation
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id