PENGARUH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN EXTENDED TRIAD LEVEL ++ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUKTIKAN DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar analisis real berbasis model pembelajaran Extended Triad Level ++ yang valid, praktis dan efektif serta pengaruhnya terhadap kemampuan membuktikan dan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini juga melihat pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasisi Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berdasarkan pengembangan plomp 1999. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Buku Ajar, Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), Rencana Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Matematika (S1) Universitas Bengkulu dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu semester VI. Dengan hasil penelitian, (1) menghasilkan bahan ajar berbasis Model Struktur Representasi Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Extended Triad Level++). (2) terdapat perbedaan pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasis Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Kemampuan Pembuktian, Representasi Matematis, Extended Triad Level++
Full Text:
PDFReferences
Darmadi. (2011). Prosiding dari Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY
Krisna S. Perbowo dan Trisna R. Pradipta (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Riil Mahasiswa Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal Pedidikan Matematika Kalamatika Vol.2 1 April 2017
Mutaqin, A. (2010). Mengapa Harus Belajar Analisis Real. https://anwarmutaqin.wordpress.com/2010/03/05/mengapa-harus-belajar-analisisreal/ (diakses 2017, 25 April).
Wahyu Widada (2011) Penelitian Pendidikan Matematika. Bengkulu; FKIP UNIB.
Wahyu Widada (2011) Model Pembelajaran Berbasis Extended Level Triad ++. Bengkulu; FKIP UNIB.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v1i1.1347
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Equation
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id