MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKHNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH

Fitri Dara Derita

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dengan penerapan model pembelajaran Open Ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa prodi sistem informasi universitas muhammadiyah Bengkulu tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 27 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus melalui model pembelajaran open ended dengan fase sebagai  berikut  (1)  mengorientasikan  mahasiswa  pada  masalah;  (2)  mengorganisasikan  mahasiswa untuk belajar; (3) membantu penyelidikan mandiri dan kelompok; (4) mengembangkan dan menyajikan artefak (hasil karya); (5) analisis dan evaluasi proses . Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran open ended dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sebesar 71,09375 ke siklus II sebesar 80,125 dan persentase kemampuan pemahaman matematis mahasiswa meningkat dari siklus I sebesar 71,875% ke siklus II sebesar 81,25%

 

Kata Kunci : Kemampuan pemahaman matematis,open ended


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Baharuddin, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Dahlan, Jarnawi A dan Rahman, Eka F. 2007. Implementasi Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematik Siswa




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v1i1.1342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Equation



Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id