Kohesi dan Koherensi Paragraf dalam Teks Eksposisi Hasil Alih Wahana Karya Siswa Kelas X SMK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardiansyah, N., Chanafiah, Y., & Canrha, A. (2020). Alih Wahana Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono ke Film HBJ Karya Reni Nurcahyono Hestu saputra Kajian Ekranisasi. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 333–338.
Charlina, Septyanti, E., & Mustika, T. P. (2021). Eksplorasi Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Menulis Deskriptif Berbasis Kearifan Lokal melalui Strategi Fishbone. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 101–114.
Efendi, A. N., Naimah, N., Abni, S. R. N., Subargo, Y. L., & Kurniawati, E. (2023). Kohesi dan Koherensi pada Berita Kompas.com Berjudul “Jumlah Warga Indonesia Berisiko Terjangkit Corona Capai 700.000 Orang.” Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.10068
Emilia, E., Habibi, N., & Bangga, L. A. (2018). An anlysis of cohesion of exposition texts: An Indonesian context. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(3), 515–523. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i3.9791
Fajriyah, R. Z., Anharuddin, M. ‘Izza M., & Nugraheni, A. S. (2022). Pengembangan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Tipe Brain Storming Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Al-Maarif Drono. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3721–3727. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.876
Gianistika, C. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Bahasa Indonesia Melalui Pertanyaan Terstruktur di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 3(2), 117–126.
Gurning, E. O. (2021). Upaya meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu pada siswa kelas XII MIA-1 SMA Negeri 16 Medan. Cybernetics: Journal Educational Research and social Studies, 2(April), 1–10.
Halliday, M. A. K., & Hasan, R. (1976). Cohesion in English (English Language Series) (hal. 374). http://www.amazon.com/Cohesion-English-Language-Series/dp/0582550416
Hanum, F., Harahap, N. J., Hsb, E. R., & Hasibuan, M. N. S. (2020). Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Education and Development, 8(3), 33–36. https://doi.org/10.51933/jpma.v5i1.994
Hidayat, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Curah Pendapat Pada Perkuliahan Menulis Karangan Argumentatif. Literasi, 2(1), 25–31.
Isninadia, D., Karyadi, T., Waruwu, Y., Siallagan, L., Mariam, E., Dana, I. P., & Nasution, K. Z. (2023). Analisis Kohesi dan Koherensi dalam Cerpen “Terbang” karya Ayu Utami. Jurnal Basataka, 6(1), 28–39.
Khairat, H., Ramadhan, S., & Afnita. (2019). Karakteristik Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi Karya Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Bahastra, 39(1), 27–32.
Lestari, R. F. (2019). Kohesi dan Koherensi Paragraf dalam Karangan Narasi Mahasiswa Teknik Angkatan 2017 Universitas PGRI Banyuwangi. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.3924
Mascita, D. E. (2021). Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa MAN Cirebon dan Upaya Kuratif Pembelajaran Menggunakan Whatsapp. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 127–139. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4302
Masri, A. S., Pristiwati, R., & Nuryatin, A. (2022). Kombinasi Model Quantum Dan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi di SMP Kelas VII. Semantik, 11(2), 189–202. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i2.p189-202
Masrura, L., Rustam, & Suryani, I. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Fantasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(2), 430–441. https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/7433
Maulana, I. P. A. P., & Madia, I. M. (2019). Analisis Koherensi dan Kohesi Teks Deskripsi. Humanis, 23(3), 185–190. https://doi.org/10.24843/jh.2019.v23.i03.p03
Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Researcha, 2(1), 55–62. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/1853
Nurhasanah. (2020). Analisis Kohesi dan Koherensi Paragraf dalam Tesis Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala. Master Bahasa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 475–481.
Nurkholifah, A., Supriadi, O., & Mujtaba, S. (2021). Analisis Kohesi dan Koherensi pada Isu Nasional di Media Online Kompas.com dan Jawapos.com Edisi April 2021. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4309–4319. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1279
Nurussaadah, T., Hamdu, G., Saputra, E. R., & Sujana, A. (2024). Analisis Problematika Dalam Penerapan Model Pembelajaran Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 14(1), 98–104. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.79550
Pratama, F. Y., Pratiwi, Y., & Andajani, K. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Cinta Lingkungan dengan Strategi Pemodelan untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 448–462.
Rizkyanfi, M. W., & Isnaini, H. (2023). Prates Keterampilan Membaca Artikel Ilmiah Jurnal Elekronik Menggunakan Media Google Form bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(1), 117–124. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.229
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23 ed.). Alfabeta.
Suratman, Ilyas, & Mariamah. (2021). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Penerapan Metode Drill. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 10–17.
Susiati, & Pratiwi, Y. (2024). Desain Strategi Rekonstruksi dalam Penulisan Cerita Rakyat untuk Penguatan Literasi Kearifan Lokal Santri Pondok Pesantren. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(4), 593–602.
Winarty, A., . S., & R, H. (2021). Analisis Struktur Teks Eksposisi Pada Kolom Opini Harian Serambi Indonesia Edisi Mei Tahun 2020. Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(1), 45–54. https://doi.org/10.24815/jbs.v15i1.20601
Zahra, G. M., Emilia, E., & Nurlaelawati, I. (2021). An Analysis of Cohesion and Coherence of Descriptive Texts Written by Junior High School Students. Proceedings of the Thirteenth Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 2020), 546(Conaplin 2020), 195–202. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210427.030
Zahro, A., & Aprilia, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Menulis Naskah Drama Satu Babak Kurikulum Merdeka untuk Peserta Didik kelas XI SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(4), 705–714.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i2.7769
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Susiati Susiati, Yuni Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)