Cooperative Learning Tipe STAD: Strategi Inovatif dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada jenjang SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan, meliputi mengidentifikasi gagasan utama, menarik kesimpulan, dan menghubungkan isi teks dengan pengalaman pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen menggunakan nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan model STAD dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca pemahaman siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata skor post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah penerapan model STAD. Hal ini menunjukkan bahwa model STAD efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang aktif, kolaboratif, dan memotivasi siswa untuk memahami teks lebih dalam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat menjadi strategi inovatif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Model ini mendorong partisipasi siswa yang lebih besar dan menumbuhkan tanggung jawab belajar baik secara individu maupun kelompok, sehingga sangat cocok untuk pengajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lainnya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
A’isyah, S. N., Kamalia, S. D. N., Bawana, D. I. G., Jannah, Z. F., & Yuanita, A. (2025). Membaca Kritis: Bagaimana Mengidentifikasi Informasi Yang Akurat. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 187–198.
Aisyi, I. R., Ghufron, S., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2020). Gerakan Literasi Sekolah: Pelaksanaan, Hambatan, dan Solusi (Studi Kasus di SD Ghufron Faqih Surabaya). Jurnal Genta Mulia, 11(2).
ALBANA R, H. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (KELAS XI MIPA SMAN BALUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018).
Amalia, L., Astuti, D. A., Istiqomah, N. H., Hapsari, B., & Daniar, A. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif. Cahya Ghani Recovery.
Astutik, F. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning pada pembelajaran Berdiferensiasi di sekolah dasar untuk mewujudkan school well-being di era merdeka belajar. Penerbit Nem.
Aziza, R., Widodo, S. A., & Agustito, D. (2019). Efektivitas think pair share dengan komik ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 261–272.
Br Tobing, M. I. S. (2023). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS III SDN 134/I MERBAU. Universitas Jambi.
Budiyono, F., & Stkip, P. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumenep. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 60.
Chaniago, D., & Yunaspi, D. (2021). "The Improvement of Reading Comprehension through Student Team Achievement Division (STAD)." International Journal of Humanities Education and Social Sciences, 1(2). DOI: 10.55227/ijhess.v1i2.39
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16–23.
Fitriyani, F., & Utama, E. G. (2019). Model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa sekolah dasar. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 77–81.
Hamid, A., & Hadi, M. S. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. Quality, 8(1), 149–164.
Harahap, S. M., & Lubis, M. S. (2023). Memahami Bacaan melalui Pendekatan Kontekstual (Inquiry). Penerbit NEM.
Kependidikan, J. I., Fitriansyah, F., Bina, U., & Informatika, S. (2024). MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA PROGRAM. 5, 238–246.
Kertati, I., Muhammadiah, M. ud, Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zebua, R. S. Y., & Artawan, P. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Khasanah, F. (2016). Meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division). Likhitaprajna, 18(2), 48–57.
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah PISA ditinjau dari kemampuan berpikir komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55.
Mafruhah, A. (2025). "The Effect of Student Team Achievement Division (STAD) on Students’ Reading Comprehension." Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 4(02), 120–129. DOI: 10.36420/tanfidziya.v5i02.678
Mustofa, A., Parji, P., & Soleh, D. R. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V SDN Rejomulyo 1. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 24. https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11799
Napitupulu, E. L. (2023). Kemampuan Memahami Bacaan Masih Rendah. KOMPAS. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/10/02/kemampuan-memahami-bacaan-masih-rendah
Oktrifianty, E. (2021). Kemampuan Menulis Narasi di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan dan Kemampuan Membaca Pemahaman). CV Jejak (Jejak Publisher).
Purba, H. M., Zainuri, H. S., Syafitri, N., & Ramadhani, R. (2023). Aspek-aspek membaca dan pengembangan dalam keterampilan membaca di kelas tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 179–192.
Retnaningdyah, P., Kisyani, L., Mujiyem, M., Setyorini, N. P., Sulastri, S., & Hidayat, U. S. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah menengah pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Robi, N., & Abidin, Z. (2020). Literasi membaca sebagai upaya pembentuk karakter peserta didik (jujur dan bertanggung jawab). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 790–797.
Rorimpandey, R. S., Kartini, & Moybeka, A. M. S. (2024). "The Use of STAD Cooperative Learning Model to Improve Reading Comprehension Skills of Junior High School Students." Journal of English Culture, Language, Literature and Education, 12(2). DOI: 10.53682/eclue.v12i2.11082.
Rumahorbo, E. M., Wulan, N. S., & Hidayat, E. (2021). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 466–476.
Safitri, E. D., Octavia, O. T., Prasetyo, E., & Feni, R. (2024). Penerapan Penguatan Literasi dalam Pembelajaran Amancalistung pada Pendidikan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(2), 342–348.
Sari, D. A. K., & Setiawan, E. P. (2023). Literasi baca siswa Indonesia menurut jenis kelamin, growth mindset, dan jenjang pendidikan: Survei PISA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 1–16.
Septianingrum, A. D., & Safitri, A. (2023). Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran IPS untuk Mengembangkan Karakter di SD Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 77–84.
Sipayung, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Negeri 067246 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2022/2023. UNIVERSITAS QUALITY.
Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi pendekatan saintifik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(4), 607–620.
Suriat, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 22–31.
Utami, W., Zamri, N. A., Sihombing, S. P. R. A., Sumantri, C., Maranata, S., Siregar, W. M., & Pratama, A. (2025). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 8(3).
Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1906–1913.
Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1).
Wulandari, R. (2018). "Improving Students’ Reading Ability Through Student Teams Achievement Divisions (STAD)." English Education, 6(3). DOI: 10.20961/eed.v6i3.35893
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i2.7703
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ummul Khair, Yanti Sariasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)