Nilai Perjuangan dalam Novel untuk Kebutuhan Pengembangan Motivasi Belajar Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aflah, M. N., & Rahmani, F. E. (2018). Analisa Kebutuhan (Need Analysis) Mata Kuliah Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Kejuruan. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 77–89.
Ahyar, J. (2019). Apa itu Sastra; Jenis-jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Deepublish Publisher (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Aljena, S. C., Andari, K. D. W., & Kartini. (2020). Pengaruh Reward terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 1(2), 127–137.
Ananda, N. A. D., Lubis, H. S., & Marsella, E. (2023). Nilai-nilai Perjuangan dalam Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo: Pendekatan Sosiologi Sastra. Jurnal Bina Gogik, 10(2), 13–26.
Arifin, M. Z., Katrini, Y. E., & Pinaka, T. (2020). Nilai-nilai Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Dunia Samin Karya Soesilo Toer: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Materi Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 26–38.
Aziz, A. (2021). Nilai Moral dan Nilai Perjuangan dalam Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Seni, 91–98.
Chairuna, S., Siagian, U. R., Dalimunthe, Z., & Ardhana, R. (2023). Hakikat Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. Alacrity: Journal of Education, 3(2), 10–18.
Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE.
Darmiah. (2021). Hakikat Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(1), 165–180.
Gemitaria, Cuesdeyeni, P., Asi, Y. E., Nurachmana, A., Rison, H., & Kusuma, J. (2023). Analisis Nilai Perjuangan Tokoh dalam Novel Melangkah Karya J.S. Khairen dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(2), 127–162.
Halimah, H., Sumiyadi, S., Mulyati, Y., & Damaianti, V. S. (2020). Critical Literacy Approach in the teaching of literary appreciation using Indonesian short stories. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(1), 84–94.
Halimah, M. P. (2023). Pembelajaran Cerpen dengan Strategi Dimensi Literasi. Deepublish Publisher (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Harahap, M. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal At-Tariqah, 1(2), 140–155.
Iskandar, R. A. (2022). Kajian Nilai Perjuangan dalam Novel Mahbub Djunaidi dengan Menggunakan Metode Deskriptif Analisis dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Bahan Ajar Novel Sejarah. Al-Afkar Journal for Islamic Studies, 5(2), 160–179.
Iskandar, R. A., Halimah, H., Nugroho, R. A., Sumiyadi, S., & Yulianeta, Y. (2024). Analisis Isi Nilai Perjuangan dalam Novel Dompet Ayah Sepatu Ibu Karya Jombang Santani Khairen. Prosiding Seminar Daring Internasional Riksa Bahasa XVIII Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia, XVIII, 282–293.
Iskandar, R. A., Halimah, H., Nugroho, R. A., Sumiyadi, S., & Yulianeta, Y. (2025). Model Sinektik Berorientasi Experiential Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Inspiratif di SMA. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 362–376.
Jadhav, A. M. (2018). The Sociology of Literature: A Theoretical Approach. Review of Research, 7(6), 1–4.
Jumitasari, T., Rasyimah, & Mahsa, M. (2023). Ketidakadilan Gender pada Tokoh Perempuan dalam Novel Sengketa Rasa Karya Penabila: Tinjauan Feminisme. Kande: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 73–85.
Kamaliah. (2021). Hakikat Peserta Didik. Educational Journal: General and Specific Research, 1(1), 49–55.
Khairen, J. S. (2023). Dompet Ayah Sepatu Ibu. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Khairen, J. S. (2023). Kado Terbaik. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Khairen, J. S. (2023). Melangkah. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Khasinah, S., & Elviana. (2022). Need Analysis dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(4), 837–850.
Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Nobel Edumedia.
Kresnasari, A., Kasnadi, & Hurustyanti, H. (2022). Nilai Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Dari Ngalian ke Sendowo Karya NH. Dini (Kajian Sosiologi Sastra). Jurnal Leksis, 57–64.
Lazuardi, F., & Ermanto. (2020). Value for Struggle of Main Character Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu by Tere Liye. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 464, 62–64.
Maman, Rachman, M. S., Irawati, Hasbullah, & Juhji. (2021). Karakteristik Peserta Didik: Sebuah Tinjauan Studi Kepustakaan. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 255–266.
Mustikawati, A., Sholichah, D. N., & Kurniawan, E. D. (2023). Analisis Kebutuhan Hierarki Tokoh Dimas Suryo pada Novel Pulang Karya Leila S. Chudori. Humanus: Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 1(1), 133–145.
Nisa, F. K., Utami, R. S., & Kurniawan, E. D. (2024). Analisis Tingkat Kebutuhan Abraham Maslow pada Tokoh Utama Kinara dalam Novel Primerose Karya PenieJingga 02. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 122–138.
Nizam, M. A. (2019). Nilai Perjuangan dalam Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas Karya J.S. Khairen. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra, 3(2), 685–693.
Nursanti, F. R., & Damariyanti, M. (2024). Kontribusi Adversity Quotient terhadap School Well-Being pada Siswa SMA. Arjwa: Jurnal Psikologi, 3(1), 35–49.
Patra, M. R. (2019). Unsur Intrinsik Latar Tempat dalam Novel Arah Langkah Karya Fiersa Besari (Kajian Struktural). Jurnal Imbaya, 1(1), 46–53.
Pusat Bahasa Kemdikbud. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keenam (KBBI VI). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Putri, Y. S., Nissa, A. K., & Kurniawan, E. D. (2024). Analisis Kebutuhan Keperibadian Carl Gustav Jung pada Tokoh Utama Sasa dalam Novel Love Edelwiss and Me Karya Monica Anggen. Jurnal Sains Student Research, 2(1), 388–394.
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz sebagai Media Pemberian Kuis dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 60–66.
Rakhmat, M., Wachyudin, & Iskandar, R. A. (2022). Metode Deskriptif Analisis dalam Kajian Nilai Perjuangan sebagai Alternatif Bahan Ajar Modul Teks Novel Sejarah. Al-Afkar Journal for Islamic Studies, 5(2), 245–267.
Rhohana, S., Pelu, M., & Yuniyanto, T. (2020). Kajian Nilai-nilai Perjuangan Sultan Agung sebagai Penguatan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Candi, 20(2), 130–144.
Rijal, S., & Wayati, A. (2022). Efektifitas Penerapan Strategi Index Card Match (ICM) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Jambringin. Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman, 8(2), 223–231.
Rumadi, H. (2020). Representasi Nilai Perjuangan dalam Novel Berhenti di Kamu Karya Gia Pratama. Semiotika, 21(1), 1–9.
Shahara, A. N., Kinanti, R., & Kurniwan, E. D. (2024). Analisis Kebutuhan Hierarki Abraham Maslow terhadap Tokoh Rebecca pada Novel Dear Nathan-Hello Salma Karya Erisca Febriani. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(1), 229–242.
Simalango, H. M. (2023). Analisis Kebutuhan Gim Visual Novel Legenda Ikan Mas Danau Toba. Media Informatika, 22(1), 1–9.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Stiawan, A., Kustriyono, E., & Setyarum, A. (2021). Nilai Perjuangan Tokoh pada Novel Sepatu Dahlan Karya Khirisna Pabichara dan Implikasinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel di SMA. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan, 751–756.
Tambunan, S. A. (2021). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di Kelas Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1), 23–27.
Tampubolon, M. (2016). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Sabilarrasyad, 1(1), 100–118.
Tarigan, H. G. (2015). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Angkasa Bandung.
Tim Penyusun Pedoman. (2017). Pedoman Bengkel Sastra dan Apresiasi Sastra. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Ulfah, A. K., Razali, R., Rahman, H., Ghofur, A., Bukhory, U., Wahyuningrum, S. R., Yusup, M., & Muqoddam, F. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset, dan Pengembangan). IAIN Madura Press.
Yanti, J., Mardiansyah, D., & Fitriani, H. (2023). Nilai-nilai Perjuangan dalam Novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 107–114.
Yuniarti, L., Munir, S., & Noviadi, A. (2023). Nilai Perjuangan dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila Salikha Chudori. Jurnal Diksatrasia, 568–577.
Yuniati, I., Putri, W. Y., & Pramita, W. I. (2020). Nilai-nilai Karakter Bangsa dalam Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata. Literalisasi, 8(1), 32–43.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.7695
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ramadhan Attalarik Iskandar, Halimah Halimah, Rudi Adi Nugroho, Sumiyadi Sumiyadi, Yulianeta Yulianeta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)
