Hambatan dan Solusi dalam Pembelajaran Menulis Kreatif di SD Muhammadiyah 1 Banjarnegara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 298–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646
Agave, Q. (2020). Teknik Dokumentasi dan Pelaporan dalam Tataran Klinik. Osfpreprints. https://doi.org/doi.org/10.31219/osf.io%2F96g4v
Anissa Valenia Samputri, Arina Mayang Fanguna, & Ahmad Khoiri. (2022). Peran Kokurikuler Dan Ekstrakulikuler Terhadap Peningkatan Prestasi Siswa Di Smp Istiqomah Sambas Purbalingga . Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i1.191
Ansyoriyah, S., Boeriswati, E., & Supriyana, A. (2023). Evaluasi Pembelajaran Bahasa (A. Supriyana, Ed.). Penerbit Adab.
Aprilia, F., Neisya, N., Yanti, C. H., & Syaputri, K. D. (2022). Peningkatan Literasi Menulis Kreatif melalui Gelar Wicara Daring. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 15–23. https://doi.org/10.37640/japd.v2i1.1352
Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications Ltd.
Dwitasari, P., Darmawati, N. O., Noordyanto, N., Sittasya, V. A., Zulraniyah, W., Raihanah, F. D., & Karim, A. A. (2020). Penggunaan Metode Observasi Partisipan untuk Mengidentifikasi Permasalahan Operasional Suroboyo Bus Rute Merr-ITS. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 19(2), 53. https://doi.org/10.12962/iptek_desain.v19i2.7943
Habibi, A., Abdur Rahman, A., Shabibur Rahmat, M., & Fuadi Fikri, I. (2023). Analisis Konsep Dasar Program Sekolah Penggerak Kemendikbud Tahun 2022. Journal of Education and Teaching, 2(1).
Heigham, J., & Croker, R. A. (2009). Qualitative Research in Applied Linguistics A Practical Introduction. Palgrave Macmillan.
Helvy Tiana Rosa. (2020). Proses Kreatif Menulis Cerpen Perempuan Pekerja Rumah Tangga. Universitas Negeri Jakarta.
Jamila, S. H. (2023). Komponen Pembelajaran dalam Al-Qur’an dan Hadis. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(1), 45–70. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i1.764
Khan, R. I., & Wulansari, W. (2021). Pengaruh Pemberian Pelatihan Menulis Kreatif Terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Anak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1329
Lincoln, Y. S. , & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Sage Publications.
Mahfudhoh, M., & Nuroh, E. Z. (2024). Pengaruh Cerita Digital Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Semantik, 13(1), 103–114. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i1.p103-114
Mazaya, N. N., & Suliswaningsih, S. (2023). Perancangan Ui/Ux Aplikasi “Dengerin” Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 12(2), 39–49. https://doi.org/10.34010/komputa.v12i2.10157
McVey, D. (2008). Why All Writing is Creative Writing. Innovations in Education and Teaching International, 45(3), 289–294. https://doi.org/10.1080/14703290802176204
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (C. R. Rohidi & Mulyarto, Eds.). Universitas Indonesia.
Mumpuni, A. (2023). Pelatihan Menulis Kreatif melalui Permainan Tebak Cerita Creative Writing Training Through Guessing Story Games. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 81–87. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1008
Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, , 4(1). https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747
Nursalim, M. P., Risnawati, E., & Mubarok, Z. (2020). Penulisan Kreatif (R. B. Triad, Ed.). Unpam Press.
Putriani Lubis, Maria Bintang Hasibuan, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Teori-Teori Belajar dalam Pembelajaran. Intellektika : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 01–18. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i3.1114
Ramli. (2014). Penerapan Metode-Metode Pembelajaran Menulis Di Sma Negeri Sekabupaten Nagan Raya. Metamorfosa Journal, 2(1).
Rusnawati, M. (2022). Komponen-Komponen Dalam Operasional Pendidikan. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i2.18
Sandya Rindi Amida, A. (2023). Kegiatan Kokurikuler Mendukung Pendalaman Materi Siswa di SMA Negeri 1 Jakenan. Kaloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah, 2(2). https://doi.org/10.26877/kaloka.v2i2.15797
Sari, N. I., & Septiani, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Efektif dan Menulis Kreatif pada Siswa SMA di Jakarta. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 149. https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5568
Sukmawati, H. (2021). Komponen-Komponen Kurikulum Dalam Sistem Pembelajaran. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1).
Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283–294. https://doi.org/10.53696/27214834.92
Vedia. (2018). Pembelajaran Menulis Kreatif di Sekolah Alam (Suatu Penelitian Etnografi di Kelas 4 Sekolah Alam Tangerang). Universitas Negeri Jakarta.
Vuri, D. (2016). Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Ilmiah Guru “COPE", 01(20). https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10790
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.
Yarmi, G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Teknik Menulis Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8–16. https://doi.org/10.21009/PIP.281.2
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2). https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.7666
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Bagus Sulistio

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)
