Hambatan dan Solusi dalam Pembelajaran Menulis Kreatif di SD Muhammadiyah 1 Banjarnegara

Bagus Sulistio, Saifur Rohman, Miftahulkhairah Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan dan solusi dalam pembelajaran menulis kreatif di SD Muhammadiyah 1 Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Pada penelitian ini  metode analisis data menggunakan metode interaktif dari Miles dan Huberman dan diuji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis kreatif memberikan manfaat signifikan dalam mengembangkan keterampilan menulis siswa, namun terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut meliputi variasi kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, tantangan peran guru terkait kualifikasi dan beban kerja, kesulitan siswa dalam menemukan ide dan menyusun tulisan, keterbatasan materi ajar nonfiksi yang kurang menarik, metode pembelajaran yang masih konvensional, dominasi media pembelajaran konvensional, serta evaluasi pembelajaran yang berfokus pada produk dan aspek kognitif. Untuk mengatasi hambatan ini, penelitian menawarkan solusi berupa peningkatan kualifikasi dan dukungan guru, penggunaan teknik variatif dalam pembelajaran, penambahan materi nonfiksi yang menarik, integrasi teknologi dalam metode dan media pembelajaran, serta penerapan teknik evaluasi yang lebih beragam dan sistematis. Penelitian ini memiliki potensi besar dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, namun perlu adanya perbaikan dan inovasi dalam berbagai komponen pembelajaran agar program dapat berjalan lebih efektif dan dapat menjadi contoh bagi sekolah lain.

Keywords


Hambatan Pembelajaran; Menulis Kreatif; Sekolah Dasar; Solusi Pembelajaran

References


Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 298–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646

Agave, Q. (2020). Teknik Dokumentasi dan Pelaporan dalam Tataran Klinik. Osfpreprints. https://doi.org/doi.org/10.31219/osf.io%2F96g4v

Anissa Valenia Samputri, Arina Mayang Fanguna, & Ahmad Khoiri. (2022). Peran Kokurikuler Dan Ekstrakulikuler Terhadap Peningkatan Prestasi Siswa Di Smp Istiqomah Sambas Purbalingga . Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i1.191

Ansyoriyah, S., Boeriswati, E., & Supriyana, A. (2023). Evaluasi Pembelajaran Bahasa (A. Supriyana, Ed.). Penerbit Adab.

Aprilia, F., Neisya, N., Yanti, C. H., & Syaputri, K. D. (2022). Peningkatan Literasi Menulis Kreatif melalui Gelar Wicara Daring. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 15–23. https://doi.org/10.37640/japd.v2i1.1352

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications Ltd.

Dwitasari, P., Darmawati, N. O., Noordyanto, N., Sittasya, V. A., Zulraniyah, W., Raihanah, F. D., & Karim, A. A. (2020). Penggunaan Metode Observasi Partisipan untuk Mengidentifikasi Permasalahan Operasional Suroboyo Bus Rute Merr-ITS. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 19(2), 53. https://doi.org/10.12962/iptek_desain.v19i2.7943

Habibi, A., Abdur Rahman, A., Shabibur Rahmat, M., & Fuadi Fikri, I. (2023). Analisis Konsep Dasar Program Sekolah Penggerak Kemendikbud Tahun 2022. Journal of Education and Teaching, 2(1).

Heigham, J., & Croker, R. A. (2009). Qualitative Research in Applied Linguistics A Practical Introduction. Palgrave Macmillan.

Helvy Tiana Rosa. (2020). Proses Kreatif Menulis Cerpen Perempuan Pekerja Rumah Tangga. Universitas Negeri Jakarta.

Jamila, S. H. (2023). Komponen Pembelajaran dalam Al-Qur’an dan Hadis. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(1), 45–70. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i1.764

Khan, R. I., & Wulansari, W. (2021). Pengaruh Pemberian Pelatihan Menulis Kreatif Terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Anak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1329

Lincoln, Y. S. , & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Sage Publications.

Mahfudhoh, M., & Nuroh, E. Z. (2024). Pengaruh Cerita Digital Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Semantik, 13(1), 103–114. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i1.p103-114

Mazaya, N. N., & Suliswaningsih, S. (2023). Perancangan Ui/Ux Aplikasi “Dengerin” Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 12(2), 39–49. https://doi.org/10.34010/komputa.v12i2.10157

McVey, D. (2008). Why All Writing is Creative Writing. Innovations in Education and Teaching International, 45(3), 289–294. https://doi.org/10.1080/14703290802176204

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (C. R. Rohidi & Mulyarto, Eds.). Universitas Indonesia.

Mumpuni, A. (2023). Pelatihan Menulis Kreatif melalui Permainan Tebak Cerita Creative Writing Training Through Guessing Story Games. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 81–87. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1008

Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, , 4(1). https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747

Nursalim, M. P., Risnawati, E., & Mubarok, Z. (2020). Penulisan Kreatif (R. B. Triad, Ed.). Unpam Press.

Putriani Lubis, Maria Bintang Hasibuan, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Teori-Teori Belajar dalam Pembelajaran. Intellektika : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 01–18. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i3.1114

Ramli. (2014). Penerapan Metode-Metode Pembelajaran Menulis Di Sma Negeri Sekabupaten Nagan Raya. Metamorfosa Journal, 2(1).

Rusnawati, M. (2022). Komponen-Komponen Dalam Operasional Pendidikan. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i2.18

Sandya Rindi Amida, A. (2023). Kegiatan Kokurikuler Mendukung Pendalaman Materi Siswa di SMA Negeri 1 Jakenan. Kaloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah, 2(2). https://doi.org/10.26877/kaloka.v2i2.15797

Sari, N. I., & Septiani, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Efektif dan Menulis Kreatif pada Siswa SMA di Jakarta. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 149. https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5568

Sukmawati, H. (2021). Komponen-Komponen Kurikulum Dalam Sistem Pembelajaran. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1).

Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283–294. https://doi.org/10.53696/27214834.92

Vedia. (2018). Pembelajaran Menulis Kreatif di Sekolah Alam (Suatu Penelitian Etnografi di Kelas 4 Sekolah Alam Tangerang). Universitas Negeri Jakarta.

Vuri, D. (2016). Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Ilmiah Guru “COPE", 01(20). https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10790

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.

Yarmi, G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Teknik Menulis Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8–16. https://doi.org/10.21009/PIP.281.2

Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2). https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.7666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bagus Sulistio

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)