Representasi Kearifan Lokal dalam Novel Tirai Menurun dan Relevansinya bagi Pelestarian Budaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan enam nilai kearifan lokal dalam novel Tirai Menurun karya N.H. Dini berdasarkan teori Jim Ife dan merelevansikannya dengan pelestarian budaya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif karena mengungkap makna nilai-nilai kearifan lokal dalam sumber data berupa novel Tirai Menurun karya N.H. Dini. Data penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, hingga wacana yang merepresentasikan enam nilai kearifan lokal menurut Jim Ife, yakni pengetahuan lokal, nilai lokal, keterampilan lokal, sumber daya lokal, mekanisme pengambilan keputusan lokal, dan solidaritas kelompok lokal. Data penelitian diperoleh melalui teknik baca dan catat kemudian dianalisis dengan teknik alir serta hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Tirai Menurun merepresentasikan (1) pengetahuan lokal berupa fauna, geografis, dan iklim; (2) nilai lokal berupa nilai sosial, spiritual, dan moral; (3) keterampilan lokal berupa bercocok tanam, menjahit, dan berjualan; (4) sumber daya lokal berupa sumber air, pertanian, kopi, dan cokelat; (5) mekanisme pengambilan keputusan lokal berupa musyawarah dan mufakat;serta (6) solidaritas kelompok lokal berupa kerja sama, kepedulian, dan kebersamaan. Representasi tersebut menunjukkan bahwa sastra dapat menjadi media pelestarian budaya yang menyampaikan nilai-nilai kearifan lokal secara kontekstual dan reflektif. Nilai-nilai kearifan lokal tersebut dapat diaplikasikan melalui integrasi dalam kurikulum pendidikan, pelatihan literasi budaya di sekolah dan komunitas, serta pengembangan media pembelajaran kreatif berbasis cerita lokal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abas, A., Aziz, A., & Awang, A. (2022). A Systematic Review on the Local Wisdom of Indigenous People in Nature Conservation. Sustainability (Switzerland), 14(6), 2–16. https://doi.org/10.3390/su14063415
Afrani, A. Z., Suyatno, & Mulyono. (2024). Pemanfaatan Laman Let’s Read Kategori Cerita Rakyat sebagai Media Pembelajaran Inovatif BIPA Keterampilan Membaca. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 23(2), 146–157.
Alfina, Z. T., Naam, M. F., & Sugiarto, E. (2024). Pertunjukan Wayang Orang-Orangan sebagai Upaya Pelestarian Bahasa Tegalan. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni (JISHS), 2(3), 481–485.
Amin, M., & Ritonga, A. D. (2024). Diversity, Local Wisdom, and Unique Characteristics of Millennials as Capital for Innovative Learning Models: Evidence from North Sumatra, Indonesia. Societies, 14(260), 1–21. https://doi.org/10.3390/soc14120260
Andriana, W. D., Rengganis, R., & Sudikan, S. Y. (2024). Narasi Realisme Magis dalam Novel Mustika Zakar Celeng Karya Adia Puja. Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 22(2), 113–129.
Andriana, W. D., Suyatno, & Mulyono. (2024). Pengenalan Budaya Indonesia Melalui Buku Dongeng Cinta Budaya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing ( BIPA ) Universitas Negeri Surabaya Universitas Negeri Surabaya Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia mengembangkan program Baha. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 53–71.
Arsal, T., Setyowati, D. L., & Hardati, P. (2023). The iN.H.eritance of local wisdom for maintaining peace in multicultural society. Journal of Aggression, Conflict and Peace Research, 15(2), 137–151. https://doi.org/10.1108/JACPR-01-2022-0673
Cahyo, A. A. R., Suyatno, S., & Mulyono, M. (2024). Unsur Kebudayaan dalam Novel Misteri Pantai Mutiara Karya Erlita Pratiwi dan Implikasinya Terhadap Media Pembelajaran BIPA. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1).
Damanik, T., Hutagalung, C. F., Wibowo, D., Tinambunan, I. F., Sigalingging, D. E., & Nababan, R. (2023). Memahami Jati Diri Bangsa: Peran Identitas Nasional dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Politik, 1(2), 111–123. https://doi.org/10.61476/dd9mne77
Ekanasari, N., Fathurohman, I., & Nugraheni, L. (2021). Kearifan Lokal dalam Tradisi Manten Mubeng Gapura di Desa Loram Kulon. Seminar Nasional “Potensi Budaya, Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya untuk Pengembangan Pariwisata dan Industri Kreatif,” 58–64. https://pbsi.umk.ac.id/images/DATAPIBSI43/11naskah.pdf
Erawadi, E., & Setiadi, F. M. (2024). Exploring Religious Harmony Through Dalihan Na Tolu: Local Wisdom in Peacebuilding in Indonesia. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 12(3), 1379–1408. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v12i3.1398
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441
Febrianty, Y., Pitoyo, D., Masri, F. A., Anggreni, M. A., & Abidin, Z. (2023). Peran Kearifan Lokal dalam Membangun Identitas Budaya dan Kebangsaan. El-Hekam: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 168–181.
Hartatik, A., & Pratikno, A. S. (2023). Pudarnya Eksistensi Kesenian Tradisional Ludruk Akibat Globalisasi Budaya. Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan, 12(2), 56–70. https://doi.org/10.26877/civis.v12i2.10623
Hidayat, R. (2022). Peusijuek Sebagai Kearifan Lokal Aceh dalam Menghadapi Globalisasi Budaya. Jipsindo, 09(02), 134–146.
Hilmiyatun. (2025). Nilai- Nilai Kearifan Lokal “Sesenggak” Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Berkarakter. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, 2(6), 318–322. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.14788738
Ife, J. (2002). Community Development. Community Based Alternatif in an of Globalization. Longman is an Imprit of Paperson Education.
Lestari, F. Y., Rokhmawan, T., Aisyah, Rifatul, M., & Amaliah, K. (2024). Revitalisasi Budaya Lisan Legenda Kiai Sepuh Desa Gentong Untuk Meningkatkan Kepekaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(11), 1869–1883. https://ejournal.jurnalpengabdiansosial.com/index.php/jps/article/view/353%0Ahttps://ejournal.jurnalpengabdiansosial.com/index.php/jps/article/download/353/338
Lestari, N., Paidi, & Suyanto, S. (2024). A systematic literature review about local wisdom and sustainability: Contribution and recommendation to science education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 20(2), 1–19. https://doi.org/10.29333/ejmste/14152
Lika, F. A. R., Supratno, H., & Suyatno. (2021). Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Sumba Timur. Jurnal Education and development, 9(1), 294–299.
Lindarto, D., & Harisdani, D. D. (2025). The Local Wisdom of Ruma Bolon Simalungun Supports Environmental Sustainability. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 1452, Nomor 012005, hal. 1–12). https://doi.org/10.1088/1755-1315/1452/1/012005
Maratussholihsh, Z., Sodiq, S., & Inayatillah, F. (2025). Kesalahan Kosakata dan Tata Bahasa Ragam Tulis Mahasiswa BIPA Level 3. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 91–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.4352 Info
Mawarni, I. S., Kamaruddin, S., & Awaru, A. O. T. (2024). Peran Pemuda Dalam Melestarikan Kearifan Lokal Dan Budaya Rambu Solo’ Di Toraja Utara. Edusociata (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 7(1), 560–565. https://doi.org/10.33627/es.v7i1.2042
Mochlasin, & Budiharjo. (2024). Islamic Work Ethics, Local Wisdom, and Spirit of Capitalism: Insight from a Perantau Minangkabau. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 14(2), 289–318. https://doi.org/10.18326/ijims.v14i2.289-318
Muliadi, E., & Asyari, A. (2024). Menggali Kearifan Lokal: Pendidikan Nilai Dalam Permainan Tradisional Suku Sasak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 129–140. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1922
Musthofa, W., & Setiajid. (2021). Peran Kepemimpinan Lembaga Adat Kampung Naga dalam Menjaga Kearifan Lokal Kampung Naga. Unnes Political Science Journal, 5(1), 21–25. https://doi.org/10.15294/upsj.v5i1.44028
Rahmatita, N., Susanto, H., & Sriwati. (2024). Menelisik Sejarah dan Nilai Sosial Budaya dalam Pertunjukan Wayang Kulit Banjar. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 7(1), 103–113. https://doi.org/10.31539/kaganga.v7i1.8179
Srihardini, N. (2019). Tirai Menurun. Gramedia Pustaka Utama.
Suyami, S., Fakhriati, F., Syahrul, N., Ma’rifat, D. F., Sumarno, S., Nurwanti, Y. H., Mumfangati, T., Yusuf, M., Hapsari, P. N. F., & Dewi, T. N. L. (2025). Sawan: Exploring the Knowledge and Wisdom of Javanese Traditional Healing Practices. Cogent Arts and Humanities, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/23311983.2025.2451517
Yolanda, Purnomo, B., & Kurniawanti, M. R. (2024). Nilai-nilai Karakter Tradisi Bersyair dalam Upacara Perkawinan Masyarakat Melayu Teluk Dawan Tanjung Jabung Timur dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sejarah. KRINOK: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi, 3(2), 63–79. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i2.33773
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i2.6782
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wahyu Dian Andriana, Anggoro Abiyyu Ristio Cahyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)