Kesalahan Kosakata dan Tata Bahasa Ragam Tulis Mahasiswa BIPA Level 3

Zuhrotul Maratussholihah, Syamsul Sodiq, Fafi Inayatillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan kosa kata dan tata bahasa pada tulisan pemelajar BIPA level 3 di UNESA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyadian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan kosa kata paling banyak ditemukan dalam penggunaan prefiks yang ditemukan sebanyak enam data. Selain itu, juga ditemukan pada kesalahan penggunaan akhiran sebanyak satu data, konjungsi sebanyak satu data, pemborosan kata sebanyak empat data, kata dasar sebanyak lima data dan kata ulang sebanyak satu data. Adapun kesalahan tata bahasa paling banyak ditemukan pada kesalahan struktur kalimat sebanyak lima data. Terdapat juga pada kesalahan ejaan sebanyak dua data dan tanda baca sebanyak satu data. Hal ini menandakan bahwa pemelajar BIPA level 3 di UNESA membutuhkan pemahaman lebih dalam terkait penggunaan kosakata dan tata bahasa pada keterampilan menulis. Kesalahan penggunaan kosakata dan tata bahasa dapat disebabkan oleh kurangnya pemahaman kosakata dan tata bahasa serta faktor inferensi bahasa pertama pemelajar BIPA.


Keywords


kesalahan, kosakata, tata bahasa, ragam tulis, BIPA, level 3

Full Text:

PDF

References


Agussalim, A., B, Y. S., Risky, A., & Nasir, N. P. W. (2023). Menemu-Kenali Faktor Penyebab Kesalahan Penulisan Bahasa Arab Dalam Tugas Akhir Mahasiswa. Jurnal Ilmu Budaya, 11(1), 45–55.

Anggraeni, E. R., Yanuartuti, S., Juwariyah, A., Yermiandhoko, Y., & Lodra, I. N. (2022). Musik Oklik Bojonegoro Dalam Kajian Etnomusikologi Sebagai Upaya Pelestarian Budaya . Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 6(1), 1–11.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Aripin, A. A. Z. (2023). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dan Penguasaan Tata Bahasa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Jim: Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 2023–6279. Https://Doi.Org/10.24815/Jimps.V8i4.29256

Fadisa, N. M., Febriani, Y., & Rusli, S. M. (2022). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas Viiismpnegeri 30 Tebo. Alinea, 2(2), 314–321.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Farikha, R. N., Suyitno, I., & Widyartono, D. (2024). Materi Bahasa Dan Budayadalam Program Siniar Bahasa Indonesia Bersama Windah Di Spotify. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(1), 306–321.

Iryanto, N. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Sebagai Sistem Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Inovatif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Kurniawan, E., Nizzam, M., Fatikh, M. A., & Rofiq, M. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas Ii Mi Dwi Dasa Warsa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 27–38. Https://Doi.Org/10.54069/Attadrib.V5i1.226

Laia, F. (2022). Kesalahan Tata Bahasa Pada Surat Izin Di Sekolah Yang Ditulis Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Amandraya Tahun Pembelajaran 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 1–8. Https://Jurnal.Uniraya.Ac.Id/Index.Php/Kohesi

Misverani, C. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Kosakata Bahasa Baku Dalam Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Sawit Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nartin, Faturrahman, Deni, A., Santoso, H. Y., & Paharuddin. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Yayasan Cendika Mulia Mandiri.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative.

Nurcaya, Jumadi, Samad, A. G., Muhlis, Kadir, A., & Wahid, A. (2023). Optimalisasi Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karangan Narasi Siswa Di Sma 9 Wajo: Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 9(2), 1583–1600.

Palupi, B. S., Sholihah, H. I., & Permana, D. (2022). Potret Penguasaan Aspek Mekanis Bahasa Indonesia Baku Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan , 6(1), 137–144.

Permatasari, A. N., & Turistiani, T. D. (2022). Kesalahan Berbahasa Dalam Presentasi Sebagai Praktik Berbicara Mahasiswa Bipa Universitas Negeri Surabaya Tahun 2021 . Bapala, 9(9), 33–40.

Prasetya, R. E. (2020). Kesalahan Berbahasa Taksonomi Kategori Linguistik Dan Kompetensi Gramatikal Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(1), 25–33.

Purnamasari, A., & Hartono, W. J. (2023). Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jotika Journal In Education, 2(2), 57–64.

Rahmayati, H. (2022). Pembelajarankosakatabahasa Indonesia Bagi Penutur Asing(Bipa)Level A-1dengan Menggunakanpermainankartu Katadan Kartu Gambar. Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (Apic), 5(2), 12–23.

Sadikin, H., Nugrahni, F., & Suwarto. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping Melalui Keterampilan Menulis Puisi Dalam Interaksi Belajar Mengajar Di Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 7140–7156.

Sa’diyah, I. (2022). Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis Pada Aspek Ejaan, Morfologi, Dan Sintaksis Oleh Peserta Pelatihan Menulislembaga Pengelola Dana Pendidikan (Lpdp). Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya , 8(2), 255–271.

Seriana, Fitri, A., Marina, Nurdiana, & Nasution, J. (2023). Penerapan Kaidah Tata Bahasa Pada Bahan Ajar Bipa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(2), 166–171.

Setyaningsih, A. O. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Dan Morfologi Pada Teks Sinopsis Cerita Karya Siswa Kelas V Sd Negeri Menuran 03 Sukoharjo. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 71–81.

Suharsono. (2024). Praktik Baik Dalam Pengajaran Tata Bahasa Bipa. Sasindo, 12(1), 177–185.

Sulistiyaningsih, R., Ardianingsih, A., & Mardayanti, M. (2023). Analisis Pemahaman Bahasa Inggris: Pengantar Pembelajaran (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Pekalongan). Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (Jurkim), 3(3), 164–181.

Suparman, U. (2020). Bagaimana Mengaalisis Data Kualitatif? Pusaka Media.

Surastina, & Racmasisca, F. M. (2022). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Tiuh Memon Kabupaten Tanggamus. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 4(1), 123–134.

Swari, N. K. D. R., & Wijana, I. D. P. (2023). Kesalahan Bahasa Tulis Pada Karangan Berbahasa Indonesia Karya Pemelajar Bipa Inculs Ugm Tingkat Menengah. Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra, 378–386.

Widia, I. (2021). Jenis Kesalahan Bahasa Indonesia Tulis Pembelajar Asing. Artikulasi, 1(1), 75–84.

Yuliana. (2019). Pengaruh Minat Baca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(3), 288–297.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.4352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Zuhrotul Maratussholihah, Syamsul Sodiq, Fafi Inayatillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)