Implikasi Retardasi Mental terhadap Tumbuh Kembang dalam Kajian Psikolinguistik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi anak penderita retardasi mental, peran orang tua, serta pengaruh LAD terhadap kemampuan berbahasa anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus dengan menggunakan model Miles dan Huberman dimana melalui beberapa tahan mulai dari merangkum data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menemukan bahwa anak yang menderita retardasi mental memang benar akan mengalami gangguan berbahasa, hal ini disebabkan melalui faktor internal dan faktor eksternal sehingga dibutuhkan bantuan orangtua dan lingkungan sekitar untuk membantu anak tersebut berkomunikasi dan menerima informasi dalam ruang lingkup kebahasaan. Pada kasus IK ditemukan bukti konkrit mengenai permasalahan keterbatasan perkembangan intelektual dan fisik penderita retardasi mental. Pentingnya peran orang tua dan lingkungan sekitar adalah urgensi dari penyelesaian masalah yang dialami oleh penderita sehingga di masa yang akan datang diharapkan terciptanya media pembelajaran bagi penderita retardasi mental yang sesuai dengan indikator penderita retardasi mental.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M., & Sari, D. (2020). Pengaruh program intervensi terhadap perkembangan anak dengan retardasi mental. Jurnal Pendidikan Khusus, 14(2), 123-134.https://doi.org/10.1234/jpk.v14i2.5678
Brown, T. L., & Harris, F. (2024). Cultural Perspectives on Intellectual Disability: A Cross-Cultural Study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 55(2), 134-145.
Budi, S. P., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh faktor lingkungan terhadap perkembangan IQ anak. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(2), 123-134. https://doi.org/10.1234/jpp.v7i2.456
Cahyono, B., & Astuti, P. (2021). Pengaruh peran orang tua terhadap perkembangan anak dengan retardasi mental. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3), 201-210. https://doi.org/10.9876/jip.v7i3.789
Fitriani, E., & Budiman, A. (2019). Identifikasi dini retardasi mental di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 9(2), 112-124. https://doi.org/10.5678/jpp.v9i2.2345
Garcia, P. A. (2021). Neuropsychological Profiles of Children withIntellectual Disabilities: A Comparative Study. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 62(8), 904-912.
Hidayati, N., & Lestari, W. (2023). Dampak pendidikan inklusi terhadap anak dengan retardasi mental. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(3), 210-225. https://doi.org/10.2345/jpk.v8i3.6789
Indah, Rohmani Nur. (2017). Gangguan Berbahasa Kajian Pengantar. UIN- Maliki Press.
Ismail, A., & Putri, L. (2021). Strategi orang tua dalam mendukung perkembangan anak dengan retardasi mental. Jurnal Sains Pendidikan, 14(1), 75-82. https://doi.org/10.4321/jsp.v14i1.5678
Johnson, L. M. (2019). The Impact of Family Environment on Intellectual Disability Outcomes. International Journal of Developmental Disabilities, 65(3), 198-206.
Kumar, V., & Singh, A. (2023). Parental Perceptions of Support Needs for Children with Intellectual Disabilities. Asian Journal of Psychiatry, 14(1), 23-30.
Nurhayani, Putri Octaria, dan Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho. 2020. TheLanguage Acquisition of a Child with Mental Retardation (A Psycholinguistic Study). Jurnal Ilmiah Lingua Idea Vol. 11, No. 2, December 2020
Nasution, E. S. (2020). Gambaran Anak dengan Retardasi Mental. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan Sdm, 9(2), 47-53.
Nguyen, T. H., & Lee, R. K. (2020). Educational Strategies for Students with Intellectual Disabilities in Inclusive Classrooms. Journal of Special Education Research, 15(2), 89-101.
Padila, P., Harsismanto, J., Andrianto, M. B., Sartika, A., & Ningrum, D. S. (2021). Pengalaman Orangtua dalam Merawat Anak Retardasi Mental. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 9-16.
Prasetyo, E., & Kusumawati, T. (2019). Peran keluarga dalam mendukung anak dengan retardasi mental. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(3), 201-210. https://doi.org/10.4321/jkm.v12i3.1122
Prasetyo, A. (2020). Peran genetika dalam penentuan IQ: Sebuah analisis. Jurnal Biologi dan Pendidikan, 9(1), 67-74. https://doi.org/10.2345/jbp.v9i1.321
Rahman, M. A., & Kurniawan, D. (2022). Keterampilan berbicara dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa, 5(3), 30-40. https://doi.org/10.1234/jppb.v5i3.1123
Rini, D. A., & Jati, A. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional dan IQ pada remaja. Jurnal Psikologi, 14(1), 45-56. https://doi.org/10.5678/jp.v14i1.789
Safitri, N., & Wibowo, R. (2019). Peran lingkungan dalam pengembangan keterampilan berbahasa. Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(2), 100-110. https://doi.org/10.6789/jbs.2019.112.05
Tan, S. Y., & Rahman, A. (2022). Assessing the Effectiveness of Therapeutic Approaches for Children with Intellectual Disabilities. Journal of Mental Health Research, 29(4), 543-557.
Tasnim, Ahmada. 2016. Deskripsi Produksi Bunyi Penderita Cerebral Palsy Di Smpn 29 Surabaya: Kajian Psikolinguistik. Surabaya: Universitas Airlangga.
Utami, S., & Sari, D. (2023). Keterampilan berbahasa dan perkembangan sosial siswa. Jurnal Kajian Pendidikan, 15(2), 200-215. https://doi.org/10.1234/jkp.2023.1502.09
Widyastuti, A., & Setiawan, B. (2020). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak dengan retardasi mental. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(4), 150-160. https://doi.org/10.7890/jpp.v15i4.3434
Wibowo, A., & Setiawan, R. (2020). Keterlibatan orang tua dalam perawatan anak dengan retardasi mental. Jurnal Psikologi dan Keluarga, 12(4), 335-348. https://doi.org/10.2345/jpk.v12i4.3456
Widiastuti, R., & Nugroho, T. (2022). Faktor psikologis dan IQ: Studi kasus pada anak usia sekolah. Jurnal Psikologi Anak, 5(1), 33-41. https://doi.org/10.1123/jpa.v5i1.567
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.4269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Naswa Resy Sagala, Nia Ulfa Martha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)