Pengenalan Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Melalui Media Visual di Universitas Yale Amerika Serikat
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalkan bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) melalui media visual di Universitas Yale Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang didapatkan menggunakan observasi dalam kelas BIPA di Universitas Yale selama enam kali pertemuan, dan wawancara kepada pengajar Universitas Yale. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini sesuai dengan menggunakan analisis data dari Creswell. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan media visual dalam mengenalkan bahasa Indonesia terbagi menjadi tiga materi yaitu dialog dan percakapan, biodata mahasiswa baik dari Universitas Yale maupun dari mahasiswa Indonesia, dan dampak positif serta negatifnya. Dengan menggunakan dialog dan percakapan, bisa membantu siswa mempelajari materi atau informasi dengan mudah pada penggunaan media pembelajaran berbasis visual yang berfokus pada gambar. Dengan menggunakan biodata sebagai metode pengajaran tersebut berkaitan dengan nama, jurusan, hobi, informasi terkait bahasa, kesukaan, tim/club/organisasi, dan kontak person mahasiswa dapat menarik pembelajaran agar lebih mudah dipahami. Namun, problematika yang dihadapi saat pengajaran tersebut adalah apabila dilaksanakan dengan daring (dalam jaringan) maka akan terkendala sinyal dan metode-metode pembelajaran tersebut tidak dapat ditampilkan dengan maksimal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggaira, A. S. (2023). Indonesian Language Learning Assistance for Foreign Speakers the Indonesian Embassy in Ankara, Turkey. International Journal of Community Engagement Payungi. Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung. Vol.3(1).
Arwansyah, Y. B., Suwandi, S., & Widodo, S. T. (2015). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. ELIC: Education and Language Internasional Conference Proceeding, 1, 915–920.
Azharin, B. (2021). Strategi pembelajaran efektif BIPA untuk kelas pemula. Journal Fascho: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22-31.
Budiana, N., Indrowaty, S. A., Ambarastuti, R. D., Brawijaya, U., Brawijaya, U., & Brawijaya, U. (2018). Pengembangan Buku Teks BIPA Berbasis Multikulturalisme bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. Jpurnal Diglossia. 9(2), 108–122.
Bram, B., Muljani, R., Arin, G., Lasar, E., & Monica, S. (2017). Indonesian dise BIPA for Adults. Sanata Dharma University Press.
Dewi, A. N. (2023). Eksplorasi Pengalaman Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing melalui Konteks Sosial Makanan: Studi Deskriptif Kualitatif. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing ( JBIPA). 5(2), 122–143.
Dahlena, S., & Asnawi, A. (2024). Media Pembelajaran dalam Pengajaran BIPA. Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 74-86.
Faiza, F. S., Erowati, R., (2021). UIN Syarif H. Jakarta. (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Tingkat Pemula. Journal Tabasa: Jurnal Bahasa Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol.2, No.2, Desember.
Gavrila, Z., Puspita, B., Susanto, G., & Andajani, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol.6(5)803–808.
Halawa, S., Bukit, B., Panjaitan, L. D., Nasution, J., & Indonesia, U. P. (2023). Pengaruh Pengajaran Keterampilan Menulis Bagi Pemelajar Bipa Tingkat Pemula. Jurnal Ilmiah Aquinas. 6(1), 48–53.
Isnaini, M. (2016). Pengajaran BIPA Dengan Media Gambar-Tulis Narasi.Prosiding SEMAR (Seminar Kepakaran) BIPA.
Inderasari, E., & Agustina, T. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada mahasiswa asing dalam program BIPA IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 6-15.
Insani Wahyu Mubarok , Pheni Cahya Kartika. Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Android untuk Pembelajaran Bipa Pemula pada Mahasiswa Darmasiswa. (2002). Universitas Muhammadiyah Surabaya Email : insanialam@gmail.com. 19–24.
Kusmiatun, A., Suyitno, I., Hs, W., & Basuki, I. A. (2017). Identifying Features of Indonesian for Speakers of Other Languages ( Bipa ) Learning for Academic Purposes. International Journal of Social Science and Educational Studies. 3(4), 197–207. https://doi.org/10.23918/ijsses.v3i4p197
Kusuma, E. R., Kayati, A. N. (2023). Pola Kesalahan Berbahasa pada Pembelajaran BIPA Program Darmasiswa. Journal Metalingua: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.8, No.1, 18–23.
Lestari, N. M. C. P., Sutama, I. M., & Utama, I. D. G. B. (2018). Pengembangan media pembelajaran visual bagi pebelajar BIPA pemula di undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1).
Made, N., Puspita, C., Sutama, I. M., Gede, I. D., & Utama, B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Bagi Pebelajar BIPA Pemula Di Undiksha. Jurnal Pendiidkan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha.8(2), 86–95.
Maharani, T., & Astuti, E. S. (2018). Pemerolehan bahasa kedua dan pengajaran bahasa dalam pembelajaran. Jurnal Bahasa Lingua Scientia. 10(1), 121–142.
Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas Di Indonesia. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).
Pratiwi, A. (2020). Mengenal Pembelajaran BIPA Berdasarkan Kebutuhan Belajar Pelajar Asing. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Septiana, H., & Ardiyanti, W. N. (2021). Grammatical Errors on BIPA Students ( Indonesian Language for Foreign Speakers ) in Writing Practice for Beginner Level. Internasional Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH).618. 159–162.
Prasetiyo, A. E. (2015). Pengembangan bahan ajar BIPA bermuatan budaya Jawa bagi penutur asing tingkat pemula. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(1).
Susanto, G., & Luciandika, A. (2021). Topik-Topik dalam Buku Ajar BIPA Let’s Speak Indonesian: Ayo Berbahasa Indonesia 1. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(6), 808-824.
Rahmawati, I. Y., Nuraini, N., Arifin, R., Subangun, S., & Nurlianharkah, R. (2023). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) berbasis Budaya Serumpun di Filipina. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 193-200.
Rachman, A. K., Effendi, D. I., Imam, H., Suardana, I. P. O., Rahmawati, I. Y., Febriani, I., & Suyitno, I. (2023). Dimensi Pembelajaran BIPA dalam Berbagai Perspektif.
Siahaan, L., Wiranata, V., Zai, K., Nasution, J., & Medan, U. P. (2023). Keterampilan membaca pada pengajaran bipa menggunakan media digitalisasi. Journal of Science and Social Research.6(1), 160–165.
Suyitno, I. (2014). Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan hasil analisis kebutuhan belajar. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1).
Siagian, E. N. (2020). Kata Berfrekuensi Tinggi dalam Pembelajaran BIPA Pemula. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 188-201.
Sari, R., & Cahyani, D. D. (2020). Pengembangan Buku Ajar BIPA untuk Tingkat Pemula Berbasis Kebutuhan Pembelajar. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 448-455.
Sulaeman, A. (2023). Improving Composition Ability Trought Series Image Media In BIPA Learning To Malay-Indonesia Students Of Hankuk University Of Foreign Studies South Korea. JELL (Journal of English Language and Literature) STIBA-IEC Jakarta, 8(02), 147-156.
Ulumuddin, A., & Wismanto, A. (2014). Bahan ajar Bahasa Indonesia ranah sosial budaya bagi penutur asing (BIPA). Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1 Januari).
Utami, D. A., & Rahmawati, L. E. (2020). Pengembangan Bahan ajar berbasis modul interaktif bagi pemelejar BIPA tingkat A1. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 277-294.
Yahya, M., & Saddhono, K. (2018). Studi Kesalahan Penulisan Kalimat Dalam Karangan Pelajar Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA). Journal DIALEKTIKA: Jurnal bahasa, sastra, dan pendidikan dan sastra Indonesia. 5(1).1-20.
Williyansen, K. E., & Yen, L. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyimak Dengan Media Digital Bagi Pemelajar BIPA. Jurnal Ilmiah Aquinas. Vol.6, No.2, 96–102.
Zamzamy, D. A. (2021). Development Of Multimodal Language Teaching Materials For Indonesian Language For Foreign Speakers ( BIPA ) During Pandemic Time. Internasional Proceedings English Language and Literature Internasional Conference (ELLIC) Preceedings. 4, 21–31.
Zunaidah, A., Amalia, M. N., Sari, C. C., Kusuma, G., & Febrian, Z. (2021). Learning a Foreign Language During a Pandemic : Developing Podcast for Listening Skill of Beginner-Level BIPA Learners. Proceedings Of The 1st UMGESHIC International Seminar on Health, Social, Science and Humanities. 585, 464–474.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v6i2.4199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cahya Mutiara Anisa, Siti Khoirul Bariyah, Ida Yeni Rahmawati, Indriyo Sukmono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)