Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Sosial di Lingkungan SD Al-Baitul Amien 02 Jember

Eno Ayu Damayanti, M. Hafidzulloh SM

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses interaksi di lingkungan SD Al-Baitul Amien 02 Jember. Selain itu penelitian ini juga mengarahkan interaksi tersebut ke arah yang lebih komprehensif dalam hal implikatur kebahasaan yang digunakan selama proses bertutur. Adapun langkah metodologis dalam penelitian ini memafaatkankan prosedur penelitian kualitatif. Proses penelitian ini dilakukan dengan deksripsi terkait interaksi kesantunan berbahasa di lingkungan SD Al-Baitul Amien 02 Jember. Pengambilan dan pengumpulan data melalui tiga tahapan, pertama observasi, dokumentasi, dan transkrip data verbal yang diperoleh dari observasi. Setelah proses pengumpulan data terpenuhi, data tersebut menganalisis lebih kritis dengan pendekatan pragmatik kebahasaan, diantaranya ialah perspektif Geoffrey Leech. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesantunan dalam berbahasa memiliki implikasi terhadap sistem dan ekspresi kebahasaan. Kesantunan berbahasa pada interaksi sosial di lingkungan SD Al-Baitul Amien 02 Jember menemukan adanya tuturan yang diekspresikan dengan kesantunan dan pelanggaran maksim kesantunan secara bersamaan. Ekspresi kebahasaan dalam interaksi dan komunikasi memiliki varian makna. Varian tersebut didasarkan pada implikasi kebahasaan yang menjadi bagian dari proses pemaknaan pada setiap tuturan itu sendiri. Implikasi kebahasaan dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa konstruksi sosial yang berkelindan dalam interaksi.

Keywords


kesantunan berbahasa, implikasi kebahasaan, pragmatik, sd al-baitul amien

References


Asmara, R. (2015). Basa-basi dalam Percakapan Kolokial Berbahasa Jawa Sebagai Penanda Karakter Santun Berbahasa. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(2), 80–95.

Cahyaningrum, F., Andayani, A., & Setiawan, B. (2018). Kesantunan Berbahasa Siswa Dalam Konteks Negosiasi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal pena indonesia, 4(1), 1–23.

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Rineka Cipta.

Darwis, A. (2018). Tindak Tutur Direktif Guru di Lingkungan SMP Negeri 19 Palu: Kajian Pragmatik. Bahasa dan Sastra, 4(2).

Darwis, M. (2018). Politeness Language Analysis in Teenagers Reviewed from Sociolinguistics. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 1(1), 15–22.

Deby Harlia, P. P. (2019). Analisis Kesantunan Berbahasa Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Labuapi. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.

Febriasari, D., & Wijayanti, W. (2018). Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 140–156.

Grice, H. P. (1975). Logic and Conversation, Chapter Syntax and Semantics: Speech Acts. Academic Press.

Kurniadi, F., Hilaliyah, H., & Hapsari, S. N. (2018). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Kesantunan Berbahasa. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7.

Leech, G. N. (2014). The Pragmatics of Politeness. Oxford Studies in Sociolinguis.

Mahmudi, A. G., Irawati, L., & Soleh, D. R. (2021). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berkomunikasi dengan Guru (Kajian Pragmatk). Deiksis, 13(2), 98–109.

Mislikhah, S. (2020). Kesantunan berbahasa. Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285–296.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. http://library.stik-ptik.ac.id/detail?id=7251&lokasi=lokal

Mustofa, F. I. (2021). Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Materi Teks Cerpen Kelas IX SMP Al Falah Surabaya: Tinjauan Pragmatik. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 199–210.

Musyayudah, A. (2017). Analisis Tindak Tutur Direktif Dalam Novel Sabtu Bersama Bapak Karya Adhitya Mulya Kajian Pragmatik Dan Relevansinya Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Smk Kelas XI. Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta.

Neale, S. (1992). Paul Grice and the Philosophy of Language. Linguistics and philosophy, 509–559.

Pramujiono, A., & Nurjati, N. (2017). Guru sebagai Model Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Instruksional di Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan, 2(2).

Prayitno, H. J. (2015). Tindak Kesantunan Berbahasa dalam Dialektika Pembelajaran Pragmatik: Berdaya, Berorientasi, dan Berstrategi Kesantunan Positif. Prasasti: Conference Series, 24–35.

Prayitno, H. J. (2017). Studi Sosiopragmatik. Muhammadiyah University Press.

PURWANTI, P. (2016). Kajian Pragmatik Tindak Tutur Anak Autis Hiperaktif dalam Interaksi di Sekolah, Studi Kasus: Niko dan Kevin [PhD Thesis, Universitas Andalas].

Putradi, A. W. A., & Supriyana, A. (2024). Pragmatik. Bumi Aksara.

Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Erlangga.

Rohmadi, M. (2014). Kajian Pragmatik Percakapan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Paedagogia, 17(1), 53–61.

Room, R. (2013). Konsep Kesantunan Berbahasa dalam Islam. Jurnal Adabiyah, 13(2), 223–234.

Rustono, H. (1999). Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press.

Sampoerno, M. N., & Chaniago, F. (2021). Kesantunan Imperatif dan Strategi Bertutur Guru-Siswa Serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia Prima, 3(1), 92–100.

Sauri, H. S. (2006). Pendidikan Berbahasa Santun. PT Genesindo.

Setiawati, E., & Arista, H. D. (2018). Piranti Pemahaman Komunikasi dalam Wacana Interaksional: Kajian Pragmatik. Universitas Brawijaya Press.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Duta Wacana University Press.

Sulistyo, E. T. (2013). Pragmatik Suatu Kajian Awal. Rineka Cipta.

Wardono, M. S., Santoso, A., & Suyitno, I. (2021). Prinsip Kesantunan Ujaran Berbahasa dalam Interaksi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(11), 1614–1622.

Wijana, P. D., & Putu, D. (1996). Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta. Andi Offset.

Yule, G. (2006). Pragmatik (Terjemahan Indah Fajar Wahyuni). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zamzani, Z. (2007). Kajian Sosiopragmatik. Yogyakarta: Cipta Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v6i2.3769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eno Ayu Damayanti, M. Hafidzulloh SM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)