Nilai Karakter dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi dan Pemanfaatannya sebagai Modul Pembelajaran Novel di Kelas XII SMA

Firda Aulia Rahmah, Emah Khuzaemah, Lilik Herawati

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis nilai karakter novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi. Hasil analisis nilai karakter terhadap novel diimpilikasikan pada modul pembelajaran yang diharapkan bisa diimplementasikan pada pembelajaran. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui simak dan catat. Semiotika Charles Sanders Peirce digunakan sebagai pendekatan penelitian ini. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskripsi analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi kaya akan nilai-nilai karakter.Sepertinilai-nilaireligius,jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, serta tanggung jawab.Karakter-karakter ini tercermin melalui sikap atau perilaku dalam cerita.Hasil analisis ini berimplikasi sebagai modul pembelajaran Novel di kelas XII SMA dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel.

Keywords


modul pembelajaran, novel, nilai karakter, semiotika

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, M. S., & Supratno, H. (2023). Nilai Religi dalam Novel Merindu Cahaya De Amstel Karya Arumi Ekowati (Kajian Sosiologi Sastra). BAPALA, 10(1), 251–260.

Azmi, N., Mukhlis, & Saadiah. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 22–39.

Cindy, C. V. H., Een, E. N., & Slamet, S. T. (2021). Analisis Struktural dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel the Sun of the Rain Karya Viona Prameswari. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendiidkan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 292–299. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.136

Damayanti, N., & Suyatno. (2023). Nilai Kejujuran Anak dalam Novel My Sweet Dream dan Menari di pelangi Karya Yunda. BAPALA, 10(1), 104–115.

Fadhilah, D. N., Munir, S., & Rukaesih, D. (2023). Nilai Karakter dalam Novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia (Pengembangan Bahan Ajar Menganalisis Isi Novel). Jurnal Diksatrasia, 7(2), 335–349.

Harmanti, M. H., Sobari, T., & Abdurrokhman, D. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel “9 Matahari” karya Adenita. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 183–194. https://doi.org/10.22460/p.v3i2p183-194.4642

Hernandi, M. D. (2022). Toleransi Agama yang Direpresentasikan di Novel “Bulan Terbelah Di Langit Amerika.” International Conference on Cultures & Languages (ICCL), 1(1), 720–723.

Jejen, & Setyorini, R. (2023). Analisis Aspek Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Senior Karya Eko Ivano Winata (Kajian Sosiologi Sastra). Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(2), 125–138. https://doi.org/10.58436/jdpbsi.v2i2.1424

Karmila, M., Meliasanti, F., & Sutri. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Tiga Matahari Karya Prito Windiarto. Jurnal Educatio, 7(4), 2067–2075. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1731

Khuzaemah, E. (2018). Penyerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal Babad Cirebon untuk Membina Karakter Mahasiswa Melalui Pembelajaran Menulis Kreatif. Kongres Bahasa Indonesia, 1–15.

Murniasih, S., Yolanda, D. G., & Irma, C. N. (2021). Kajian Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 66–71. https://doi.org/10.31294/w.v12i1

Ngarbingan, E., Hafid, A., & Marzuki, I. (2021). Analisis Karakter Tokoh dan Kandungan Nilai Karakter dalam Novel Anak Sejuta Bintang Karya Akmal Nasery Basral. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 75–88.

Ningsih, W. A., Hawa, M., & Setiyono, J. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Pulang Pergi Karya Tere Liye dan Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran), 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30734/jr.v1i1.2624

Nurgiyantoro, B., & Efendi, A. (2013). Prioritas Penentuan Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sastra Remaja. Cakrawala Pendidikan, 32(3), 382–393.

Pasa, K. O., Rimasi, & Lautama, M. (2023). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(7), 587–594. https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.644

Pratiwi, T. E., & Hidayatullah, S. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Mata dan Rahasia Pulau Gapi Karya Okky Madasari. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 62–81. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i1.1745

Qur’ani, H. B., Anggraini, P., & Widodo, J. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Antares Karya Rweinda. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 100–106. https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6935

Santini, I. G. A. N., Sukadi, & Sendratari, L. P. (2021). Analisis Nilai Karakter pada Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata untuk Pengembangan Materi IPS sebagai Wahana Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 86–97. https://doi.org/10.23887/pips.v5i2.426

Saputri, L. C., & Laeliyah, Y. N. (2020). Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. KLITIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.32585/klitika.v2i2.808

Sari, E., Misnawati, Linarto, L., Poerwadi, P., & Ramadhan, I. Y. (2023). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Si Anak Savana Karya Tere Liye dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 83–107. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.223

Sipayung, N. N. S., Lubis, R. S., Sibagariang, N., & Matanari, R. M. (2019). Analisis Pendidikan Nilai Karakter dalam Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1(1), 18–26. https://doi.org/10.26555/jg.v1i1.1055

Sobari, M., Maspuroh, U., & Rosalina, S. (2022). Analisis Masalah Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sang Penandai Karya Tere Liye dan Pemanfaatannya Sebagai Materi Ajar di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4093–4101. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2580

Soilo, A. G., Iroth, S., & Meruntu, O. S. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Trio Detektif Misteri Kurcaci Gaib” Karya Robert Arthur dan Implikasinya terhadap Pembelajaran di Sekolah. KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Seni, 2(10), 1696–1704. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i10.5589

Vahrunnida. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Terbang” Karya Silvarani. Jurnal Komunitas Bahasa, 8(1), 9–13.

Waningyun, P. P., & Aqilah, S. F. (2022). Analisis Psikologi Sastra Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis. METALINGUA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 25–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i1.14907

Wardani, Y. F., & Suhita, S. (2018). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rindu Karangan Tere Liye: Tinjauan Psikologi Karakter. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 246–274. https://doi.org/10.21009/AKSIS

Yulianto, A., Nuryati, I., & Mufti, A. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 110–124. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i1.2596




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v7i1.3537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Firda Aulia Rahmah, Emah Khuzaemah, Lilik Herawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)