Tanda Feminitas dan Cinta Seorang Ibu dalam Drama Korea Under The Queen’s Umbrella: Analisis Semiotika
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsi tanda feminitas dan cinta seorang ibu dalam Drama Korea Under The Queen’s Umbrella. Metode penelitian yang digunakan, yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika. Sumber data berasal dari Drama Korea Under The Queen’s Umbrella, sementara data penelitian berupa tangkapan layar yang mengandung tanda feminitas dan cinta seorang ibu. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa tanda feminitas ditunjukkan ideologi Ratu mendukung pendapat Raja dan upaya Ratu memberi masukan pada saat Raja mengalami kebimbangan. Adapun tanda cinta seorang Ibu ditunjukkan dalam hal pendidikan, kesehatan, sosial, dan psikologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghniyaa, R. R., & Esther, R. (2023). Femininity, Masculinity, Patriarchal Domination: Representation of Gender Relations in Television Drama “From Five To Nine” “From Five To Nine.” Jurnal Kata : Penelitian Tentang Ilmu Bahasa Dan Sastra , 7(1). https://doi.org/10.22216/kata.v7i1.2252
Febriyanti, D., Ramdhani, M., & Lubis, F. M. (2020). Representasi peran Ibu dalam film Ibu Maafkan Aku. ProTVF, 4(1), 105. https://doi.org/10.24198/ptvf.v4i1.24193
Fiske, J. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Ketiga. Raja Grafindo Persada.
Iroth, S., & Suparno, D. (2023). The existence of women in korean drama Genre films with a semiotic approach by Charles Sanders Pierce. YMER Journal, 22(05), 1650–1666. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/71180%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/71180/1/YMER2205FE.pdf
Josephine Elvira, Dwi Setyo Riani, Irma Rasita Gloria Barus, & Ira Resmayasari. (2022). Women Self-Image on Ji Sun Woo’S Character in Korean Drama ”the World of the Married”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(1), 40–44. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i1.126
Lida, U. M. (2022). Idiom dalam Novel Supernova Episode : Gelombang Karya Dee Lestari. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 122–132. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2.43554
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.
Nawawi, M. I., Anisa, N., Syah, N. M., Risqul, M., Azisah, A., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh Tayangan K-Drama (Korean Drama) terhadap Motivasi Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4439–4447. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1201
Nurpadillah, V., Lida, U. M., & Eliya, I. (2020). Kontribusi Sastra Siber terhadap Pembelajaran Menulis Teks Sastra bagi Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia. In M. Ekawati (Ed.), Fenomena Bahasa dan Sastra di Masa Instabilitas Global (pp. 31–52). Pustaka Rumah Cinta.
Oktavia, L., Sumanti, S. T., & Rozi, F. (2022). Women’s Representation In The Korea Drama “It’s Okay, That’s Love”(Semiotics Analysis Study). International Journal of Cultural and Social Science, 3(2), 465–470.
Qorib, F., & Fitri, O. (2023). Fenomena dan Pandangan Pria dalam Menonton Drama Korea. Indonesian Social Science Review (ISSR), 1(1), 75–86.
Ryu, S. K. (2020). A Field Study on the Acceptance Characteristics of Korean Drama by Thailand Viewers. Asia-Pacific Journal of Convergent Research Interchange, 6(4), 33–46. https://doi.org/10.21742/apjcri.2020.04.04
Safira, R. (2022). Analisis Semiotika Kekerasan Dalam Film Drama Korea The Penthouse: War In Life I. Communication & Social Media, 2(1), 7–13. https://doi.org/10.57251/csm.v2i1.465
Singh, K. (2021). Women in popular Korean drama: In need of embracing “Cyborg” feminism. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 12(5), 1–7. https://doi.org/10.21659/RUPKATHA.V12N5.RIOC1S12N4
Siregar, N., Br Perangin Angin, A., & Mono, U. (2021). IDEAS Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature The Cultural Effect of Popular Korean Drama: Squid Game. 9(2), 445–451. https://doi.org/10.24256/ideas.v912.2341
Yusanta, D. A. (2019). Fluiditas Maskulinitas dan Feminitas dalam Boyband K-Pop sebagai Produk Industri Budaya. Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 9(2), 205. https://doi.org/10.15548/jk.v9i2.294
Allen, G. (2011). Intertextuality (The New Critical Idiom) (2nd ed.). Routledge.
Bordwell, D.&Thompson, K. (2013). File Art: An Introduction. NewYork: McGraw Hill.
Peirce, C.S., (1955). Philosophical Writings of Peirce. Selected and Edited with an Introoduction by Justus Buchler. New York: Dover Publication.
Freytag, G. (1900). Freytag’s technique of the drama: An exposition of dramatic composition and art .(EJ MacEwan, Trans.). Chicago: Scott, Foresman and Company, LCCN. Walt Disney. (1991). Beauty and the beast.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v6i1.3315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sainee Tamphu, Ulfah Mey Lida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)