Nilai Multikultural dan Kelayakan Isi Cerpen ruangsastra.com Bulan Januari 2023 sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra SMP

Laili Ayu Ramadhani, U'um Qomariyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai multikultural dan kelayakan isi dalam cerpen ruangsastra.com bulan Januari 2023 sebagai alternatif bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif. Total cerpen yang ada adalah 63 cerpen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa terdapat 10 cerpen di ruangsastra.com bulan Januari yang memuat nilai multikultural. Dari 10 cerpen itu, hanya 9 yang memenuhi kelayakan isi untuk dijadikan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan pendidik dalam mengajar Sastra Indonesia di sekolah. Tidak hanya itu, penelitian ini juga bisa digunakan sebagai sebuah sumber referensi dalam pengajaran sastra di SMP yang memuat nilai multikultural.

Keywords


cerpen, kelayakan isi, nilai multikultural, ruangsastra.com.

Full Text:

PDF

References


Affandi, Idrus. (2017). Teori dan Konsep dalam Konteks Pendidikan Politik. Bandung: Sinar Baru Harapan.

Aritonang, M. D. (2017). Pengaruh Latar Budaya Terhadap Penggunaan Bahasa Dalam Antologi Cerpen Kolecer Dan Hari Raya Hantu. J. Ketatabahasaan dan Kesusastraan: LOA, 12(1), 79 – 88.

Baidhawy. (2005). Pendidikan Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga.

Barbari, P. (2023). A Literature Review Of Children’s And Youth’s Conceptions Of The Internet. International Journal of Child-Computer Interaction, 37(2), 1 – 18.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Pelajaran. Jakarta: Depdikbud Press.

Frandika. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Trilogi Novel Inspirasi Dahlan Iskan. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta.

Faozi & Qomariyah, U. (2020). Nilai Moral pada Antologi Cerpen “Kasur Tanah” (Cerpen Pilihan Kompas 2017) dan Kelayakannya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA/ MA. J. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 49 – 57.

Lestari, A. E. (2012). Analisis Kebutuhan tentang Nilai-Nilai Kebhinekaan dalam Pendidikan Multikultural (Studi Pada Para Siswa SMP Yayasan Insan Mandiri se-Bali). J. Penelitian dan Evaluasi Indonesia, 2(1), 1 – 13.

Mulia, T. & Qomariyah, U. (2023). Kelayakan Novel Burlian Karya Tere Liye sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sastra bagi Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Muslich. (2016). Text Book. Jogjakarta: AR-Russ Media.

Nugroho, L. D. (2019). Analisis Nilai Moral pada Cerpen Surat Kabar Suara Merdeka Edisi Bulan Oktober sampai Desember 2017 sebagai Alternatif Bahan Ajar SMA Kelas XI. J. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 8(2), 115 – 119.

Nurgiyantoro,Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.

Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018. https://jdih.kemdikbud.go.id/

Puspitaningrum, D. A. (2023). The Effect of Pop Up Book Learning Media on Student’s Understanding about Multikultural Education in Growing Tolerance Value. AIP Conference Proceeding, 2679(1).

Putri, S. (2016). Analisis Teks Cerpen dan Kelayakannya pada Surat Kabar Tempo Edisi Jul-Sept 2014 sebagai Alternatif Bahan Ajar untuk Siswa SMA. Jurnal Basastra, 2(2).

Qomariyah, U. (2022). Sastra Bandingan: Kajian Teorits, Eksploratis, dan Metodologis. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Sundari, R. P. (2016). Analisis Teks Cerpen dan Kelayakannya pada Surat Kabar Tempo Edisi Jul-Sept 2014 sebagai Alternatif Bahan Ajar untuk Siswa SMA. Skripsi. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Safdar, S. (2023). A Critical Review Of Multiculturalism And Interculturalism As Integration Frameworks: The case of Canada. International Journal of Intercultural Relations, Vol 93.

Saleh, A. (2015). Multicultural Educational Values In The Film 'Entre Les Murs' Content Analysis Research. International Journal of Linguistics, Literature, and Translation, 234(2).

Sepdiani. (2018). Analisis Struktural dan Nilai Moral dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur” Karya Hasta Indriyana. J. Parole, 1(2), 101 – 114.

Triani. (2018). Analisis Pengaruh Keberagaman Dewan Komisaris dan Struktur Kepemilikan Perusahaan terhadap Kualitas Pengungkapan Corporate Social Responsibility. J. Ilmiah ASET, 20(1).

Yanti, E. E. (2015). Moralitas yang Terkandung dalam Kumpulan Cerpen Senja dan Cinta yang Berdarah Karya Seno Gumira Ajidarma Kajian Semiotika Sebagai Materi Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Tesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v6i1.3307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Laili Ayu Ramadhani, U'um Qomariyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)