Melatih Keterampilan Komunikasi Siswa melalui Model STEAM dalam Materi Teks Prosedur Bahasa Indonesia
Abstract
Keterampilan siswa dalam berkomunikasi dan menyampaikan ide-ide ilmiah perlu ditingkatkan mengingat perkembangan informasi sangat pesat. Siswa yang tidak mengikuti perkembangan teknologi informasi akan tertinggal karena salah satu sumber ilmu pengetahuan saat ini didapatkan melalui teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji suatu pendekatan dalam pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu yaitu Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika yang berada dalam satu pendekatan pembelajaran yang disebut STEAM untuk keterampilan komunikasi sebagai salah satu keterampilan abad 21. subjek penelitian tersebut adalah siswa MTs Garut di Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah metode mix dengan status matching, untuk memahami suatu fenomena yang sedang dipelajari. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STEAM berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa karena model ini dapat membantu mereka menganalisis sebuah teks secara kritis dan mampu merencanakan sebuah kegiatan pameran yang menampilkan proyek hasil karya mereka sendiri.
Keywords
References
Arsy, Indah, dan Syamsulrizal Syamsulrizal. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics) terhadap Kreativitas Peserta Didik. Biolearning Journal 8(1):24–26. doi: 10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019.
Bush, Sarah B., dan Kristin L. Cook. (2019). Step into STEAM, Grades K-5: Your Standards-Based Action Plan for Deepening Mathematics and Science Learning. London: Corwin Press.
Cheung, Christy M. K., & Dimple R. Thadani. (2012). The Impact of Electronic Word-of-Mouth Communication: A Literature Analysis and Integrative Model. Decision Support Systems 54(1):461–70. doi: 10.1016/j.dss.2012.06.008.
Devi, Paramita Candra, Yusak Hudiyono, and Widyatmike Gede Mulawarman. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas Xi Sma Negeri 1 Samarinda. Diglosia 1(2):101–13. doi: https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.13.
Faiz, Fahruddin. (2012). Thinking Skill Pengantar Menuju Berpikir Kritis. Suka Press.
Haris, Muhammad. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan 1(1):33–41. doi: 10.55352/mudir.v1i1.4.
Hoffman, Michael, & Moshe Mittelman. (2004). Presentations at Professional Meetings: Notes, Suggestions and Tips for Speakers. European Journal of Internal Medicine 15(6):358–63. doi: 10.1016/j.ejim.2004.07.007.
How, Meng-Leong, & Wei L. Hung. (2019). Educing AI-Thinking in Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) Education. Education Sciences 9(3). doi: 10.3390/educsci9030184.
Marpaung, Dortiana. (2018). Penerapan Metode Diskusi dan Presentasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa di Kelas Xi Ips-1 Sma Negeri 1 Bagan Sinembah.” School Education Journal Pgsd Fip Unimed 8(4):360–68. doi: 10.24114/sejpgsd.v8i4.11375.
Masnun, Muh Ali, Mahendra Wardhana, Dita Perwitasari, Intan Lovisonnya, & Astrid Amidiaputri Hasyyati. (2021). Politik Hukum Penguasaan Teknologi di Indonesia. Number 16(2). doi: 10.15294/pandecta.v16i2.31458.
Mohd Hawari, Ahmad Dasuki, & Azlin Iryani Mohd Noor. (2020). Project Based Learning Pedagogical Design in STEAM Art Education. Asian Journal of University Education 16(3):102. doi: 10.24191/ajue.v16i3.11072.
Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Remaja Rosdakarya. Jakarta: Rosdakarya Inter Komunika, Stikom InterStudi.
Musa, Faridah, Norlaila Mufti, Rozmel Abdul Latiff, & Maryam Mohamed Amin. (2012). Project-Based Learning (PjBL): Inculcating Soft Skills in 21st Century orkplace.” Universiti Kebangsaan Malaysia Teaching and Learning Congress 2011, Volume I, December 17 – 20 2011, Pulau Pinang MALAYSIA 59:565–73. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.315.
Oktaviani, Via Arti. (2020). Meningatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematics) Berbasis Daring. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 5(2):139–49. doi: 10.26618/jkpd.v5i2.3677.
Rosalin, Elin. (2008). Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Karsa Mandiri Persad.
Santika, I. Gusti Ngurah. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah dalam Bidang Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development 9(2):369–77. doi: 10.37081/ed.v9i2.2500.
Sari, Pita Nirmala, Jumadi, & Arta kayanti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Math) untuk Penguatan Literasi-Numerasi Siswa. Jurnal Abdimas Indonesia 1(2):89–96. doi: 10.53769/jai.v1i2.90.
Siregar, Zakaria, & Topan Bilardo Marpaung. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) 3(1):61–69. doi: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041.
Soleh, Dariyo. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 6(2):137–43. doi: 10.51169/ideguru.v6i2.239.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tahir, Wahid. (2017). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Inspiratif Pendidikan 6(1):1. doi: 10.24252/ip.v6i1.3578.
Thalib, Mohamad Anwar. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles dan Huberman untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah 5(1):23–33. doi: 10.30603/md.v5i1.2581.
Trilling, Bernie, and Charles Fadel. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons.
Trisnawati, Winda Winda, & Arini Kumala Sari. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4c (Collaboration, Communication, Critical Thinking, And Creativity). Jurnal Muara Pendidikan 4(2):455–66. doi: 10.52060/mp.v4i2.179.
Wilsa, Asrizal Wahdan, Sri Mulyani Endang Susilowati, & Enni Suwarsi Rahayu. (2017). Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa. Journal of Innovative Science Education 6(1):129–38. doi: 10.15294/JISE.V6I1.17072.
Yahya, Kurnia, & Musdalifah Thamrin. (2022). Pemanfaatan Teknologi Camtasia untuk Teknik Presentasi pada SMAN 5 Bone. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(4):2253. doi: 10.31764/jpmb.v6i4.11086.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i2.3255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yeti Heryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)