Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Pamekasan

Kusyairi Kusyairi, M. Khoiri, Sahrullah Sahrullah

Abstract


Keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia salah satunya ditentukan oleh model pembelajaran yang digunakan guru. Dalam hal ini model yang dipilih adalah model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar, respon, dan peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 3 SMAN 4  Pamekasan pada pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran CIRC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan model pembelajaran CIRC mencakup pembentukan kelompok secara heterogen, pemberian biografi tokoh, dilanjutkan dengan siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok serta menanggapinya, mempresentasikan hasil kerja kelompok, terakhir guru membuat kesimpulan dari keseluruhan kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan model CIRC dapat meningkatkan aktivitas belajar dari 37 siswa (siklus I) menjadi 43 siswa (siklus II), (2) respon siswa terhadap model pembelajaran CIRC mengalami peningkatan yaitu 12 siswa menjadi 26 siswa menjawab ya, dan (3) hasil tes belajar siswa juga meningkat dari 61,5 % (siklus I) menjadi 75,3 (siklus II).

Keywords


model pembelajaran, circ, kemampuan membaca

Full Text:

PDF PDF

References


Alsa, A., Hidayatullah, A. P., & Hardianti, A. (2021). Strategi belajar kognitif sebagai mediator peran motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Gadjah Mada Journal of …. https://journal.ugm.ac.id/gamajop/article/view/62623

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017.

Ashari, C. (2018). Pola Interaksi Edukatif Dalam Proses Belajar-Mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman Di Widodaren Ngawi Kelas X. 1–66.

Cahyaningrum, F., Andayani, A., & Saddhono, K. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Melalui Model Think Pair Share dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X-10 SMA Negeri Kebakkramat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 44–55. https://doi.org/10.24832/JPNK.V3I1.605

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118.

Khasanah, B. A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Compotition) Pada Kemampuan Pemecahan Masalah. JURNAL E-DuMath, 2(1).

Khoiri, M., & Kusyairi. (2021). Development of Madura Language Learning Media Junior High School Levels in Pamekasan. FIKROTUNA, 14(02), 2. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/5160

Khoiri, M., & Kusyairi. (2019). Penilaian Bahan Ajar Bahasa Madura Tingkat SMP. International Proceedings: 3rd International Seminar on Language, Literature, Art, and Culture (ISLLAC) International Seminar on Language, Literature, Art, and Culture (ISLLAC), 5–6. https://drive.google.com/file/d/1V-sXPyBtMSwA3t9LglEYE9Qji6F_g_X6/view

Kusyairi, & Khoiri, M. (2021). Evaluasi Media Pembelajaran Bahasa Madura Tingkat SMA. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 2(0), 2020. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/senamu/article/view/4161

Nihayah, S. Z. (2019). Pengaruh Penggunaan Model CIRC Berbantu Media Cetak Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Peserta Didik Kelas IV MI Darul Falah Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.

Siregar, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas X SMA Kampus FKIP Pematangsiantar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 288–296. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.3207

Sulistiyono, S. (2012). Pengembangan LKS Sains Dalam Seting Poe (Predict, Observe, Explain) Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa SMP. Jurnal Perspektif Pendidikan, 5(1), 50–71.

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada.

Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331

Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2020). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 43, 22–34.

Wardani, S. R., Fuady, A., & Andayani, A. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas X SMK. Jurnal BASASTRA, 4(1), 168182. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/9981

Wardini, R. R. (2018). Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah, 6(1).

Yusuf, A. M. (2005). Metodologi Penelitian. UNP Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i2.3251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kusyairi Kusyairi, M. Khoiri, Sahrullah Sahrullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)