Pemanfaatan Youtube pada Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Bermuatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Hafizah Hafizah, Ninuk Lustyantie, Ifan Iskandar

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi membuat kegiatan pembelajaran sangat bergantung pada pemanfaatan teknologi digital. Meskipun sudah memasuki pascapandemi, teknologi digital tetap terus digunakan, salah satunya adalah Youtube. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan 1) pemanfaatan media Youtube dalam pembelajaran menyimak cerita pendek bermuatan pendidikan karakter, 2) kemampuan menyimak cerita pendek bermuatan pendidikan karakter menggunakan media Youtube, 3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran menyimak cerita pendek bermuatan pendidikan karakter menggunakan media Youtube. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes menyimak cerita pendek. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VI SDN Babelan Kota 06, Kabupaten Bekasi. Data dianalisis dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini pembelajaran menyimak cerita pendek bermuatan pendidikan karakter memanfaatkan media Youtube sudah berjalan dengan baik. Selain itu, kemampuan menyimak cerita pendek siswa terdiri dari 25% berada pada kategori sangat baik, 53,6% berapa pada kategori baik, 14,3% pada kategori cukup, dan 7,1% berada pada kategori kurang, dan tidak ada yang berada pada kategori sangat kurang. Terdapat faktor pendukung pemanfaatan media Youtube bermuatan pendidikan karakter berupa visualisasi Youtube yang menarik, sebagai sumber belajar yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, dan memberi variasi   dalam penggunaan media pembelajaran. Adapun faktor penghambat berupa minimnya ketersediaan jumlah LCD proyektor dan speaker, jangkauan wifi terbatas, dan kendala teknis berupa listrik mati.


Keywords


media youtube, menyimak cerpen, pendidikan karakter

Full Text:

PDF PDF

References


Degner, M., Moser, S., & Lewalter, D. (2022). Digital media in institutional informal learning places: A systematic literature review. Computers and Education Open, 3(December 2021), 100068. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100068

Eka, R. R., Mukhlis, N. A., & Laila, I. (2019). Implementation of Character-Based Listening Skills Through Indonesian Language Learning. Sebasa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).

Elpana, Riswandi, & Fitriawan, H. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Penggunaan Platform Pembelajaran Untuk Peningkatan Mutu Blended Learning Pasca Pandemi Covid-19. JEMS: Jurnal Edukasi …, 10(2), 221–231. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12131

Ernawati, N., & Rasna, I. (2020). Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa, 9(2), 103–112.

Hafizah, Putri, F. D. C., Widiansyah, A., & Farhana, H. (2021). The Increasing of Scientific Writing Skills Through a Heutagogy Approach in Indonesian Higher Education. International Journal of Teaching and Education, 5(2), 29--36.

Kamhar, M. Y., & Erma, L. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. INTELIGENSI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1--7.

Kosasih, D. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Lustyantie, N., & Jakarta, U. N. (2015). Morality in Cultural Elements in Fairytale and Its Implication in Learning French. 1(1), 1–10.

Luthfiah, J., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Dongeng Melalui Media Digital Youtube dan Zoom Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Selama Masa Pandemi COVID-19 di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto. Jurnal Golden Age, 5(2), 365–377.

Malik, R., & Nurhadi, J. (2023). Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Anak Menggunakan Algoritma Aplikasi Tiktok, Instagram Reels, dan Youtube Shorts. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 119. https://doi.org/10.29300/disastra.v5i1.8123

Munir, M., & Rokhmah, U. N. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Anak Channel Youtube Nussa Official. Al-Mudarris Journal of Education, 3(1), 56--65.

Nababan, R., Purba, G. H., Naiborhu, M., Susanto, I., Bety, C. F., Zai, E., & Revania, S. (2022). Pemanfaatan Teknologi Untuk Proses Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Sekolah Dasar Di Kelurahan Sidikalang Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. PKM Maju UDA, 3(1), 43. https://doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v3i1.1622

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Ramadan, E., & Triwahyuni, H. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menyimak Dongeng Berbasis Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Sunda pada Masa Pandemi. Indonesian Journal of Science, 1(1), 130–138. http://www.jurnal.pusatsains.com/index.php/jsi/article/view/16

Ridwan, A., Firmansyah, M. B., & Rosyidah, I. (2021). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Sastra di Era Digital. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasioanal, 1, 381--394.

Samosir, F. T., Pitasari, D. N., & Tjahjono, P. E. (2018). Open access under Creative Commons Attribution-Non Commercial-Share A like 4.0 International Licence (CC-BY-SA) Record and Library Journal The Effectiveness of Youtube as a Student Learning Media (Study at the Faculty of Social and Political Sciences, Uni. Record and Library Journal, 4(2), 81–91. https://e-journal.unair.ac.id/index.php/RLJ

Sucipto, T. A. (2022). Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal SNATI, 1(2), 32–39.

Sugiarto, E. (2013). Cara Mudah Menulis Pantun, Puisi, dan Cerpen. Yogyakarta: Khitah Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suranti, Purwanto, W. E., Isdiyanti, S., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Bahasa Indonesia Keterampilan Menyimak Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SD Juara Tahun 2020 Tema Berbagai Pekerjaan. Eprints Uad, 167–176.

Tarigan, H. G. (2015). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i2.3250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hafizah Hafizah, Ninuk Lustyantie, Ifan Iskandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)