Pelestarian Pariwisata Laut Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Teks Deskriptif untuk Siswa Kelas VII SMP di Sampang Madura
Abstract
Pelestarian pariwisata laut sangat diperlukan sebagai salah satu bentuk bakti manusia terhadap alam. Salah satu upayanya dapat dilakukan melalui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis pelestarian pariwisata laut di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan pembelajaran media interaktif wisata laut pada materi teks deskripsi serta respon siswa. Metode penelitian menggunakan Metode Penelitian dan pengembangan (R&D) untuk mengembangkan media pembelajaran. Pelestarian wisata bertempat di Pulau Mandangin Sampang, dengan harapan sekolah menengah pertama di sana akan berkembang lebih pesat. Hasil uji coba penggunaan media pembelajaran interaktif dapat dikatakan bahwa 35 siswa SMPN 5 Sampang kelas VII lebih menyukai dan mudah dalam memahami materi ketika menggunakan media pembelajaran power point. Simpulannya yaitu pada uji coba terbatas menyatakan hasil masih belum memuaskan serta memerlukan perbaikan di bagian tertentu. Sedangkan pada uji coba luas menyatakan hasil sudah memuaskan sehingga boleh dilanjutkan ke tahap selanjutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Faisal, dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0”, Makassar:Tohar Media.
Batubara, Hamdan Husein, Mohamad Syarif Sumantri dan Arita Marini. (2023). Media Pembelajaran Komprehensif, Semarang: Graha Edu.
Darmayanti, Nani, Adi Abdul Somad dan Nurul Hidayati. (2007). Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Semenjana (Kelas X), Bandung: Grafindo Media Pratama.
Devega, Army Trilidia. (2022). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android, Batam: Batam Publisher.
Ferdiansyah, Handy, dkk. (2022). Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (Sebuah Pengembangan Media pada Sekolah Kejuruan), Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Husamah, dkk. (2019). Pengantar Pendidikan, Cetakan kedua, Malang: UMM Press.
Ismoyo, Tejo. (2021). Monograf: Implementasi Model Pakem Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha (PAD), Cetakan 1, Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Isrok'atun dan Amelia Rosmala, (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika, Cetakan 1, Jakarta: Bumi Aksara.
Judrah, Muh, (2014). Fungsi-Fungsi Pendidikan dalam Hidup dan Kehidupan Manusia, Jurnal Al-Qalam: Kajian Islam dan Pendidikan, Volume 6, Nomor 1.
Khatimah, Husnul, (2018). Posisi dan Peran Media dalam Kehidupan Masyarakat”, Jurnal Tasâmuh, Volume 16, Nomor 1, Desember.
Khoerunnisa, Elis, dkk. (2019). Super Complete SMP/MTS 7,8,9, Cetakan 1, Depok: Sahabat Pelajar Cerdas.
Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat, Cetakan Ke-1, Jakarta: Kencana.
Lestari, Novia. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lekeisya.
Octavia, Shilphy A. (2020). Model-Model Pembelajaran, Cetakan 1, Yogyakarta: Depublish.
Rahman BP, Abd, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan, Jurnal Al Urwatul Wutsqa, Volume 2, Nomor 1, Juni.
Riyana, Cepy. (2012). Media Pembelajaran, Cetakan Ke-2, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Rustam, Efendy Rasyid, dkk. (2022). Buku Ajar Pengantar Pendidikan, Cetakan 1, Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Sairah, dkk. (2022). Perkembangan Peserta Didik, Cetakan 1, Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.
Solikah, Halimatus, (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020, Jurnal Bapala, Volume 7, Nomor 3, Juni.
Yunianto, Eko Fajar, A. Noor Fatirul dan Atiqoh, (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Power Point pada Belajar Menulis Geguritan (Puisi Jawa) Siswa SMP Negeri 7 Probolinggo”, Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Volume 10, Nomor 3.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i2.3235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ersa Alami, Sri Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)