Preliminary Study on the Development of Sigil E-Book Media in Improving Language Skills with Character Education
Abstract
Pengembangkan media e-book Sigil yang dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa pada siswa kelas IV SD diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berbahasa. Pada artikel ini akan menjelaskan beberapa penemuan studi pendahuluan yang dilakukan untuk pengembangan media e-book Sigil yang digunakan dalam pembelajaran bahasa pada siswa kelas IV SD. Model penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Studi lapangan yang dilakukan adalah mencari informasi tentang kebutuhan pengembangan sumber belajar Bahasa Indonesia. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi dasar pengembangan media e-book Sigil yang digunakan dalam pembelajaran bahasa pada siswa kelas IV SD untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berbahasa pada siswa. E-book lebih dipilih daripada buku cetak dengan alasan lebih praktis dan ekonomis sehingga dapat menarik minat siswa terhadap bacaan serta dapat dimanfaatkan sebagai media yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa. Nilai-nilai karakter dapat disisipkan dalam media e-book Sigil tersebut.
Keywords
References
Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769–776. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.498
Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software dengan Pendekatan Saitifik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300
Anggita, A. D., Purnamasari, I., & Rais, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menyimpang pada Anak Usia Sekolah Dasar Di SD Negeri Pleburan 03 Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.43951
Borg, & Gall. (2003). Educational research: An introduction. Pearson education.
Fitri, A., & Eliyasni, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Elektronik Menggunakan Sigil Pada Tema 8 Di Kelas IV SDN 16 Payakumbuh. Journal of Basic Education Studies, 4(1).
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan(Research and Development). Literasi Nusantara Abadi.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981.
Khawani, A., & Prastowo, A. (2021). Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. WANIAMBEY: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 161–170. https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2.188.
Magdalena, Shafani, & Ramadhani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SDN Dukuh 3. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 358–367.
Munandar, R. R., Cahyani, R., & Fadilah, E. (2021). Pengembangan E-Modul Sigil Software Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19: (Development of Sigil Software E-Modules to Improve Student Learning Outcomes During The Covid-19 Pandemic). BIODIK, 7(4), 191–202. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.15204.
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832.
Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853.
Nisa, A. F., & Khosiyono, B. H. C. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional SENSASEDA, 1, 137–148.
Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih. (2020). The Teachings of Ki Hadjar Dewantara in Improving the Character of Elementary School Students in the Revolution of Industry 4.0 Era*. Proceedings of the International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019), 401. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.010.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. (n.d.). Presiden Republik Indonesia.
Rustaman, A. H., Iqbal, M., & Amelia, W. (2019). Pengembangan Modul Digital Praktikum Komputer Grafis 1 Dalam Format Elektonik Publication (EPUB) Untuk Meningkatkan Pemahaman Teknik Grafis Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Topik: Digital Imaging). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v3i1.647.
Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R & D(Research and Development). Literasi Nusantara Abadi.
Sukmadinata, N. S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Suwandi, S. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Industri 4.0. Remaja Rosdakarya.
Wulandari, D., Rochmiyati, S., Nuryani, E., Khosiyono, B. H. C., & Febriarti, G. N. (2022). The Implementation of Interactive Multimedia for the First-grade Beginning Readers of Elementary School. Tamansiswa International Journal in Education and Science, 3(2), 47–53.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i1.3232
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Anik Dwi Nurmawati, Siti Rochmiyati, Banun Havifah Cahyo Khosiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)
