Representasi Campur Kode pada Mahasiswa STKIP Singkawang Kalimantan Barat: Kajian Sosiolinguistik

Heru Susanto, Nurhannah Widianti, Fitri Fitri, Sri Mulyani

Abstract


Peristiwa campur kode yang terjadi pada mahasiswa STKIP Singkawang terjadi karena latar belakang yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud campur kode dalam peristiwa tutur informal mahasiswa STKIP Singkawang dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini, yakni penggalan tuturan pada peristiwa tutur informal mahasiswa STKIP Singkawang. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa STKIP pada ranah informal. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan translasional. Hasil penelitian mengenai peristiwa campur kode, yakni campur kode berwujud kata, frasa, klausa, perulangan kata, dan baster. Faktor penyebab terjadinya campur kode tersebut adalah identifikasi peranan dan identifikasi ragam.


Keywords


Representasi, Campur Kode, Sosiolinguistik, Mahasiswa

Full Text:

PDF PDF

References


Amri, Y. K. (2019). Alih kode dan campur kode pada media sosial. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (Vol. 2, pp. 149-154). FBS Unimed Press.

Andayani, S. (2019). Penyebab Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Peristiwa Tutur Mahasiswa Jepang Di Indonesia. Jurnal Budaya Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1-22.

A. N., Kuswardono, S., & Qutni, D. (2019). Alih Kode, Campur Kode, dan Perubahan Makna pada Integrasi Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia di Film "Sang Kiai" (Analisis Sosiolinguistik). Journal of Arabic Learning and Teaching, VIII(2), 135-139. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa/index

Agustinuraida, I. (2017). Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Galuh Ciamis. Diksatrasia, I(2), 65-75. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia

Alatas, M. A., & Rachmayanti, I. (2020). Penggunaan Campur Kode dalam Komunikasi Santridi Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang. Satwika: Kajian Budaya dan Perubahan Sosial, IV(1), 43-55. Retrieved from https://ejournal. umm.ac.id/index.php/JICC/article/view/11504/7559

Bintara, F. E., Saddhono, K., & Purwadi. (2017). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Gunung Kidul. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, V(1).

Fauziyah, A., Itaristanti, & Mulyaningsih, I. (2019). Fenomena Alih Kode dan Campur Kode dalam Angkutan Umum (Elf) Jurusan Sindang -Terminal Harjamukti Cirebon. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, II(2), 79-90. Retrieved from https://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs/article/view/1334/943.

Hartatik, A. S., & Mulyani, S. (2017). Alih kode dan campur kode masyarakat tutur di pasar tradisional plered cirebon. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 1(2), 33-40.

Kholidah, U., & Haryadi, H. (2017). Wujud pilihan kode tutur mahasiswa Aceh pada ranah pergaulan di Semarang. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 208-217.

Khoirurrohman, T., & Anjany, A. (2020). Alih Kode dan Campur Kode dalam Prosespembelajarandi Sd Negeri Ketug (Kajiansosiolinguistik). Jurnal Dialektika, X(1), 362-370. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/518/409.

Laiman, A., Rahayu, N., & Wulandari, C. (2018). Campur kode dan alih kode dalam percakapan di lingkup perpustakaan universitas bengkulu. Jurnal ilmiah korpus, 2(1), 45-55.

Mualimah, E. N. (2018). Campur Kode dan Alih Kode pada Proses Belajar Mengajar. Journal of Language learning, II(2), 35-47. doi:DOI: 10.22236/JOLLAR_2(2)35-47

Muliawati, H., Solikhin, S., & Nursyamsiah, U. (2019). Penggunaan Campur Kode dan Alih Kode dalam Transaksi Jual Beli Pedagang Kaki Lima di Cirebon. Deiksis, VI(1), 83-90. Retrieved from https://jurnal.ugj.ac.id/index. php/Deiksis/article/view/1180/114

Munandar, A. (2013). Pemakaian bahasa Jawa dalam situasi kontak bahasa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Humaniora, 25(1), 92-102.

Niswa, L., & Mukhlish, M. (2017). Pilihan Bahasa Dalam Masyarakat Multilingual di Kemujan Karimunjawa Jepara. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, 3(2), 110-126.

Mustikawati, D. A. (2016). Alih kode dan campur kode antara penjual dan pembeli (Analisis pembelajaran berbahasa melalui studi sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 23-32.

Niswa, L., & Mukhlish, M. (2017). Pilihan Bahasa Dalam Masyarakat Multilingual di Kemujan Karimunjawa Jepara. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, 3(2), 110-126.

Nugraha, Via. (2015). Pengaruh Kontak Bahasa Masyarakat Desa Majalaya dengan Pendatang dan Penziarah Terhadap Campur Kode. Semantik, 4 (1) , 55-70.

Rahayu dan Khalimah (2020). Alih kode dan Campur Kode antara Penjual dan Pembeli pada Masa Pandemi, Semantika, 2(01), pp. 52–61. Available at: file:///D:/SEMESTER 7/264-Article Text-394-1-10-20200831.pdf.

Rahmadani, Putri Markinda, W. T. dan K. (2015). Alih dan Campur Kode dalam Novel Sepatu Dahlan dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–16.

Rohmani, S., Fuady, A., & Anindyarini, A. (2013). Analisis alih kode dan campur kode pada novel negeri 5 menara karya Ahmad Fuadi. Basastra, 1(2), 328-345.

Sabilla, A. F. (2020). Pengaruh Alih Kode dan Campur Kode pada Kanal Youtube “Nihongo Mantappu” terhadap Eksistensi Pemakaian Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Aksara. Vol.8 no 3 (2022)

Simatupang, R. R., Rohmadi, M., & Saddhono, K. (2018). Tuturan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Sosiolinguistik Alih Kode dan Campur Kode). Kajian Linguistik dan Sastra, 119-130. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/5981/pdf.

Siwi, G. W., & Rosalina, S. (2022). Alih Kode dan Campur Kode pada Peristiwa Tutur di Masyarakat Desa Cibuaya, Kabupaten Karawang: Kajian Sosiolinguistik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1417-1425.

Yanto, B., & Nurzaman, B. (2022). Kajian Sosiolinguistik Alih Kode dan Campur Kode pada Video Pembelajaran Teks Deskripsi yang Disajikan dalm Media Youtube. Triangulas Jurnal Pendidikan: Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, II(1), 29-39. Retrieved from https://journal. unpak.ac.id/triangulasi

Zuldafrial. (2009). Strategi dan Pendekatan Pengelolaan Kelas. Pontianak: Pustaka Abuya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i1.3229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Heru Susanto, Nurhannah Widianti, Fitri Fitri, Sri Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)