Kesalahan Berbahasa Indonesia oleh Penutur Asing dalam Akun YouTube Tomohiro Yamashita

Lisa Zahro Ainie, Kusubakti Andajani

Abstract


Kesalahan berbahasa merupakan penyimpangan pada penggunaan bahasa baik dari segi tulisan maupun ujaran. Fokus penelitian ini mendeskripsikan pola kesalahan berbahasa Indonesia pada pelafalan kata, pembentukan kata, dan penyusunan kalimat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa Indonesia yang terjadi pada Tomohiro Yamashita merupakan peristiwa yang pasti terjadi ketika seorang pelajar bahasa pertama kali mempelajari bahasa baru. Kesalahan berbahasa ini menandakan bahwa Tomohiro Yamashita berada dalam fase peralihan bahasa Jepang ke bahasa Indonesia. Kesalahan berbahasa Indonesia pada pelafalan kata ditemukan sebanyak tiga kategori yaitu: (a) perubahan fonem, (b) penghilangan fonem dan (c) penambahan fonem. Kesalahan berbahasa Indonesia pada pembentukan kata ditemukan sebanyak empat kategori yaitu: (a) penghilangan afiks , (b) penggunaan afiks yang tidak tepat, (c) pergantian morf, dan (d) penyingkatan morf. Kesalahan berbahasa Indonesia pada penyusunan kalimat ditemukan dalam pembentukan frasa dan dalam penyusunan kalimat. Penyebab kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh Tomohiro Yamashita adalah pengaruh bahasa pertama dan masa belajar yang singkat.


Keywords


kategori linguistik, kesalahan berbahasa, penutur asing

Full Text:

PDF PDF

References


Alfin, J. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. LKiS.

Anggawana, I. W. R., Suartini, N. N., & Adnyani, K. E. K. (2019). Analisis Pembentukan Kata Dan Fungsi Fukugodoushi Verba~ Dasu Pada Kalimat Bahasa Jepang. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 5(1), 55–65.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Jejak (Jejak Publisher).

Asror, I. K. L. (2022). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia lisan mahasiswa Universitas Walailak Thailand Program In Country di Universitas Negeri Malang. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Asyah, J., Susanto, G., & Andajani, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbicara untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula Tinggi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(4), 586–592.

Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. Pearson Longman.

Budiawan, R. Y. S., & Prasetyo, H. R. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Produk Luaran Kelas Berbicara Karya Pembelajar BIPA Universitas PGRI Semarang Tahun 2020. 33.

Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=335ZDwAAQBAJ

Dewi, W. W. R. (2018). Morfologi Bahasa Indonesia. Intan Pariwara.

Dulay, H. C., Burt, M. K., Krashen, S. D., & Krashen, S. (1982). Language Two. Oxford University Press.

Hening, C. (2020). Pengucapan Bunyi-Bunyi Bahasa Indonesia dan Penggunaan Strategi Fonologis oleh Pembelajar Berbahasa Ibu Bahasa Jepang. Yogyakarta (ID): Universitas Sanata Dharma.

Hudaa, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi SIPEBI untuk Pemelajar BIPA. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(2), 78–85.

Hudhana, W. D., Wiharja, I. A., & Fitriani, H. S. H. (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat dalam Karya Ilmiah Mahasiswa BIPA Thailand. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 43–50.

Idora, M., Mustafa, M. N., & Septyanti, E. (2021). Kesalahan Fonologi pada Gelar Wicara Mata Najwa Trans 7. Jurnal Silistik, 1(1), 8–18.

Jabeen, A., Kazemian, B., & Mustafai, M. S. (2015). The Role of Error Analysis in Teaching and Learning of Second and Foreign Language. Education and Linguistics Research, Vol. 1 No. 2, 12. http://dx.doi.org/10.5296/elr.v1i1.8189

James, C. (2013). Errors in Language Learning and Use: Exploring Error Analysis. Routledge.

Jannah, R., & Yanti, P. G. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Menggunakan Metode Darmawisata. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 182–189.

Maharani, T., & Astuti, E. S. (2018). Pemerolehan bahasa kedua dan pengajaran bahasa dalam pembelajaran BIPA. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 10(1), 121–142.

Mantasiah, R. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa). Deepublish.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100.

Oxford, R. L. (2013). Teaching and Researching Language Learning Strategies. Routledge.

Punchihetti, S. (2013). First, second and foreign language learning: How distinctive are they from one another. 1–16.

Riwayanti, L. P. (2016). Penggunaan Bahasa Indonesia Oleh Penutur Jepang Di Okayama International Center, Prefektur Okayama, Jepang. Jurnal.

Rosliana, L. (2015). Frasa Endosentris pada Bahasa Jepang. Jurnal Azumi, 5(1), 51–56.

Setyawati, N. (2019). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia: Teori dan praktik. Yuma Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=LT6NYgEACAAJ

Sumadi. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia. Universitas Negeri Malang.

Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian analisis kesalahan Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(2).

Suyitno, I. (2017). Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Fkip E-Proceeding, 55–70.

Tarigan, H. G., & Tarigan, D. (1984). Pengajaran analisis kesalahan berbahasa (Digital). Angkasa.

Weinreich, U. (2010). Languages in contact: Findings and problems (Nomor 1). Walter de Gruyter.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i1.3219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lisa Zahro Ainie, Kusubakti Andajani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)