Nilai-Nilai Sosial dalam Ulelean Parena Toraya (Cerita Rakyat Toraja) Kisah Polopadang Karya Junus Bunga’ Lebang: Tinjauan Sosiologi Sastra
Abstract
Keywords
References
Al- Ma’ruf, A. I. (2015). Metode Penelitian Sastra dan Pembelajarannya. Surakarta: UMS.
Amir, A. (2013). Sastra Lisan Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Aminuddin. (2010). Pengantar Apresiasi Karya sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Anwar, A. (2010). Teori Sosial Sastra. Yogyakarta: Ombak.
Burhan. (2006). Ensiklopedia Ilmiah Populer Ilmu Sosial. Jombang: Lintas Media.
Elfindri, H. L., dkk. (2012). Pendidikan Karakter: Karakter, Metode dan Aplikasi untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.
Hidayatullah. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Imam, H. (2020). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Arah Langkah Karya Fiersa Bersari. Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Malang. Vol 8 No 2.
Irma, C. (2017). Pendekatan Sosiologi Sastra Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Punakawan Menggugat Karya Ardian Kresna. Jurnal Bindo Sastra 1 (1) (2017): 1–9.
Lebang, J.B. (2006). Ulelean Parena Toraya, Rantepao: Siayoka.
Ni’mah. L. (2019). Aspek Sosial Budaya dalam Novel Arah Langkah karya Fiersa Besari: Tinjauan Sosiologi Sastra. Skripsi Universtas Muhammadiyah Surakarta.
Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.
Notonegoro. (1995). Pancasila Secara Ilmiah Populer. Jakarta: Bumi Aksara.
Mascita, D. (2021). Eksplorasi Nilai Sosial, Budaya, Dan Agama Pada Cerita Rakyat. Jurnal Tuturan, Vol.10, No.2.
Maulana D, Hasnah N, Ginting Y. (2021). Analisis Nilai Sosial Budaya Pada Cerita Rakyat Putri Lopian dari Sumatera Utara. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa & Sastra. Vol.6 No.2
Moeliono M. A. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Mulyati. (2019). Analisis Nilai-Nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerita Rakyat Bangka Belitung. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa.Vol. 12 No. 2
Puspisari, D. (2021). Nilai Sosial Budaya Dalam Film Tilik (Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce). Jurnal SEMIOTIKA Vol.15 No.1. hal 10- 18
Putri, Purbasari, & Fathurohman. (2021). Analyzing The Social Values Contained In The Film Tanah Surga Katanya by Danial Rifki. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 10 Nomor 5
Ratna, N.K. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Robingah, S. (2013). Nilai-nilai Sosial dalam Novel Jala Karya Titis Basion: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implikasinya sebagai bahan Ajar di SMA. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiah
Saadah & Damariswara. (2022). Aspek Sosial dalam Novel Arah Langkah Karya Fiersa Besari: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal DISASTRA Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 42-49.
Sa’Ida. (2020). Analisis Nilai Moral Dalam Cerita Rakyat. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 1
Sari, Agustina, Lubis. (2019). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Tentang Kamu karya Tere Liye Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Ilmiah korpus, Volume III, Nomor I
Soekanto, S. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Edisi Baru Keempat. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Zubaedi. (2005). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i1.3218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Santy Monica, Angla F Sauhenda, Marnina Marnina, Dina Tarigan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)