Kesulitan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sistem Blended Learning di SMP Muallimin Blitar

Dian Risdiawati, Nuriva Srihariyani

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran di sekolah menggunakan sistem blanded learning. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor penyebab dan upaya untuk mengurangi kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem blended learning di SMP Mualimin Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara langsung dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Muallimin Blitar. Data kemudian dikumpulkan, dikodefikasi, dianalisis sesuai dengan rubrik analisis data, kemudian disajikan berdasarkan teori-teori yang menjadi landasan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor penyebab kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia sistem blended learning di SMP Muallimin Blitar adalah a) siswa kurang pengetahuan, b) siswa kurang berliterasi, c) dipengaruhi faktor intern dan ekstren, dan d) minimnya minat dan motivasi belajar. Selanjutnya, 2) upaya untuk mengurangi kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem blended learning di SMP Muallimin Blitar diantaranya yaitu a) guru harus menyiapkan RPP sebelum melaksanakan pembelajaran, b) dapat memanfaatkan dan menggunakan media platform online dengan baik, dan c) dapat memilih strategi pembelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran.

Keywords


bahasa Indonesia, blended learning, kesulitan pembelajaran

Full Text:

PDF PDF

References


Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2),Article2.https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2322

Azhar, Muhammad. (1993). Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Nasional.

Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA:Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i 1.43

Darmadi, Hamid. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, Vol.13 (2).

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Jakarta: Citra Aditya Bakti.

Hamdani, A. R.,& Priatna , A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi COVID-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STIKIP Subang,6(1), 1-9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v 6i.120

Ibrahim, D. S., & Suardiman , S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E- Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasi, 2 (1, 67-69.

Khoiroh, Ni’matul, dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pendidikan.10(2).https://journ al.uny.ac.id/index.php/jpip/article/v iew/13986/10238.

Kirk, J & Miller, M. L. (1986). Reliability And Validity In Qualitative Reserch, Beverly Hills, CA, Sage Publications.

Laana, D. L. (2021). Parents’ Solutions in Increasing Children’s Learning Interest Online During the Covid-19 Pandemic. Inculco: Journal of Christian Education, 1(1), 79–90.

Lalima dan Dangwal, K .L (2017). Blended Learnng: An Innovative Approach. Universal Journal Of Education Research, 5 (1): 129-136.

Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( 1 st ed.). Alfabeta.

Narfin, & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Di Masa Pandemi COVID-19. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (2).

Notoadmodjo, S., (2014). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur Aisyatinnaba, & Sutoyo, A. (2016). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.15294/ijgc.v5i4.1 3520

Rizky, Azmi., dkk (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research In Education: Conference Series Journal. 1 (1)

Rofikoh, E., & Dari, W. (2021). Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Metode Information Search Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Teks Iklan Di SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Pada Kondisi Covid-19. JURNAL PENDIDIKAN, 30(2), 199. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1 512

Semiawan, Conny. (1982). Memupuk Bakat Dan Kreativitas Peserta Didik Sekolah Menengah. Jakarta: Rajawali.

Soendari, Tjutuju & Nani, Euis. (2011). Asesmen Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Amanah Offset: Bandung.

Pantan, F., & Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid- 19. Kharismata: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1),1324. https://doi.org/ 10.47167/kharis.v3i1. 43 Abstract.

Yunitasari & Hanifah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (3).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i1.3214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dian Risdiawati, Nuriva Srihariyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)