Perbedaan Kemampuan Berbahasa Anak Umur 37 Bulan dan Anak Umur 38 Bulan berdasarkan Lingkungan Sosialnya

Fathi Ridwan Hidayatullah, Odien Rosidin

Abstract


Lingkungan sosial pada kenyataannya memiliki peran yang penting dalam pemerolehan bahasa anak. Kemampuan anak dalam berbahasa baik atau tidaknya dapat diukur juga melalui kondisi lingkungan sosialnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berbahasa anak umur 37 bulan dan anak umur 38 bulan berdasarkan kondisi lingkungan sosialnya. Subjek penelitian pertama bernama Riaka Sagara (37 bulan) dan subjek penelitian kedua bernama Gavin Krisnayuda (38 bulan). Keduanya dimasukan kedalam kategori anak umur 3 tahun. Penelitian ini meninjau aspek fonologi, morfosintaksis, semantik, dan pragmatik kedua anak tersebut berdasarkan kondisi lingkungan sosialnya. Hasil penelitian ini menunjukan proses perkembangan bahasa anak dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sosialnya. Kondisi sosial yang kurang baik dapat memberikan pengaruh buruk bagi perkembangan dan pemerolehan bahasa anak. Anak yang memiliki kondisi lingkungan kurang bagus seperti lingkungan bermain yang tidak ada dan jarang berinteraksi dengan orang lain cenderung lebih tidak percaya diri dan memiliki kosakata yang minim sehingga menghambat proses pemerolehan bahasa.

Keywords


Lingkungan Sosial, Pemerolehan Bahasa Anak, dan Psikolinguistik

Full Text:

PDF PDF

References


Astuty, Eny. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Jurnal Educatif. 4 (1), 87-96.

Busro, M. (2016). Kajian dalam Psikolinguistik; Perangkat Penelitian, Strategi, dan Penggunaan Metode Penelitian. Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman. 6 (2), 45-54

Cahyati & Ramdani. (2022). Perbandingan Perkembangan Bahasa Anak Ditinjau Dari Perspektif Pola Pengasuhan Kebudayaan Sunda Dan Kebudayaan Sasak. Jurnal Pelita PAUD. 7 (1), 39-46.

Chaerunnisa, (2020). Pengaruh Lingkungan Pada Pemerolehan Bahasa Jawa-Serang Pada Anak Usia 2 Tahun. Jurnal Pentas. 7 (2), 61-66.

Citra, Abdulah. (2020). Pengaruh Lingkungan Terhadap Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 8 Bulan dalam Tataran Sintaksis. Jurnal Pena Literasi.

Dardjowodjojo, S. (2000). ECHA Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Dardjowodjojo, S. (2012). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Dariyo, Agoes. (2011). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama.

Kuntaro, E. (2017). Memahami Konsepsi Psikolinguistik. Universitas Jambi.

Lestari, Rosalina. (2022). Alih Kode Campur Kode dalam Interaksi Sosial antara Penjual dan Pembeli. Jurnal Disastra. 4 (1), 11-19.

Maulana, I. (2021). Pengaruh Percakapan Negatif Keluarga Terhadap Pemerolehan bahasa Anak Usia 3—4 Tahun. Jurnal Semiotika. 22 (1), 57-67.

Mentari, Dkk. (2020). Perbedaan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun yang Diasuh oleh Orang Tua Kandung Dengan Anak yang Diasuh oleh Selain Orang Tua Kandung di Kota Bukittinggi. Jurnal JRPP. 3 (2), 189-199.

Mieske. (2020). Analisis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun (Bidang Semantik). Jurnal Frasa. 1 (2), 1-7.

Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasuha, Imani. (2020). Pengaruh Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Kedua pada Anak Usia 8 Tahun. Jurnal Metabahasa. 3 (1), 11-24.

Pustpia, Dkk. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. 6 (5), 4888-4900

Putri & Setiawan. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Tiga Puluh Tiga Bulan. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (2), 2283-2284.

Ratnawati, Dkk. (2021). Korelasi Peran Orang Tua Terhadap Pemertahanan Bahasa Sunda Sebagai Bahasa Ibu Di Daerah Kuningan. Jurnal Golden Age. 5 (2), 474-481.

Robiah, dkk. (2016). Respon Tutur Siswa Autis terhadap Tutur Direktif Guru dalam Interaksi Pembelajaran di Kelas. Jurnal Bahasa dan Seni Universitas Negeri Malang. 44 (2), 81-91.

Soetjiningsih., (2012). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulaiman, Zoni. (2020) Kajian Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Tiga Puluh Enam Bulan. Jurnal Disastra. 2 (1), 110-115.

Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Muaddib. 7 (1), 72-89.

Syafrizal, Peri. (2019). Proses Pemerolehan Bahasa pada Anak. Jurnal Al-Hikmah. 1 (2), 75-86.

Yusyufriend, Dkk. (2019). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Yaa Bunayya. 3 (1), 67-80.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i1.3209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fathi Ridwan Hidayatullah, Odien Rosidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)