Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Teks Ulasan
Abstract
Kemerosotan moral pada remaja mencerminkan karakter yang buruk, seperti narkoba, tawuran antarsekolah, pergaulan bebas antarremaja, video porno dan juga gambar porno yang beredar secara mudah pada remaja mengikuti perkembangan teknologi pada era milenial saat ini sehingga memerlukan penanggulangan yang serius. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter pada novel Bulan Terbelah di Langit Amerika. Hasil analisis nilai karakter terhadap novel tersebut dikembangkan berupa produk media pembelajaran yang diharapkan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu dengan menggunakan teori Miles dan Huberman dengan analisis Hermeneutika Paul Ricoeur. Berdasarkan hasil analisis nilai karakter Kemendikbud melalui pendekatan Hermeneutika Paul Ricoeur terhadap novel Bulan Terbelah di Langit Amerika dapat disimpulkan bahwa novel ini sarat dengan nilai-nilai karakter. Hasil analisis ini kemudian dikembangkan menjadi media pembelajaran berupa video pembelajaran yang sesuai dengan KD 4.11 menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Moh. Julkarnaen, dkk. 2021. “No Title.” Jurnal Pendais 3(Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga).
Aswan. 2016. Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Emah Khuzaemah. 2018. “No Title.” Badan Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa. (Penyerapan Nilai-nilai Budaya Lokal Babad Cirebon untuk Membina Karakter Mahasiswa melalui Pembelajaran Menulis Kreatif).
Haerudin, B.Y., dan Muh. Arif. 2019. “No Title.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Keteladanan Abu Bakar Ash-Shiddiq).
Hidayat, R. 2020. “No Title.” Apollo Project 9(Analisis Puisi dengan Pendekatan Hermeneutika).
Ningrum, D. 2015. “Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah Penelitian Mengenai Parenting Styles Dan Pengajaran Adab Diah Ningrum Sekolah Menengah Islam Terpadu (SMIT) Al Marjan.” Unisia, XXXVII 82:18–30.
Nurgiyantoro, Burhan dan Efendi, A. 2013. “Prioritas Penentuan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sastra Remaja.” Cakrawala Pendidikan 3:382– 393.
Panje, M., Sihkabuden, & Toenlioe, A. J. E. 2016. “Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1(8):1473–78.
Pantu, Ayuba &. Buhari Luneto. 2014. “Pendidikan Karakter dan Bahasa.” Al-Ulum : Jurnal Studi Islam, 14(1), 153–170. 14.
Siswanto, W. 2013. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Rosda Karya.
Surnyaman, Maman. 2010. “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra.” Cakrawala Pendidikan 114.
Yulianto. 2020. “No Title.” Jurnal Tabasa 1(Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia).
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v4i2.3186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Emah Khuzaemah, Ita Ristanti, Retno Puji Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)