The Problems in Indonesian Language Teaching During the Covid-19 Pandemic

Hani Subakti, Eka Selvi Handayani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan secara daring pada masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri 023 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 023 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2020/2021. Adapun permasalahan tersebut adalah para siswa masih bermalas-malasan dalam hal membaca buku pelajaran Bahasa Indonesia. Para siswa lebih banyak menghabiskan waktu bermain di rumah. Padahal di dalam memahami materi bahasa Indonesia, para siswa seharusnya rajin membaca buku teks Bahasa Indonesia. Selain Itu, orang tua harus lebih mengawasi dan mengingatkan anaknya untuk belajar membaca materi-materi pelajaran Bahasa Indonesia yang disampaikan. Oleh sebab itu, diperlukan kerja sama yang baik antara guru kelas, orang tua, dan siswa agar permasalahan tersebut dapat diminimalisasi sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Keywords


permasalahan belajar, Bahasa Indonesia, pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat tahun pembelajaran 2015/2016.

Borg, W.R., & Gall, M.G. (1989). Education Research: An Introduction th (5.ed.). New York: Longman.

Burnard, P., Gill, P., Stewart, K., Treasure, E., & Chadwick, B. (2008). “Analysing and presenting qualitative data”. British Dental Journal, 204(8), 429–432. https://doi.org/10.1038/sj.bdj.2008.292.

Carnwell, R., & Daly, W. (2001). “Strategies for the construction of a critical review of the literature”. Nurse Education in Practice, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.1054/nepr.2001.0008.

Cecep, H. et al. (2021). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Karawang: Yayasan Kita Menulis.

Cecep, H. et al. (2021). Manajemen Supervisi Pendidikan. Karawang: Yayasan Kita Menulis.

Cohen, L., Manion, L. and Morrison, K. (2018). Research Methods in Education, Eight Edition. Eight. Oxon and New York: Routledge.

Cohen, P. A. (1990). “Bringing Research Into Practice”. New Directions for Teaching and Learning, 1990(43), 123–132. https://doi.org/10.1002/tl.37219904311.

Cooper, H. M. (1988). “Organizing knowledge syntheses: A taxonomy of literature reviews”. Knowledge in Society, 1(1), 104. https://doi.org/10.1007/BF03177550.

Corbin, J. and Strauss, A. (1998). Basics of Qualitative Research Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory. 2nd edn. London: SAGE.

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif [Terjemahan dari Educational Research: Planning, Cunducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative, by John Creswell, Person Education, Inc.]. 5th edn. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Fourth Edi. Boston, MA: Pearson Education Inc.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran [Terjemahan dari buku Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Fourth Edition, Sage Publication, Inc, 2014]. 4th edn. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, John W. (2009). Research Design, Qualitative, Quantitative and Mixed Methods. 3rd Ed. Thousand Oaks. California: Sage Publications.

Creswell, John W. And Vicki L. Plano Clark. (2007). Designing and Conducting Mixed Methods Research. 3rd Ed. Thousand Oaks. London: Sage Publications.

Gall, M. D., Gall, J. P. and Borg, W. R. (2003). Educational research: An introduction. United States of America: Pearson Education.

Gay, L. R. (1976). Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Merrill.

John W. Creswell (2008). Educational Researchs: Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey, Pearson Education Inc.

Johnson, R. B. (2014). Educational Research - Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches, 5th Edition. United States of America: SAGE Publications.

Kholifah, N. et al. (2021). Inovasi Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.

Nababan, E. B. et al. (2021). Bahasa Indonesia Akademik: Penulisan Laporan Ilmiah. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Panggabean, S. et al. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Panggabean, S. et al. (2021). Pengantar Manajemen Pendidikan. Medan: Yayasan Kiita Menulis.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: Sanru Untung.

Purba, S. et. al. (2021). Teori Manajemen Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ramadhan, Y. R. et al. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rigianti, H. A. (2020). “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara”. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 298.

Siregar, R. S., et al. (2021). Manajemen Sistem Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Siregar, R. S., et al. (2021). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Subakti, H. (2020). “Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Menggunakan Media Spinning Whell Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu”. Jurnal Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2, Nomor 2, Juli 2020, Halaman 192-206 doi:http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3067

Subakti, H., et al. (2021). “Does learning in mother tongue matter? Analysis of the Use of Kutai Language in Elementary Schools Learning”. Elementary Education Online, 20 (4), 421-426. doi:10.17051/ilkonline.2021.04.47.

Subakti, H. et al. (2021). Inovasi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Subakti, H. et al. (2021). Landasan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Sur, W. A. A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Equation, 3.

Utami, N. R. et al. (2021). Supervisi Pendidikan. Bogor: Yayasan Kita Menulis.

Wulandari, M. A., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” Pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19. Ilmiah, 7, 164–168.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v4i2.3184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hani Subakti, Eka Selvi Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)