Childhood Character Building in Drama Script Mencari Taman by Noorca M. Massardi : A Literary Psychology Approach

Najma Murdhia, Wika Soviana Devi

Abstract


Pembentukan Karakter pada anak adalah hal yang penting untuk membuat anak mempunyai karakteristik dan kepribadian yang baik. Karakteristik tiap anak juga tidak kalah penting dan wajib dipahami oleh orang tua agar bisa mendidik anak dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembentukan karakter anak dalam naskah drama Mencari Taman. Pengkajian naskah drama Mencari Taman ini menggunakan pendekatan Psikologi Sastra, yaitu melalui pemahaman teori-teori psikologi yangdigunakan untuk menganalisis suatu karya sastra dan meneliti pembentukan karakter yang ada di dalam naskah drama tersebut. Penelitian ini menggunakan metode konten analisis. Penelitian ini merupakan penelitian karya sastra melalui analisis data yang dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen dan analisis. Berdasarkan hasil analisis, terdapat beberapa nilai yang membentuk karakteristik anak di dalam naskah drama Mencari Taman karya Noorca M. Massardi, yaitu nilai kedisiplinan, kemanusiaan, kepedulian terhadap lingkungan, kasih sayang, religus, dan akhlak yang mulia.

Keywords


karakter, psikologi sastra, mencari taman, naskah drama

Full Text:

PDF

References


Al- Ma’ruf, Ali Imron dan Farida Nugrahani. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV Djiwa Amarta Press.

Anisah, Siti. (2001). “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 05; No.1 Januari.

Devi, Wika Soviana. (2019). Teori Sastra.. Karanganyar: CV AL Chalief.

Hermasyah Agus Kichi. (2017). “Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Buku 100 Cerita Anak Pilihan dan Kesesuaian Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SD/MI”. Jurnal Pendidikan Guru MI. Volume 4 (01).

Lina Suprapto, Andayani, Budi Waluyo. (2014). “Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Karakter Novel 9 Dari Nadira Karya Leila S. Chudori”. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 2 Nomor 3, Agustus.

Mohammad, Kosim. (2011). “Urgensi Pendidikan Karakter”. Jurnal Bahasa. Volume IXI Nomor 1, April.

Mulya, Adhitya. (2021). “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sabtu Bersama Bapak”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 3 Nomor 1, Januari.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gajah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. (2012). Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rochimi, Isnaeti Fat. (2018). “Upaya Guru Menanamkan Nilai-Nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini (Golden Age)” Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume 3 Nomor 4.

Suprapto, Andayani, Budi Waluyo (2014). “Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Karakter Novel 9 Dari Nadira Karya Leila S. Chudori” Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Volume 2 Nomor 3, Agustus 2014.

Ulfani, Rahman. (2009). “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini”. Jurnal lentera pendidikan. Vol. 12, No. 1, Juni.

Wellek, Rene dan Warren Austin. (1993). Teori Kesusastraan (terjemahan melalui Budiyanto). Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v4i2.3181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Najma Murdhia, Wika Soviana Devi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)