Model Pembelajaran Kelas Terbalik Berbasis Literasi Digital: Studi Pengembangan untuk Pembelajaran Menulis Teks Anekdot

Elvan Yudianda, Isah Cahyani, Yunus Abidin

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa model kelas terbalik berbasis literasi teknologi dalam pembelajaran menulis anekdot yang layak baik dari ahli maupun pengguna. Untuk menghasil produk tersebut, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang mencakup sepuluh tahapan penelitian. Partisipan dalam penelitian ini adalah 5 orang validator ahli, 5 orang guru, dan 105 siswa SMA di Kabupaten Bandung. Data hasil penelitian diolah secara kualitatif dan kuantitatif deskriptif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan penilaian sangat baik berdasarkan validator ahli baik ditinjau dari indikator desain model, media pembelajaran, maupun evaluasi pembelajaran. Berdasarkan tanggapan guru sebagai pengguna, model kelas terbalik berbasis literasi digital dalam pembelajaran menulis teks anekdot berada pada kualifikasi sangat layak baik ditinjau dari indikator kemudahan, kemenarikan, kesesuaian, maupun kemanfaatan model pembelajaran.  Tanggapan siswa terhadap model yang dikembangkan juga dinilai sangat layak ditinjau dari indikator kemenarikan, kemudahan, dan kebermanfaatan. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran kelas terbalik berbasis literasi digital layak untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis teks anekdot.


Keywords


literasi digital, model kelas terbalik, pembelajaran menulis, teks anekdot

Full Text:

PDF

References


Antari, N.M.W., Sujana, I.W., & Wiarta, I.W. (2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) Berbantuan Multimedia terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus I Denpasar Selatan. Mimbar PGSD Undiksha. 1 (1). th.

Ariningsih, N.E., Sumarwati., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Basastra: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1 (1). 40 – 53.

Bergmann, J. & Sams, A. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. USA: International Society for Technology in Education.

Borg W. R & Gall Joyce, P. (2003). Educational Research An Introduction. Sevent Edition. USA: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Chen, J. (2021) Design and Application of Computer Flip Classroom Teaching Platform. Journal of Physics: Conference Series. 1915 (2021). 1–8.

Dick, W., Carey, L., and Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.) Florida: University of South Florida.

Fajri, I., Suryadi, K., & Anggraeni, L. (2021). Pembelajaran Kelas Terbalik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Tinjauan Sistematis Review dari Bukti Empiris. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. 9 (3). 870–880.

Fulton, K. (2012). Upside Down and Inside Out: Flip Your Classroom to Improve Student Learning. Learning & Leading with Technology. June/July. Canada: ISTE.

Green, L.S., Banas, J.R., & Perkins, R.A. (eds.) (2017) The Flipped College Classroom: Conceptualized and Re-Conceptualized. Swiss: Springer International Publishing Switzerland.

Hadyanta, M.E., Suwatra, I.I.W., & Sudiana, I.W. (2013) Penerapan Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pelajaran IPS di Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha. 1 (1). th.

Huy, N.T. (2015). Problems Affecting Learning Writing Skill of Grade 11 At Thong Linh High School. Multidicsiplinary Journals. 3 (2). 53-69.

Jayanti, R, & Rahayuningsih, S. (2020) Peran Aplikasi Schoology dalam Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Teks Anekdot. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama).7 (2). 25–36.

Jiao, W. (2021). An Empirical Study on Computer Flip Classroom Teaching in College English Teaching. Journal of Physics: Conference Series.1915 (2021). 1–6. doi:10.1088/1742-6596/1915/3/032020.

Jitjumnong and Suksakulchai, (2019) Comparison Study of Student’s Learning Achievement between the Flip Classroom with and without Group Management. International Journal of Information and Education Technology. 9 (12). 904–908.

Julinar & Yusuf, F.N. 2019) Flipped Learning Model: Suatu Cara Alternatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. 19 (3). 366-373.

Khoirotunnisa, A.U. & Irhadtanto, B. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Traditional Flipped Berbantuan Video terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama).7 (2). 17–24.

Leicht, R.M., Zappe, S.E., Messner,J.I., & Litzinger, T. (2012) Employing the Classroom Flip to Move “Lecture” Out of the Classroom. Journal of Applications and Practices in Engineering Education. 3(1). 19–31.

Lestari, P., Suwandi, S., & Hastuti. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X SMA. BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 3 (2) 1-16.

Li, J., Zhang, X., & Hu, Z. (2018) The Design and Application of Flip Classroom Teaching Based on Computer Technology. iJET. 13 (10). 95–107.

Lie, S. (2016). Flip the Classroom. Cardiff: Cardiff University.

Limbong, E. (2016) The Voices of Preservice EFL Teachers on the Implementation of Teacher Educators’ Flipped Classroom in Designing and Developing PACI Model. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 3(2). 171–191. doi:10.15408/ijee.v3i2.5511.

Lubis, M.N., Syahrul, R. & Juita, N. (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Peta Pikiran pada Materi Menulis Makalah Siswa Kelas XI SMA/MA. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. 2 (1). 16–28.

Lubis, T.W.,Gusmiati, S., & Nasution, I. (2020). Pengembanganteks Anekdot Sebagai Bahan Ajarsiswa Kelas X MAN Pematangsiantar. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13 (1), 21-30. Doi: http://dx.doi.org/10.30651/st.v13i1.3763.g2551

Moffett, J. (2015). Twelve tips for “flipping” the classroom. Medical Teacher. 37(4). 331–336.

Monika. & Afnita. (2018). Kesulitan Belajar Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa X IPS 2 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Medan tahun Pelajaran 2017/2018. Basastra: : Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 7 (2), 88-106. Doi: https://doi.org/10.24114/bss.v7i2.10062

Mubarok, A. (2017) Model Flipped Classroom dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21. 4(2). 184 – 188.

Muilisa, R. & Pernanda, D. (2020). Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Mata Kuliah Algoritma dan Struktur Data. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4 (3), 571-577. Diakses dari: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/26928/1755

Nurhadiat, D. & Syakdiyah, H. (2019) Inovasi Pembelajaran Flipped Classroom dalam upaya Penguatan Kompetensi dan Daya Saing Siswa Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol. 5 (4). 47–58.

Nurpianti, S., Sutrisno, & Wijaya, A. F.C. (2019) Implementasi Model Flipped Classroom Berbasis Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika. 5.0 (2019). 309–317.

Polard, A., et al. (2014) Reflective teaching in schools. London: Bloomsbury Academic.

Rahayu, L.P. (2017) Efektivitas Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Pythagoras SMP Kelas VIII Ditinjau Berdasarkan Gender. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami). 1(1) 173–177.

Rohmadoni, L.S. (2017) Penerapan Pendekatan Pengajaran Terbalik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SDN 008 Pendalian Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran).1 (2). 2580 – 8435.

Rufaida, K. & Muassomah. (2021). Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Pembelajaran Ketrampilan Membaca di MTs Al-Hikmah Brebes. Tarling: Journal of Language Education, 5 (1), 93-108. https://doi.org/10.24090/tarling.v5i1.4369

Sakti, R.H., et al, (2020) Flipped Classroom-Computer Based Instruction untuk Pembelajaran Revolusi Industri4.0: Rancang Bangun dan Analisis Kebutuhan. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika. 4 (1). 63–72.

Saleh, H. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Analisis Real. ∑IGMA. 2(1). 13–18.

Sari, Y., Syahrul, R., & Rasyid, Y. (2018). Hubungan Antara Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (3), 446-453. Doi : https://doi.org/10.24036/100769-019883

Sethiawan, I.K.A., Asri, I.G.A.A.S.S. & Putra, D.B.K.T.N. (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Berbantuan Media Grafis terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Semester II SD Gugus I Gusti Ketut Jelantik. Mimbar PGSD Undiksha. 1 (2). th.

Sholekah, L.A.N. & Nuryatin, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Kesantunan Berbahasa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Siswa Kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (1), 42-50. Doi: https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.11301

Supriati, N. & Febriani, S.R. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Model Flipped Classroom Berbasis Pembelajaran Online. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2652-2663. Doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.871

Unruh,T., Peters,M.L., & Willis, J. (2016 Flip This Classroom: A Comparative Study. Computers in the Schools. 33 (1). 38–58. DOI: 10.1080/07380569.2016.1139988

Wibowo, V. (2019). Implementasi Moodle sebagai Sarana Penunjang Metode Pembelajaran Kelas Terbalik. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 SINDIMAS 2019. STMIK Pontianak, 29 Juli 2019. 324–328.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v4i1.3176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elvan Yudianda, Isah Cahyani, Yunus Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)