Anomali Bahasa Tulis pada Teks Deskripsi Siswa SMP Negeri 2 Jatisrono

Ermira Nilansari Putri, Atiqa Sabardila

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengimplementasian bahasa Indonesia yang belum sesuai kaidah. Secara universal penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kekeliruan bahasa pada karangan teks deskripsi siswa kelas VII C dan VII E SMP Negeri 2 Jatisrono. Memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, serta sumber data berupa karangan teks deskripsi. Teknik pengumpulan data berupa teknik sadap dan teknik lanjutan simak bebas libat cakap. Menerapkan metode analisis data padan dengan teknik analisis berupa referensial. Referensi yang terapkan berupa KBBI, PUEBI dan pemikiran ahli. Persentase kesalahan pada karangan pertama, yakni pada ranah ejaan 74%, fonologi 9%, morfologi 9%, sintaksis 6% dan semantik 2%. Karangan kedua, yaitu ejaan 91%, fonologi 4% dan semantik 5%. Dalam karangan ketiga, ditemukan persentase ejaan 30%, fonologi 46%, morfologi 6%, sintaksis 14% dan semantik 4%. Karangan keempat, terdapat persentase kesalahan berbahasa sebesar ejaan 84%, fonologi 8% dan sintaksis 8%. Karangan kelima, persentase kesalahan berbahasa pada ranah ejaan 30%, fonologi 54%, morfologi 12%, sintaksis 2% dan semantik 2%.


Keywords


bahasa tulis, kesalahan, teks deskripsi

Full Text:

PDF

References


Afnita, Kurnia, E., & Assadiyah, H. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis dalam Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang. DEIKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 15–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v5i2.1197.

Afriyani, I., & Purawinangun, I. A. (2017). Analisis Kesalahan Fonem Pada Spanduk di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat-Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 41–49.

Agustina, T., & Oktavia, W. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Bahan Ajar Kelas Menyimak Program BIPA IAIN Surakarta. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 60–70.

Aji, A. B., Istikhomah, E., Al Majid, M. Z. Y., & Ulya, C. (2021). Analisis kesalahan berbahasa tataran semantik pada berita daring laman sindonews.com. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(2), 65–70. https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.3290.

Aprillianti, L. (2018). Phonological Rules on Tamil Language Absorption into Bahasa Indonesia (Study of Transformational Generative Phonology). ETERNAL (English Teaching Journal), 9(2), 109–127. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/eternal.v9i2.2985.

Arief, Y. Al. (2019). Phonological Process in Passive Verb Markers of Bahasa Bakumpai. Parole: Journal of Linguistics and Education, 9(2), 101–110. https://doi.org/10.14710/parole.v9i2.101-110.

Dirneti, Wibisono, C., Yeni, H. O., Putri, Z. D., & Meilina, F. (2020). Morfofonology of Serawai Language Verb Verbs in Manna District, Bengkulu Selatan District, Indonesia: Generative Phonological Analysis. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 11616–11624.

Harzoni, Suhirman, & Eliya, I. (2017). Indonesian Spelling Errors in the Description Text. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education, 2(3), 283–291.

Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1–9.

Idora, M., Mustafa, M. N., & Septyanti, E. (2021). Kesalahan Fonologi Gelar Wicara Mata Najwa Trans 7. Jurnal Silistik Dimensi Linguistik, 1(1), 8–18.

Iku, P. F., & Damayanti, M. (2020). Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Pengumuman Untuk Mahasiswa di Lingkungan STKIP Santu Paulus Ruteng. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(2), 124–130.

Maulida, U. (2021). Kesalahan Berbahasa Tataran Ejaan, Morfologi, dan Sintaksis Skripsi Mahasiswa Program Studi PGMI Binamadani. Dirasah Jurnal Pemikiran & Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 24–34.

Mijanti, Y. (2018). Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia. 2018 International Conference on Computing Sciences and Engineering, ICCSE 2018 - Proceedings, 3(1), 113–126.

Mohamad, H., Hanafi, H., & Dako, R. T. (2021). A Study on Phonological Process : A Case on Indonesian EFL Students’ Pronunciations. TRANS-KATA: Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 1(2), 105–114.

Muhassin, M., Hidayah, R., Hidayati, D. A., & Pradana, S. A. (2020). Investigating Spelling Errors Among Indonesian EFL Secondary School Students. English Education: Jurnal Tradis Bahasa Inggris, 13(2), 1–24.

Musthafa, M. A. S., & Rahmawati, L. E. (2021). Kesalahan Bentukan Kata Berafiks dalam Tulisan Mahasiswa BIPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(1), 24–29.

Mutoharoh, M., Sulaeman, A., & Goziyah, G. (2018). Interferensi Morfologi dalam Karangan Narasi Mahasiswa Thailand Semester IV Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 84–97. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.10

Najah, Z., & Agustina, A. (2020). Analisis Kesalahan Semantik Pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Intan Lampung. Journal Al-Fathin Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 3(1), 1–12.

Permatasari, N. E., Khasanah, I. M., & Putri, N. A. M. (2019). Kesalahan Berbahasa dalam Majalah Pandawa IAIN Surakarta Edisi 2018 pada Tataran Ejaan dan Sintaksis. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.pp93-104.

Purwandari, H. S., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2014). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Surat Dinas Kantor Kepala Desa Jladri. BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(3), 478–489.

Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–21.

Rahayu, A., & Sudaryanto. (2018). Kesalahan Ejaan, Diksi, dan Morfologi dalam Karangan Deskripsi Mahasiswa Asal Tiongkok. Diglosa:Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 2(1), 42–49.

Setiawan, D. A. (2016). Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Indonesia Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VI SDN Kanigoro 02 Kecamatan Pagelaran Yang Berbahasa Ibu Bahasa Madura. Pancaran, 5(3), 25–36.

Sholikhah, R. M., Hapsari, D. A., & Aditama, F. Y. (2021). Analisis Kesalahan Ejaan dan Morfologi pada Makalah Hukum Perkawinan Program Studi Hukum Keluarga Islam Semester 6 IAIN Surakarta. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 5(1), 77–87.

Sikana, A. M., Nugroho, A. A., & Tahe, P. (2021). Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi pada Pidato Juru Bicara Penanganan Virus Covid-19 Achmad Yurianto. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3185.

Solikhah, I. Z., Janah, N. M., & Sidik, M. (2020). Kesalahan Berbahasa Tataran Semantik dalam Unggahan Instagram @KOMINFODIY. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 43–50.

Turistiani, T. D. (2013). Fitur Kesalahan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan dalam Makalah Mahasiswa. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 1(1), 61–72. https://doi.org/10.26740/parama.v1i1.1470.

Tussolekha, R. (2020). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia (Ebi) Pada Karya Ilmiah Mahasiswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 35–43. https://doi.org/10.31943/bi.v5i1.58.

Uswati, T. S., & Nuryanto, T. (2018). Kesalahan Sintaksis Pada Skripsi Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.1880.

Utami, N. M. V., Jayantini, I. G. A. S. R., & Pratiwi, Y. (2021). Lexical Analysis of Semantic Errors Found in the Translation of Joko Widodo ’ s Instagram Account. 4rd English Language and Literature International Conference (ELLiC), 4, 291–297.

Zamri, T., Charlina, & Faizah, H. (2021). Kesalahan Fonologi dan Morfologi dalam Debat Capres 2019. JURNAL TUAH: Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 3(1), 76–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.3.1.p.76-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v4i1.3169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ermira Nilansari Putri, Atiqa Sabardila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)