Nilai Pendidikan Karakter dalam Guritan Besemah

Henny Nopriani

Abstract


Pendidikan karakter merupakan hal yang saat ini ditekankan dalam pendidikan Indonesia. Hal ini disebabkan pendidikan karakter diarahkan untuk memberikan tekanan pada nilai-nilai tertentu seperti nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, dan lain-lain. Begitu juga dengan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam guritan Besemah perlu untuk dikaji. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam guritan Besemah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dari guritan Besemah yang sudah diterbitkan di buku. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis karya. Hasil penelitian guritan Besemah banyak terkandung nilai-nilai pendidikan karakter antara lain (1) nilai disiplin dalam arti kata patuh terhadap semua peraturan, (2) nilai kerja keras, (3) nilai kreatif, (5) nilai tanggung jawab, (6) kerja keras. Dengan adanya nilai-nilai pendidikan karakter tersebut selayaknya kesenian guritan itu dilestarikan sehingga generasi muda mendatang tetap dapat memetik nilai-nilai yang berguna bagi kehidupannya.


Keywords


nilai, pendidikan karakter, guritan, besemah

Full Text:

PDF

References


Bayu. (2011). “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Amelia Karya Tera Liye dan Relavansinya Bagi Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah”. Tesis. Yogyakarta. Universitas Islam Sunan Kalijaga.

Firdaus, Dedy, Tjetjep Rohendi Rohidi, & Udi Utomo. “Guritan: Makna Syair dan Proses Perubahan Fungsi pada Masyarakat Melayu di Besemah Kota Pagaralam”. Catharsis: Journal of Arts Education. 5(1). 2016.

Herawan, Kadek Dedy, & I Ketut Sudarsana. “Relevansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Geguritan Suddhamala untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia”. Jurnal Penjamin Mutu. Volume 3 Nomor 2 (223—236), 2016.

Loka, I Made Sura Wijaya, I Ketut Sudarsana, I Wayan Artayasa. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Geguritan Wirotama”. Jurnal Pendidikan Agama Hindu. Volume 3 Nomor 1 2019 hlm. (75-79).

Mukmin, Suwardi. (2009). “Nilai-Nilai Edukatif dalam Petatah Petiti Baghi Bahasa Besemah”. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Depdiknas. (2010). Ensiklopedi Sastra Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Endaswara, Suwardi. (2011). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kemendiknas. (2012). Dasar Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Besasatra. Bandung: Yrama.

Mirwan, Temenggung Citra. (2011). Besemah dalam Lintasan Sejarah dan Budaya. Pagaralam: Pemkot Pagaralam.

Mirwan, Temenggung Citra. (2013). Pangkal Guritan Besemah. Pagaralam: Pemkot Pagaralam.

Semi, Atar. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suspa, Ety. (2013). Sastra Besemah Bagian dari “Sastra Melayu lama”. Bandung: Uvula Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Henny Nopriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)