Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Menggunakan Media Spinning Wheel Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu

Hani Subakti

Abstract


Hasil belajar siswa masih kurang memuaskan khususnya pada muatan bahasa Indonesia di sekolah dasar. Hal ini menjadi dasar bagi penelitian ini yang memiliki tujuan untuk mengukur hasil belajar muatan bahasa Indonesia pada tema lingkungan sahabat menggunakan media spinning wheel kelas V SDN 001 Samarinda Ulu. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan sebanyak  dua siklus. Tahap pelaksanaan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil akhir dari penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar. Pada siklus I hasil belajar siswa dengan nilai tes rata-rata 69,5 dengan presentase ketuntasan 60% dan presentase tidak tuntas yaitu 40%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa dengan nilai tes rata-rata 81,3 meningkat dengan presentase ketuntasan 86,7% dan presentase tidak tuntas 13,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media spinning wheel dapat meningkatkan hasil belajar muatan bahasa Indonesia tema lingkungan sahabat siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020.


Keywords


hasil belajar, muatan bahasa Indonesia, spinning wheel

Full Text:

PDF

References


Anggraini, P., & Ningrum, M. a., (2018). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 7(3), 1–6. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung. Rineka Cipta.

Bahtiar, R. S. (2017). Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Pgsd, 01, 1–10. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Daryanto. (2014). Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Ernawati. (2019). Peningkatan Menulis Teks Diskusi Menggunakan Model Kooperatif Learning dengan Tipe Debat Pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Disastra:Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 78-89

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra. Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Hamzah, H., Utami, L. S., & Zulkarnain, Z. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 77. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1192. Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Ibda, Hamidulloh. (2020). Peningkatan Menulis Resensi Buku Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (Tuter Tensi). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-13 http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra. Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Maolani, A. R., & Cahyana, U. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Matondang, Z., Ely, D., Sriadhi, & Janner, S. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Medan:Yayasan Kita Menulis.

Ratnawulan, E., & Rusdiana. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Pustaka Setia.

Situmorang, Manihar. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Depok: Rajagrafindo Persada.

Subakti, Hani. (2019). 8 Konsepsi Landasan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Syarifudin, Supiono, & Burhanuddin. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.

Ulya, A. I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel Berbasis Model 4d Pada Materi Pelajaran Alat Panca Indera. Semarang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hani Subakti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)