Tindak Tutur dalam Wacana Bimbingan Konseling pada SMA di Kota Semarang
Abstract
Komunikasi antara guru Bimbingan Konseling (BK) dengan siswa bersifat persuasif. Komunikasi persuasif yang muncul disebabkan penutur tidak hanya menyatakan tuturan ketika mengucapkan sesuatu, namun di balik tuturan tersebut mengandung maksud. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tuturan dalam wacana bimbingan dan konseling pada salah satu SMA di Kota Semarang. Pendekatan teoretis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan pragmatik. Selanjutnya, pendekatan metodologis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilaksanakan selama bulan Januari. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik pilah unsur tertentu dengan cara reduksi data, sajian data, dan verifikasi simpulan. Hasil temuan menunjukkan ada tiga jenis tindak tutur dalam wacana bimbingan konseling, yaitu tindak tutur asertif, tindak tutur direktif, dan tindak tutur ekspresif. Tiap-tiap jenis tindak tutur tersebut memiliki bentuk tuturan yang berbeda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Austin, J.L. 1962. How do Things with Words. Oxford: The Clarendon Press.
Black, Elizabeth. 2006. Pragmatic Stylistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik Pengantar Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Cummings, Louise. 2007. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif Analisis Data. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Gunarwan, Asim. 1994a. “Kesantunan Negatif dikalangan Dwibahasawan Indonesia-Jawa di Jakarta: Kajian Sosiopragmatik”. Di dalam Bambang Kaswanti Purwo (penyunting) PELLBA 7. Jakarta: Pusat Pengkajian Bahasa dan Budaya Unika Atma Jaya.
Habermas, J. 1998. On the Pragmaticsof Communication. Cambridge: The MTT Press.
Leech, Geoffrey. 1983. Principle of Pragmatics. London: Longman. Terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia oleh M. D. D. Oka. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press.
Mahsun, M.S. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nababan, P. W. J. 1987. Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya). Jakarta: Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Nadar, F.X. 2009. Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik; Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Angkasa.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3134
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sofi Aulia Rahmania

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)