Kemampuan Membaca Efektif Siswa Kelas X SMA Negeri Kota Bengkulu
Abstract
Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran dasar bagi bidang ilmu lain. Salah satu kemampuan dasar tersebut adalah keterampilan membaca cepat. Oleh karena itu, jika guru gagal mengajarkan kemampuan ini, maka murid pastinya akan malas untuk membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan membaca efektif siswa kelas X SMA Negeri Kota Bengkulu tahun ajaran 2011/2012 dalam memahami wacana. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri kota Bengkulu kelas X tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah SMA Negeri di Kota Bengkulu terdapat 10 sekolah. Sampel yang diambil adalah sekolah yang berakreditasi tinggi, sedang, dan rendah yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman siswa kelas X SMA N Kota Bengkulu adalah 70,03% dan rata-rata Kemampuan membaca efektif (KME) siswa kelas X SMA N Kota Bengkulu adalah 156,09 kata per menit. Hal ini masih belum mencapai kompetensi yang diharapkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang menuntut 250 kata per menit, sehingga rata-rata Kemampuan Membaca efektif siswa kelas X SMA N Kota Bengkulu masih tergolong lambat (kurang memadai).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andra, V. 2019. KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 77-86. doi:http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1904
Azhari. 2011. Ganbatte:Meneladani Karakter Tangguh Bangsa Jepang. Bandung: Grafindo
Eliya, Ixsir and Sodik, Achmad Ja'far (2019) PENGUATAN KEILMUAN MAHASISWA MELALUI GERAKAN SADAR LITERASI DALAM UPAYA MENANGKAL RADIKALISME DAN BERITA HOAKS DI MEDIA SOSIAL. In: International Seminar on Islamic Studies, 28 Maret 2019, IAIN Bengkulu.
Ezokanzo, Tethy, dkk. 2009. Hikari No Michi: Catatan Cinta Mualaf dari Negeri Matahari Terbit. Bandung: Lingkar Pena
Friantary, H. (2019). BUDAYA MEMBACA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 66-70. doi:http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485
Heriadi, Meddyan, Susetyo Susetyo, and Trianto Agus. Hubungan antara minat baca dengan kemampuan menulis prosa mahasiswa S1 pendidikan bahasa dan sastra indonesia fkip universitas bengkulu tahun ajaran 2013/2014. Diss. Universitas Bengkulu.
King, Jamie. 2010.111 Konspirasi Menghebohkan Dunia. Bogor:RAS
Mulyasa.2006. Implementasi Kurikulum 2004:Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurrhadi, dkk. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/MTS Kelas IX. Jakarta: Erlangga.
Nurgiyantoro, Burhan.1995. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPEE.
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syamsudin, dkk. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tampubolon, DP. 1990. Kemampuan Membaca, Teknik Memabaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Meddyan Heriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)