Metode Belajar Tuntas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar

Ismawati Ismawati

Abstract


Mengarang merupakan keterampilan mendeskripsikan imajinasi dalam bentuk tulisan ataupun lisan. Masalah yang terjadi di kelas adalah siswa kesulitan untuk mengkomunikasikan imajinasinya baik berupa tulisan maupun tulisan. Terlihat dari kemampuan membuat kalimat yang masih tidak terkait antara satu bait dengan yang lainnya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia pada bagian mengarang setelah diterapkannya Belajar Tuntas dan mengetahui pengaruh motivasi belajar bahasa Indonesia setelah diterapkannya metode Belajar Tuntas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai III Dari hasil analis didapatkan bahwa 3 siklus yaitu, siklus I (65,22%), siklus II (82,6%), siklus III (91,13%).Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran Belajar Tuntas melalui kegiatan membaca bersama dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 03 Kota Mukomuko serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran bahasa Indonesia.

Keywords


mengarang; penelitian tindakan kelas; hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Adang, S. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Yayasan Kesuma Karya.

Agustina, T., & Oktavia, W. (2019). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA BAHAN AJAR KELAS MENYIMAK PROGRAM BIPA IAIN SURAKARTA. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 60. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i2.1866

Akhmad Yazidi. (2014). MEMAHAMI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 (THE UNDERSTANDING OF MODEL OF TEACHING IN CURRICULUM 2013). JURNAL BAHASA, SATRA, DAN PEMBELAJARANNYA.

Alawiyah, F. (2015). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Kajian Singkat.

Alidawati, A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Berupa Rumah Adat Tentang Keragaman Budaya Di Indonesia Pada Pelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri 03 Kota Mukomuko. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 78–84.

Badudu, Y. (1983). MASALAH PENGEMBANGAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA HUKUM. Jurnal Hukum & Pembangunan. https://doi.org/10.21143/jhp.vol13.no3.968

Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 179. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1066

Fathurrahman, F. (2018). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BAHASA MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH. JURNAL REFORMA. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i1.38

Friska Fitriani Sholekah. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Harmaini, H. (2019). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS III SDN 05 KABUPATEN MUKOMUKO. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 60. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1466

Kartini, K. (2016). Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mengarang Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Pada Min Uteun Gathom. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Berlin: Springer Science & Business Media.

Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37

Riwan Putri Bintari, N. L. G., Sudiana, I. N., & Bagus Putrayasa, I. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik ( Problem Based Learning ) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Amlapura. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Salbiah, A. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGARANG BAHASA INDONESIA. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i1.30041

Yasmin, F., & Erni, E. (2017). METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGARANG BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LAGU. 3(1), 238–245.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i1.3126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ismawati Ismawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)